PantaiTempat Wisata

Pantai Pandean : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Pantai Pandean sebuah pantai di Situbondo Jawa Timur. Tetapi tidak seperti umumnya pantai yang lain, menurut kami pantai ini lebih pas sebagai tempat untuk beberapa nelayan cari ikan.

Meski begitu, tetapi rupanya pantai ini masih mempunyai daya magnet rekreasi loh, apa lagi terletak lumayan gampang dicapai. Nach, bila Anda tidak pernah berkunjung pantai ini, karena itu seharusnya baca pembahasan ini lebih dulu ya.

Karena kami akan mengulas tempat wisata yang cukup berlainan dengan beberapa pantai yang lain ada di Situbondo dan sekelilingnya. Tidak perlu lama-lama langsung yok kita awali ulasan Pantai Pandean lewat artikel ini.

Daftar Isi :

Sejarah Pantai Pandean

Pantai Pandean ini sebetulnya dikasih kerap disebutkan sebagai Pantai Berkebangsaan, yang diberi oleh Pemkab Situbondo. Tetapi, karena berada di Desa Pandean, karena itu warga lebih mengenalinya dengan panggilan Pantai Pandean.

Pantai Pandean juga menjadi satu diantara tempat wisata yang populer sebagai pangkalan perahu punya beberapa nelayan yang disebut warga sekitaran. Maka dari itu, pantai ini terkenal dengan tempat pelelangan ikan.

Tetapi, tidak cukup hanya sampai disana saja, pantai ini simpan keelokan yang tak perlu disangsikan kembali. Ada banyak daya magnet rekreasi yang dapat pelancong datangi untuk liburan.

Harga Ticket Masuk Pantai Pandean

Tempat wisata Pantai Pandean ini juga menjadi satu diantara tempat wisata yang tanpa mempunyai ticket masuk. Maka dari itu, Anda juga tak perlu bayar ticket masuk atau cuma-cuma untuk masuk teritori pantai ini.

Memang tidak diterapkan ticket masuk untuk dapat masuk teritori ini, tapi tidak berarti pelancong bebas bertandang ya. Ada sesuatu hal yang penting dilaksanakan untuk masih tetap jaga kebersihan dan tidak buang sampah secara asal-asalan ya!

Jalur Ke arah Lokasi Pantai Pandean

Pantai ini ada di Desa Pandean, Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo. Dusun ini bersebelahan langsung dengan teritori pelestarian Taman Nasional baluran, karena daerahnya terdiri beberapa masuk taman Baluran dan beberapa yang lain ada di Dusun Wonorejo.

Baca Juga :  Pantai Parangendog : Lokasi, Spot Foto dan Harga Tiket Masuk

Meski begitu, untuk capai tempat wisata Pantai Pandean ini lumayan gampang dicapai dengan kendaraan beroda 2 atau kendaraan beroda 4.

Karena pemerintahan sudah membuat infrastruktur jalan yang lebih bagus dengan aspal karena ada di daerah dengan mobilisasi yang lumayan tinggi.

Selainnya memberikan dukungan tempat wisata pantai, jalan aspal ini dipakai sebagai akses mengusung hasil pertanian dan ekonomi yang lain. Untuk capai lokasi pantai ini karena itu harus tempuh jarak sekitaran 10 km dari Kecamatan Banyuputih.

Dari Kecamatan Banyuputih,langsung ambil arah barat daya di Jl. Savana Bekol Taman Nasional Baluran ke arah Jl. Taman Nasional Baluran dalam jarak 6 km. Selanjutnya Anda harus belok ke kiri ke Jl. Raya Banyuputih / Jl. Raya Pantura dan belok ke kiri kembali ke arah Jl. Pandean.

Seterusnya, teruskan dengan ambil arah kanan masuk gerbang Dusun Rekreasi Berkebangsaan Wonorejo, sesudah telusuri jalan sekitaran 3,5 mtr. karena itu Anda bisa ikuti papan panduan jalan ke arah Pantai Pandean karena jaraknya sudah dekat.

