PantaiTempat Wisata

Pantai Banyutowo : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Salah satunya pantai Jepara yang sedikit dijumpai pelancong yaitu pantai Banyutowo. Pantai yang masuk dusun Balong, kecamatan Kembang ini memiliki jarak sekitaran 30 km dari pusat alun-alun kota Jepara.

Tujuan pantai yang diatur oleh PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX ini masih natural serta benar-benar pas untuk Anda yang ingin berpetualang, karena letak pantai ada di balik rimba dan bukit-bukit.

Harga Ticket Masuk Pantai Banyutowo

Pantai banyutowo diatur langsung oleh perusahaan PTPN hingga harga ticket untuk masuk lokasi pantai tidak gratis.

Untuk masuk lokasi, Anda akan dikenai ongkos Rp 2.000 saat hari biasa dan Rp 5.000 saat akhir minggu atau liburan nasional. Ticket masuk telah meliputi parkir motor dan digunakan oleh perusahaan untuk peningkatan dan perawatan pantai.

Jalur Ke arah Lokasi Pantai Banyutowo

Akses jalan ke arah dusun Balong dapat dilakukan dengan motor lewat pertigaan Ngemplas lalu melalui rimba jati dan bukit karet. Sesudah naiki bukit, mengambil jalur jalan ke arah dusun Dermolo sampai ke proliman atau simpang lima Balong.

Baca Juga :  Pantai AURI Sepinggan : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Jalan ke arah pantai cukup jauh dan belum beraspal. Sekitaran 5 km seterusnya Anda akan melalui rimba karet dengan akses jalan yang tidak rata dan berbatu.

Hal Menarik di Pantai Banyutowo

1. Pantai dengan Kandungan Garam Rendah (Banyu Towo)

Sesuai namanya, pantai Banyutowo mempunyai air laut dengan kandungan garam yang paling rendah hingga memiliki sifat tawar. Adapun asal-usul pemberian nama Banyutowo karena di dekat pantai ini ada sebuah sumur yang rasa airnya tidak payau tetapi towo (tawar).

Di samping itu, air laut di pantai ini juga jernih dan tidak mengakibatkan kulit jadi lembab sesudah di gunakan untuk berenang.

2. Pantai Berpasir Hitam

Di pantai Banyutowo ada bentangan pasir cokelat kehitaman yang paling halus dan alami, berlainan dengan pantai Jepara yang lain yang berpasir putih.

Pasir yang warna hitam ini memiliki kandungan elemen besi hingga di sebutkan pasir besi. Karena kandungan tersebut karena itu di dekat pantai banyak juga di gunakan oleh pemerintahan untuk lokasi penambangan pasir berkualitas export.

Baca Juga :  Keindahan Destinasi Wisata Curug Semawur

3. Panorama Hijau yang Alami

Pemandangan pantai Banyutowo benar-benar sejuk karena ada panorama rimba karet yang paling luas, menghampar dari segi selatan sampai ke utara.

Di samping itu ada panorama pohon kelapa yang membubung tinggi dan berayun-ayun di sekitaran pantai. Di dekat bibir pantai ada beberapa pohon waru yang dapat di pakai untuk berlindung sambil nikmati udara laut yang fresh.

4. Tempat Mandi dan Berenang

Beberapa warga yakin dengan dogma jika mandi saat pagi hari di pantai Banyutowo akan mengobati beragam jenis penyakit. Selainnya mempunyai air yang jernih dan tawar, pantai ini mempunyai ombak yang tidak besar hingga aman di pakai untuk mandi, berenang, atau sekedar hanya bermain air.

Untuk Anda yang ingin melalui lautan di sekitaran pantai bisa juga sewa perahu-perahu kecil di sini.

5. Sarana Bermain & Tempat Makan

Selainnya dapat nikmati sarana pasir dan air laut, Anda bisa juga ajak keluarga dan anak-anak untuk nikmati sarana bermain seperti ayunan, jungkat-jungkit, dan perosotan.

Di samping itu Anda bisa juga berlindung di gazebo tepi pantai sambil nikmati laut. Bila Anda dan keluarga berasa lapar sesudah bermain karena itu juga bisa berkunjung warung makan yang ada di sekitaran pantai.

Baca Juga :  Pantai Gua Manik : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

6. Minuman Kelapa Fresh

Pantai Banyutowo berada di seberang bukit-bukit karet dan kopi. Di samping itu dalam perjalanannya, Anda akan menjumpai banyak pohon-pohonan kelapa yang tumbuh membubung di sekitaran pantai .

Maka sepanjang perjalanan jauh melalui bukit-bukit karena itu Anda dapat coba minuman kelapa muda yang fresh untuk melepaskan capek. Kelapa ini dapat di ambil langsung dari pohonnya, dan dapat di cicipi sambil melihat bentangan pasir dan lautan Banyutowo.

7. Panorama Pelabuhan dan PLTU

Pemandangan lepas pantai pantai Banyutowo terlihat eksotik dengan latar pohon-pohonan dan bukit karet yang hijau. Di samping itu, Anda bisa juga menyaksikan panorama pelabuhan tempat kapal pengangkut pasir bertambat dan PLTU yang berada tidak jauh dari pesisir pantai.

Panorama laut akan makin eksotik dengan siluet pohon-pohonan dan pelabuhan saat matahari tenggelam dan membuat langit beralih menjadi jingga.

Pantai Banyutowo sebagai tujuan rekreasi di Jepara yang sanggup memberi Anda penjelajahan tertentu. Di mulai dari bidang pertanian, pelayaran, dan pertambangan yang menjadi latar photo yang paling epik.

Di samping itu Anda bisa juga melihat panorama langsung dari beberapa karyawan yang ambil getah pohon karet sepanjang perjalanan ke arah pantai. Dan walau jauh dari kota, tetapi akses komunikasi tidak terhalang dengan signal.

Tetap terhubung dengan kami:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Genjos Holiday

Genjos Holiday adalah perusahaan yang bergerak dibidang Tour & Travel di Yogyakarta. Kami melayani sewa mobil, bus dan paket wisata dengan harga yang terjangkau.

Related Articles