Beranda Wisata Pantai Pantai Kuwaru

Pantai Kuwaru

0
pantai kuwaru

Pantai Kuwaru adalah sebuah pantai yang ada di pesisir selatan wilayah Yogyakarta. Pantai memang tak seterkenal Pantai Parangtritis. Namun Pantai ini memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya layak untuk dikunjungi. Keunikan dari Pantai ini adalah pohon-pohon cemara udang yang tumbuh di pesisir pantai. Sehingga memberikan kesan teduh dan sejuk meskipun pada siang hari sekalipun.

Pohon cemara yang tumbuh di kawasan Pantai Kuwaru adalah jenis cemara udang. Bedanya dengan Pantai Goa Cemara, pohon cemara yang ada di pantai ini tumbuh dengan berjarak satu sama lain. Jadi tidak membentuk seperti hutan atau goa layaknya di Pantai Goa Cemara. Awalnya, penanaman pohon cemara di sana juga ditunjukkan untuk menghalang abrasi pantai.

Angin di kawasan Pantai Kuwaru juga cukup besar. Bagi Anda yang mengenakan jilbab, gunakanlah jilbab yang tahan angin. Sehingga ketika kesana Anda bisa nyaman berfoto dan tidak takut lagi jilbab tersibak karena anginnya cukup kencang.

Pantai Kuwaru adalah tipe jenis pantai selatan yang memiliki pasir hitam. Pantai ini adalah tipe pantai yang curam. Maka dari itu, aktivitas berenang di pantai sangat dilarang. Orang-orang sangat dilarang ketika ada yang mendekati ombak dan berenang di pantai. Tapi buat Anda yang ingin berenang, bisa mencoba kolam renang buatan yang ada disana. Namun hanya untuk anak-anak saja ya.

Sekilas Tentang Pantai Kuwaru

Seperti halnya pantai yang ada di sepanjang selatan Yogyakarta. Pantai Kuwaru ini adalah jenis pantai yang memiliki ombak cukup besar. Itu karena Pantai ini berada di wilayah Samudera Hindia yang cenderung memiliki ombak besar. Untuk itulah aktivitas mandi di laut lepas sangat dilarang. Itu karena bisa membahayakan orang yang ingin berenang disana. 

Terdapat Tim penolong yang selalu standby di area Pantai Kuwaru. Mereka selalu memperhatikan aktivitas para pengunjung dari kejauhan. Hal itu dilakukan agar semua aktivitas di sekitar pantai bisa trkontrol. Jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka tim penolong selalu siap memberikan pertolongan dengan segera.

Meskipun di area Pantai Kuwaru dilarang untuk berenang di bibir pantai, berbagai macam aktivitas seru lainnya bisa Anda lakukan disana. Aktivitas yang bisa Anda lakukan yaitu bermain ATV, menikmati kuliner seafood, menikmati suasana pantai, hingga berfoto dengan pohon cemara udang.

Banyak sekali orang yang datang kesana hanya sekedar untuk photoshoop atau melakukan prewedding. Pepohonan cemara udang yang tumbuh disana menjadi keunikan tersendiri bagi Pantai Kuwaru. Selain itu udaranya disana pun tidak panas. Waktu siang pun terik matahari bisa terhalang oleh pepohonan cemara udang yang tumbuh disana.

Buat Anda yang ingin datang kesana, jangan lupa persiapkan tikar untuk sekedar bersantai di bawah Pohon Cemara Udang. Jika ingin mendapatkan suasana terbaik dari Pantai ini, datanglah pada sore hari. Dengan begitu Anda bisa melihat indahnya sunset di pantai selatan Jawa. Namun tak ada salahnya juga datang pada pagi atau siang hari. Pantai Kuwaru tetap bisa dinikmati dengan nyaman.

Sajian seafood segar juga sayang jika Anda lewatkan. Untuk menikamatinya, Anda bisa memesan seafood di warung-warung sekitar. Jika Anda baru pertama kali kesana, pesanlah ikan Cakalang. Ikan Cakalang ini adalah ikan yang sangat populer di wilayah selatan pantai di Yogyakarta. Bisa dinikmati dengan cara di goreng maupun dibakar.