Object Rekreasi Pantai Pandean

Walau pantai ini dipakai untuk bertumpu beberapa kapal nelayan yang punya masyarakat di tempat, tetapi pantai ini mempunyai daya magnet lewat tempat wisata pesisir dengan :

Baca Juga :  Goa Braholo : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

1. Ada Di Dusun Rekreasi

Letak tempat wisata Pantai Pandean ini ada di dusun rekreasi Pandeyan yang menjadi satu diantara lokasi yang memang pantas untuk di datangi oleh pelancong.

Karena dusun ini mempunyai beragam kegiatan yang menyajikan beragam pertunjukan unik. Maka dari itu, dusun ini lumayan ramai di datangi pelancong sekalian ke arah Pantai Pandean.

Hal yang memikat untuk warga sekitaran dusun yakni masyarakatnya terbagi dalam beberapa suku, di mulai dari suku Madura, Jawa dan Bali.

Agama yang di yakini warga juga bermacam yakni islam, Nasrani, Budha dan Hindu. Meski begitu, warga masih tetap berlaku baik dan sama-sama jaga toleran.

2. Tempat Pelelangan Ikan

Yup, memang pantai ini jadi tempat bertumpu perahu-perahu punya beberapa nelayan yang cari ikan yang tiap hari lalu-lalang berlayar yang selanjutnya jual hasil tangkapannya. Maka dari itu, teritori pantai ini jadi tempat pelelangan ikan.

Hingga, bila Anda liburan di pantai ini bisa beli ikan dari tangkapan nelayan di tempat langsung.

Bila ingin belanja ikan saat demikian fresh dan beberapa pilihan macam yakni seharusnya saat pagi hari karena baru turun dari kapal nelayan.

3. Gardu Pandang

Masih ada di teritori pantai ini, Anda akan mendapati sebuah pohon yang lumayan besar dan tinggi. Sisi pohon itu ada papan kayu yang lumayan kuat. Rupanya, pohon ini di jadikan gardu pandang.

Nach, bila Anda ingin menyaksikan panorama pantai dari ketinggian, karena itu Anda bisa naiki pohon ini untuk dapat sampai di titik gardu pandang. Tetapi, teruslah waspada ya karena terletak lumayan tinggi.

Baca Juga :  Pantai Banongan : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

4. Gubuk Sinau

Tidak cuman mempunyai pemandangan pantai saja, tetapi beberapa pemuda dusun Karang Taruna daerah ini memiliki inisiatif membangun sebuah perpustakaan yang berada di teritori pantai.

Karena ide itu dan menggalang bantuan beberapa buku bacaan karena itu perpustakaan ini juga terjaga dan tercipta.

Merak mengatakan dengan “Gubuk Sinau” yang ini berarti pas untuk belajar.

Dengan begitu, Anda juga dapat meluangkan untuk singgah di Gubuk Sinau ini sekedar untuk membaca buku bacaan atau justru menyumbang buku. Tentu anak-anak sekitaran pantai ini akan demikian suka.

5. Sunrise Dan Sunset

Untuk Anda pemburu sunrise atau sunset, karena itu harus sekali untuk rasakan kesan pemandangan matahari keluar atau matahari terbenam di pantai ini.

Karena pantai ini cukup populer karena ada pemandangan alam itu, hingga tidaklah aneh bila hari mulai sore justru pantai ini makin ramai.

Panorama akan bersatu dengan sinar ke oren-orenan yang cukup lengkapi situasi tenang. Apalagi dengan beberapa nelayan yang mulai pergi berlayar pada pagi hari atau pulang berlayar pada sore hari yang cukup menambahkan panorama pantai yang demikian komplet.

Sarana Pantai Pandean

Walau Pantai Pandean ini masih perlu dan dalam tahapan penembangan sebagia tempat wisata, tetapi pantai ini telah mempunyai beberapa sarana yang bisa di pakai oleh pelancong yakni berbentuk :

  • Tempat Parkir
  • Toilet
  • Masjid
  • Kios Pedagang
Cholida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles