Beranda Wisata Bukit Bukit Cendana

Bukit Cendana

0
bukit cendana

Nama Bukit Cendana mungkin masih kurang familiar bagi banyak orang. Bukit ini adalah tempat wisata yang ada di Kulonprogo. Tempat wisata baru jogja ini baru dibuka pada Januari 2017. Makanya tak heran jika belum banyak orang yang tau akan tempat wisata ini.

Buat Anda yang suka mengeksplore keindahan alam, maka berkunjunglah ke lokasi wisata jogja ini. Bukit ini menawarkan keindahan pemandangan perbukitan dan keindahan waduk sermo dari kejauhan.

Lokasi Bukit Cendana ini berada di ketinggian. Darisana pemandangan nampak lebih indah. Jika Anda pernah mengunjungi wisata alam Kalibiru yang ada di Kulonprogo, maka Bukit ini sangat mirip. Tapi Bukit ini versi low budget-nya.

Dari segi harga tiket masuk dan fasilitas, wisata alam Kalibiru jauh lebih mahal namun dengan fasilitas yang lebih lengkap. Namun jika Anda ingin mencari wisata jogja murah, maka ke Bukit Cendana adalah pilihan yang tepat. Dari segi pemandangan juga sama, namun beda harga dan fasilitas saja.

Jika dibandingkan dengan Kalibiru, Bukit ini memang kurang populer. Sehingga fasilitas yang ada disana pun juga terbatas. Selain hari libur, wisatawan yang datang kesana tak terlalu banyak.

Nah buat Anda yang malas pergi liburan ke tempat-tempat mainstream yang ramai. Maka Bukit ini adalah salah satu rekomendasi tempat wisata jogja untuk dikunjungi.

Di Bukit Cendana juga terdapat banyak sekali spot foto yang menarik. Dari spot foto tersebut, Anda bisa mendapatkan foto hits ala Kalibiru dengan pemandangan Waduk Sermo. Berbeda dengan wisata Kalibiru yang harus mengantre berjam-jam untuk berfoto di spot fotonya.

Sekilas Tentang Bukit Cendana

Di Bukit Cendana ini Kamu tak perlu antre untuk berfoto. Karena belum banyak wisatawan yang tau tempat ini, jadi Anda bisa puas berfoto di spot foto favoritmu. Waktu yang paling tepat untuk datang kesana yaitu pada pagi atau sore hari.

Pada pagi hari yang cerah kamu bisa melihat matahari terbit dari balik Pegunungan Menoreh. Saat kamu berfoto di spot foto Bukit Cendana maka fotomu akan terlihat lebih indah daripada biasanya.

Pada sore haripun Bukit Cendana Kulonprogo cukup bagus digunakan untuk menikmati keindahan sunset. Dari gardu pandang kamu bisa melihat keindahan matahari terbenam sambil duduk santai dan melepaskan semua beban.

Selain bisa menikmati suasana alam perbukitan menoreh, ada hal lain yang bisa Anda lakukan di Bukit ini. Kabarnya, Pengelola Bukit ini menyediakan paket wisata pembuatan gula semut serta pagelaran musik Krumpyung atau Ketoprak. Tapi untuk bisa mencoba paket wisata Jogja tersebut, Anda harus menghubungi pengelola disana terlebih dahulu.

Tips ketika Anda ingin berkunjung ke Bukit Cendana yaitu pakailah alas kaki nyaman yang anti selip. Bisa pakai sepatu sport atau sandal gunung. Ini agar memudahkan Anda untuk trekking menuju ke atas bukit. Untuk trekking memang tidak begitu jauh. Hanya dari lokasi parkir sampai ke lokasi Bukit ini saja.

Namun ketika musim penghujan, jalan disana lebih licin.
Bawalah kamera agar bisa eksis disana. Sehingga Kamu bisa bebas berfoto-foto di berbagai spot foto hits yang ada disana. Disana juga terkadang ada petugas yang menawarkan jasa foto. Jika Anda tak ingin repot, maka gunakanlah jasa foto tersebut. Hasilnya juga bagus lho.

Sejarah Singkat

Sejarah Bukit Cendana dulunya adalah sebuah bukit bukit biasa. Bukit tersebut seringkali dikunjungi anak-anak sekolah ketika merayakan kelulusan. Masyarakat setempat yang mengetahui keistimewaan Bukit tersebut lalu berinisiatif untuk menjadikannya sebagai destinasi wisata.

