Beranda Wisata Pantai Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

0
pantai parangtritis

Pantai Parangtritis adalah destinasi wajib buat Anda yang ingin berkunjung ke Yogyakarta. Wisatawan yang baru pertama kali datang ke Jogja berkunjung wajib ke Pantai ini karena sudah menjadi ciri khas dari Yogyakarta. Pantai ini sudah dikenal namanya sejak dulu. Meskipun sudah banyak pantai-pantai baru di pantai selatan namun nama Pantai ini tak pernah dilupakan.

Setiap liburan tiba, pantai tersebut selalu ramai dikunjungi wisatawan. Apalagi ketika libur akhir tahun tiba, pasti semua wisatawan tumpah ruah di Pantai Parangtritis. Dengan ombaknya yang besar, wisatan hanya bisa menikmati Pantai ini dari bibir pantai.

Pantai ini merupakan pantai yang cocok dikunjungi saat sore hari. Anda bisa melihat keindahan sunset di bibir Pantai Parangtritis tersebut. Sunset di Pantai ini konon katanya adalah lokasi paling bagus di Jogja untuk menikmati sunset.

Jika Anda ingin kesana, usahakan untuk datang sore agar bisa menikmati sunset di pantai ini. Jika beruntung, Anda bisa melihat matahari yang bulat sempurna berwarna kemerahan hingga kemudian tenggelam di balik samudera. Itu adalah pemandangan yang sangat menakjubkan. Banyak orang yang mengabadikan foto siluet ketika mendapatkan momen seperti itu.

Tak jauh dari Pantai Parangtritis juga terdapat sebuah air terjun musiman. Jaraknya sekitar 500 meter ke arah Timur. Anda bisa berjalan kaki menuju kesana untuk menemukan sebuah air terjun yang tersembunyi tersebut.  Jika Anda kesana pada waktu musim  penghujan, biasanya bisa menemukan air terjun tersebut. Namun jika kesana pada waktu musim kemarau, air terjun tersebut mengering.

Sisi timur Pantai ini cukup bagus pemandangannya. Ketika area Pantai ini sedang ramai, tak ada salahnya Anda menyusuri ke arah timur. Disana terdapat tebing-tebing tinggi yang mengagumkan. Ditumbuhi dengan beragam tumbuhan khas pantai yang sangat ikonik.

Jika Anda berniat untuk bermain air di bibir pantai selatan, maka harus berhati-hati dengan ombak Pantai ini yang terkenal ganas. Usahakan untuk tidak memakai baju hijau. Karena ada legenda tentang pantai parangtritis baju hijau yang saat ini masih dipercaya. Untuk Anda yang ingin berbasah-basahan, siapkan baju ganti dari rumah. Namun jika tidak membawa, Anda bisa membelinya disana karena banyak sekali toko yang menjual baju dan celana untuk ganti.

Sejarah Pantai Parangtritis

Sejarah Pantai Parangtritis ini tak bisa lepas dari cerita Nyai Roro Kidul. Meskipun tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Hingga saat ini masyarakat masih memegang dan mempercayai cerita tentang Nyai Roro Kidul.

Sedangkan asal usul nama Parangtritis sendiri didapat dari kisah pelarian Sang Pangeran Dipokusumo pada zaman kerajaan Majapahit. Dia melakukan pertapaan di Pantai Parangtritis. Sang Pangeran yang mengasingkan diri disana kemudian menemukan batu karang besar yang terdapat tetesan air. Dari situlah nama Pantai ini berasal. Parang artinya karang dan Tritis adalah Tumeritis berarti menetes.

Salah satu keyakinan orang-orang terkait Pantai ini adalah larangan untuk tidak memakai pakaian berwarna hijau ketika berkunjung kesana. Keyakinan ini masih dipercaya oleh sebagian orang hingga saat ini. Konon, menurut legenda yang berkembang, warna hijau adalah warna kesukaan Nyai Roro Kidul. Orang-orang yang menggunakan pakaian hijau saat ke Parangtritis maka akan ditarik masuk ke dalam lautan. Orang tersebut akan tenggelam dan konon akan bertemu dengan Nyai Roro Kidul.