Setelah puas berwisata kuliner, jangan lupa untuk mengabadikan momen liburanmu kesana. Jika ingin mendapatkan spot foto terbaik, usahakan menghadap ke sumber cahaya. Agar semakin terlihat menarik lagi, pilih lokasi foto dengan background pohon cemara udang. Itu akan menambah menarik foto yang Anda ambil. Sesekali foto di bibir pantai dan membuat tulisan-tulisan di pasir juga sepertinya menari untuk dicoba.

Rute Pantai Kuwaru

Rute menuju Pantai Kuwaru sangat mudah untuk ditemukan. Bahkan bagi wisatawan yang belum pernah kesana sekalipun bisa dengan mudah menemukan pantai ini. Pantai ini terletak di deretan pantai selatan Yogyakarta. Beberapa pantai yang ada di sekitarnya adalah Pantai Baru, Pantai Goa Cemara hingga Pantai Samas.

Untuk menuju kesana, Anda bisa mengambil rute Pantai Kuwaru melalui ringroad selatan. Setelah itu ambil rute ke arah Jalan Bantul. Lurus terus hingga sampai di jalan pantai Samas. Setelah sampai di pertigaan Pantai Samas, belok kanan dan lurus hingga menemukan papan petunjuk atau pintu gerbang ke Pantai ini.

Jarak Pantai Kuwaru dengan Kota Yogyakarta bisa dikatakan cukup dekat. Estimasi waktu yang dibutuhkan untuk sampai kesana yaitu lebih dari 1 jam perjalanan. Jaraknya yaitu sekitar 32 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta.

Sepanjang perjalanan pun Anda akan dimanjakan dengan view sawah-sawah yang menghiasi wilayah Bantul. Jalan yang sudah beraspal dan bagus memudahkan Anda untuk sampai di lokasi Pantai Samas. Jalannya pun tak berkelok-kelok serta menanjak seperti jika harus ke wilayah Gunung Kidul. Perjalanan menuju kesana akan sangat mudah bagi orang yang pertama kali kesana sekalipun.

Lokasi Pantai Kuwaru

Lokasi Pantai Kuwaru sebenarnya sangat mudah untuk dijangkau. Lokasinya tak jauh dari pusat Kota Yogyakarta jika dibandingkan dengan lokasi pantai yang ada di Gunung Kidul. Di sebelah barat Kuwaru terdapat Pantai Samas sedangkan di sebelah timur terdapat Pantai Baru.

Pantai Kuwaru beralamat di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantuk, Daerah Istimewa Yogayakarta. Untuk menuju kesana harus menggunakan kendaraan pribadi.  Tak ada kendaraan umum yang lewat ke daerah itu. Sehingga ketika Anda ingin berkunjung kesana, maka bisa menggunakan sewa motor jogja atau sewa mobil jogja. Jika ingin lebih praktis lagi,  Anda bisa mengukuti paket wisata jogja murah.

Fasilitas Pantai

Fasilitas Pantai Kuwaru pun cukup lengkap. Meskipun lokasi wisata ini kurang terkenal bagi wisatawan, namun pengelolanya menyediakan berbagai fasilitas yang cukup memadai. Beberapa fasilitas yang ada di Pantai ini yaitu toiler, parkir motor dengan atap, parkir mobil luas, pasar ikan, warung makan.

Ada pula berbagai wahana seru yang bisa Anda coba di sana. Wahana yang bisa Anda coba yaitu seperti naik motor ATV sambil berkeliling pantai. Harganya pun cukup terjangkau yaitu sebesar 50-100 ribu. Jika Anda jago dalam menawar harga, tak ada salahnya untuk nego harga dengan pengelola wahana ATV. Keseruan mengendarai mobil ATV di sepanjang pantai pastinya tak akan Anda lupakan.

Harga Tiket Masuk Pantai

Harga tiket masuk Pantai Kumaru juga sangat terjangkau. Untuk tiket masuknya saja hanya sebesar Rp.5.000 per orangnya. Sedangkan untuk harga parkirnya hanya sebesar Rp. 5.000 untuk parkir motor. Kemudian untuk parkir mobil hanya dikenakan tarif Rp. 10.000 saja.

Dengan tiket masuk yang murah ini, Pantai Kuwaru bisa menjadi alternatif lokasi wisata murah di Jogja. Meskipun pada waktu weekend atau hari libur sekalipun tetap menyenangkan berkunjung kesini. Hal itu karena suasana sepi yang ditawarkan dan pemandangan indah pantai selatan adalah kombinasi yang pas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here