Akhirnya pada Januari 2017 Bukit ini resmi dibuka sebagai tempat wisata baru. Sedangkan penggunaan nama Cendana itu karena di lokasi tersebut banyak tumbuh Pohon Cendana.

Lokasi Bukit Cendana

Lokasi Bukit Cendana terletak di Dusun Tegiri 2, Hargowilis, Kokap, Kulonprogo, Yogyakarta.

Estimasi perjalanan dari Kota Yogyakarta hingga sampai ke lokasi tersebut bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih dua jam. Jarak Bukit Cendana dari Kota Jogja yaitu sekitar kurang lebih 40 kilometer.

Jika ingin menuju ke Bukit Cendana, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi. Hal itu karena kendaraan umum belum bisa menjangkau area wisata tersebut.

Jika Kamu ingin kesana, sebaiknya menggunakan motor atau mobil yang kondisinya prima. Jalan menuju kesana cukup menantang. Kamu akan melalui banyak tanjakan, turunan, dan belokan yang cukup memacu adrenalin.

Rute Perjalanan

Rute bukit cendana bisa Anda temukan dengan cukup mudah. Jika Anda dari arah dari Jogja, maka sebaikany Anda menuju Jalan Wates. Setelah itu ikuti arah menuju ke Kulon Progo dengan mengambil arah ke Jalan Pengasih-Sentolo.

Lanjutkan melalui jalur jalan Pengasih-Sermo setelah itu ikuti Jalan Sermo-Kokap. Setelah itu ikuti arah menuju Girimulyo dan ikuti petunjuk arah menuju Bukit Cendana.

Perjalanan yang cukup lama untuk bisa sampai di lokasi wisata akan terbayarkan dengan pemandangan indah. Bahkan sepanjang perjalanan pun Anda sudah bisa menikmati keindahan pemandangan perbukitan Menoreh. Tak hanya itu saja, sesekali pun Kamu akan disuguhi pemandangan persawahan dan pedesaan.

Meskipun lokasinya di perbukitan, namun jalan menuju Bukit Cendana sudah bagus dan bisa dilalui dengan kendaraan roda empat. Jadi untuk kamu yang ingin kesana dengan rombongan keluarga bisa menggunakan kendaraan roda empat agar lebih nyaman. Namun karena kondisi jalan yang menanjak dan berliku maka kamu harus pastikan bahwa kendaraan dalam kondisi baik.

Harga Tiket Masuk Ke Bukit Cendana

Untuk harga tiket masuk menuju Bukit Cendana hingga saat ini masih belum ditentukan. Biayanya masih free alias gratis. Namun biasanya jika ada penjaga tiketnya, pengelola Bukit ini akan meminta sumbangan seikhlasnya. Sumbangan itu akan digunakan lagi untuk mengembangkan dan membangun lokasi wisata tersebut.

Sedangkan wisatawan yang datang kesana dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2000 untuk motor. Kemudian yang membawa mobil akan dikenakan biaya Rp 5000. Wow harga yang murah sekali kan untuk liburan ke tempat yang asyik sekaligus memiliki pemandangan yang indah.

Fasilitas

Meskipun baru dibuka di awal tahun 2017 ini, namun fasilitas di Bukit ini cukup memadai. Disana terdapat berbagai fasilitas Bukit Cendana yang dibuat untuk meningkatkan kenyamanan wisatawan yang datang berkunjung.

Berbagai macam fasilitas yang ada disana yaitu tersedia lahan parkir, warung makan, gazebo, toilet dan berbagai spot foto serta gardu pandang.

Bahkan saat ini disana banyak sekali spot foto yang unik-unik. Baru-baru ini pengelola Bukit Cendana menambah spot foto dengan membuat sebuah ayunan gantung. Ayunan yang diberi nama Ayunan Tarzan tersebut menjadi spot foto baru yang semakin memikat para wisatawan untuk datang kesana.

Kedepannya pengelola Bukit Cendana juga akan membuat penginapan di area tersebut. Tujuannya supaya wisatawan yang datang dari luar kota bisa mencoba pengalaman menginap di daerah itu dengan suasana perbukitan Menoreh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here