Rute Pantai Parangtritis

Rute Pantai Parangtritis sangat mudah dilalui oleh kendaraan roda dua maupun bus besar. Tak heran jika libur telah tiba, banyak rombongan yang berwisata ke Pantai ini karena rutenya mudah dilalui. Jalan menuju Pantai juga beraspal mulus. Jalannya pun cukup lebar sehingga jarang terjadi kemacetan.

Jika Anda ingin kesana dari Kota Yogyakarta, maka Anda bisa menuju ke arah Ringroad Selatan. Setelah itu, pilih Jalan Parangtritis dan ikuti rutenya hingga sampai di gerbang wisata Pantai ini. Tak jauh dari gerbangnya, Anda akan sampai di Pantai ini yang lokasinya di kanan jalan. Sampailah di area parkir Pantai.

Lokasi

Lokasi Pantai Parangtritis berada di Kelurahan Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.  Lokasi pantai ini berada kurang lebih 25 kilometer dari Kota Yogyakarta. Untuk menuju kesana dibutuhkan waktu sekitar 1-1,5 jam perjalanan. Jalan yang sudah diaspal dan cukup lebar membuat kendaraan seperti mobil, motor, maupun bus besar bisa melalui Jalan Parangtritis dengan lancar.

Ketika liburan tiba, di beberapa titik Jalan Parangtritis akan terjadi penumpukan kendaraan. Tapi itu adalah hal yang wajar. Lokasi pantai mudah dijangkau dan tak jauh lokasinya dari pusat Kota Jogja membuat para wisatawan senang berlibur kesana. Namun sayangnya, alamat Pantai Parangtritis belum dijangkau oleh kendaraan umum. Jadi jika Anda ingin kesana harus menggunakan kendaraan sendiri atau ikut paket tour jogja murah ke Pantai ini.

Fasilitas Pantai

Fasilitas Pantai Parangtritis cukup beragam dan lengkap. Sebagai ikon wisata Kota Yogyakarta, pemerintah mengelola lokasi wisata tersebut dengan baik. Berbagai macam fasilitas yang ada disana yaitu mulai dari warung makan, kamar mandi, tempat berteduh, mushola, hingga parkir yang luas. Bahkan di Pantai selalu ada Tim SAR yang selalu siaga menjaga keamanan pantai.

Di sekitar Pantai pun terdapat penginapan maupun parangtritis hotel. Mulai dari yang berbentuk losmen, hostel, hingga hotel berbintang pun semuanya ada. Jika Anda ingin menikmati suasana Pantai ini waktu pagi hari, maka menginaplah di area pantai.

Pengunjung yang datang ke Pantai dilarang untuk mandi atau bermain air di bibir pantai. Itu karena ombaknya yang besar dan berbahasa. Seringkali ada kejadian pengunjung terseret ombak karena tidak mengikuti instruksi dari pengawas.

Meskipun tak bisa mandi di pantai, namun Anda bisa melakukan aktivitas seru lainnya ketika berkunjung kesana. Berbagai macam keseruan yang bisa Anda coba yaitu mulai dari Naik Andong, naik ATV atau sekedar berjemur di bibir pantai.

Buat Anda yang ingin mencoba naik ATV maka harus mengeluarkan biaya lagi sebesar Rp 50.000-Rp. 100.000. Sedangkan untuk Andong maka biayanya Rp 20.000. Menyusuri bibir pantai selatan naik Andong bersama dengan keluarga atau sahabat tentu akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Pantai Parangtritis adalah sebesar Rp. 5.000 untuk setiap orang. Untuk tarif parkirnya yaitu sebesar Rp. 5.000 untuk mobil dan Rp. 2.000 untuk motor. Tarif ini sangat terjangkau sekali. Dengan pemandangan indah yang bisa Anda dapatkan, rasanya sayang jika melewatkan destinasi ini.

Murahnya Pantai Parangtritis harga tiket membuat destinasi ini selalu jadi andalan buat setiap orang untuk berkunjung kesana ketika liburan. Apalagi dengan rute yang mudah dan fasilitas yang lengkap membuat Pantai Parangtritis memang layak untuk dikunjungi. Destinasi ini bahkan selalu kebanjiran wisatawan ketika musim libur tiba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here