Beranda Wisata Pantai Pantai Seruni

Pantai Seruni

0
pantai seruni

Pantai Seruni : Untuk Anda yang ingin menikmati wisata pantai yogyakarata, maka pantai di Gunungkidul adalah pilihan yang tepat. Banyak lokasi wisata pantai jogja yang menarik untuk dikunjungi dan pemandangannya pun indah. Ada pantai yang ramai dengan fasilitas lengkap, ada pula pantai yang jarang dikunjungi wisatawan namun indah. Jika Anda ingin mengunjungi pantai yang memiliki pemandangan indah, namun jarang dikunjungi wisatawan maka pilihannya adalah berkunjung ke Pantai Seruni.

Pasti dari namanya saja mungkin terdengar asing di telinga Anda kan? Meskipun Pantai ini belum familiar, namun pantai ini semacam hidden paradise yang memiliki keindahan tersembunyi. Pantai Seruni merupakan pantai yang tenang, sepi, memiliki pasir putih. Pantai yang memiliki bibir pantai yang panjang ini cocok digunakan untuk camping di waktu liburan. Sinyal komunikasi yang terbatas, membuat Anda bisa bersantai sejenak melepaskan diri dari dunia luar.

Hal yang paling menyenangkan dari Pantai Seruni yaitu ombaknya yang tidak terlalu besar. Pasir putihnya juga membentang luas hingga 500 meter panjangnya. Jika Anda beruntung, Anda bisa melihat air terjun kecil musiman yang terdapat tak jauh dari pantai. Air terjun tersebut adalah air terjun musiman yang tidak selalu ada. Seringkali warga setempat memanfaatkan air tawar dari air terjun tersebut untuk berbagai keperluan.

Ketika sore hari tiba, Anda bisa menikmati pesona sunset yang berwarna keemasan. Pantai Seruni memang bisa menjadi lokasi yang tepat untuk melihat sunset. Sebagai saran, apabila Anda ingin mengejar sunset di Pantai ini, lebih baik datang pada waktu siang hari. Anda masih bisa menikmati suasana pantai dan mendapatkan sunset yang Anda inginkan.

Waktu pulang kembali dari Pantai Seruni, sebaiknya Anda harus ekstra hati-hati. Pada malam hari jalan dari Pantai menuju Kota Gunungkidul akan minim pencahayaan. Di sekitar jalan jarang sekali ditemukan lampu jalan. Maka Anda hanya bisa mengandalkan lampu kendaraan. Saat pulang pada waktu petang, butuh kehati-hatian agar perjalanan pulang bisa berjalan lancar.

Sekilas Tentang Pantai Seruni

Sejarah Pantai Seruni atau asal usul Pantai, awal mulanya berasal dari sebuh bunga, yaitu Bunga Seruni. Bunga Seruni ini memiliki istilah lain yaitu Chrysanthemun/chrysous yang artinya emas. Kenapa dinamakan Seruni, karena nama yang berarti emas tersebut merupakan perwujudan tempat tersebut diiibaratkan sebuah tambang emang bagi warga sekitar. Nama tersebut memang merefleksikan dari keadaan sesungguhnya. Dengan dibukanya lokasi wisata Pantai Seruni, penduduk setempat bisa memiliki rejeki tambahan dari hasil berjualan di lokasi wisata.

Berbagai aktivitas seru dapat Anda lakukan ketika berkunjung ke Pantai Seruni. Jika Anda suka bermain air, maka Pantai ini adalah tempat yang tepat. Anda bisa sekedar berbasah-basahan hingga berenang di tepian pantai. Jika ingin lebih memacu adrenalin, berjalanlah ke arah ombah yang datang dan siap-siap menunggu ombak itu menerjangmu. Tapi jika Anda malas basah-basahan, rasanya bersantai di tepi pantai akan menjadi aktivits yang menyenangkan.

Ketika liburan tiba, Pantai Seruni tidak terlalu ramai dikunjungi wisatawan. Ini bisa menjadi pantai yang tepat untuk dikunjungi bersama rombongan teman maupun keluarga. Anda bisa membuat tenda disana dan melakukan camping. Namun jika Anda tidak ingin bermalam di area pantai, di sekitar Pantai ini juga tersedia penginapan. Dengan pemandangan yang indah dan nuansa yang sepi, membuat Pantai ini menjadi pantai yang reccomended untuk dikunjungi.

Sayangnya untuk menuju ke Pantai Seruni ini hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi. Jika Anda berasal dari luar kota, maka sebaiknya Anda menggunakan agen tour untuk bisa mengikuti paket wisata jogja. Genjosholiday adalah menyediakan berbagai macam paket wisata jogja murah. Sehingga Anda tidak perlu repot untuk mengurus sendiri liburan Anda ketika ingin ke Jogja.

Lokasi Pantai Seruni

Lokasi Pantai Seruni ini terdapat di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Agar bisa sampai di Pantai ini dengan mudah, maka Anda sebaiknya menggunakan roda dua. Jalanan yang masih berbatu menjadi kendala jika Anda kesana menggunakan mobil atau bis. Namun jika Anda ingin lebih menantang, maka menggunakan mobil off-road bisa menjadi pilihan.

Meskipun jalannya agak berbatu, namun bisa dilewati dengan mudah. Jadi jangan khawatir jika ingin kesana menggunakan roda dua. Asyiknya lagi, Kamu bisa menggunakan kendaraan hingga di bibir pantai. Jadi Anda tak perlu jauh-jauh trekking. Tapi sangat disarankan untuk mengecek kendaraan Anda dan pastikan dalam kondisi prima sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika Anda ingin mencari paket wisata di Yogyakarta yang menyediakan destinasi pantai ini. Anda bisa menghubungi kami di 0813-9250-9192

Rute Lokasi

Rute Pantai Seruni cukup mudah dijangkau oleh motor atau kendaraan roda dua. Pastikan kondisi kendaraan cukup prima dan Anda memiliki skill mengendarai motor atau mobil di jalan berbatu selama perjalan. Jalan yang akan Anda lalu menuju ke Pantai ini cukup menantang.  Jalanan menanjak dan berliku menjadi jalan utama untuk bisa sampai di Pantai Seruni.

Rute menuju ke Pantai Seruni dari Kota Yogyakarta juga cukup mudah untuk ditemukan. Biasanya orang yang akan berkunjung kesana bisa lewat ringroad selatan. Kemudian ambil ke arah Jalan Imogiri Barat. Kemudian ikuti ke arah ke Siluk Panggang. Lanjutkan terus perjalanan Anda hingga melewati Jalan Panggang-Wonosari.

Setelah itu terus jalan menuju Jalan Pantai Selatan Jawa. Lalu Anda bisa mengambil arah melewati Jalan Pok Tonggal. Pantai Pok Tunggal juga searah dengan Pantai Seruni. Ketika sampai di pertigaan, ambil ke arah timur menuju ke Pantai ini. Kemudian lanjutkan perjalanan terus jalan tersebut hingga Anda melihat tulisan Pantai yang sangat ikonik.

Harga Tiket Masuk Pantai Seruni

Harga tiket masuk Pantai Seruni juga sangat murah atau terjangkau. Tarif masuk per orangnya hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000 saja. Dengan tarif yang terjangkau tersebut, Anda pun tak hanya bisa berkunjung ke Pantai saja. Tapi tiket masuk yang telah Anda beli itu juga sudah termasuk biaya masuk berkunjung ke pantai yang ada di sekitar. Beberapa pantai yang ada di sekitar Pantai yaitu seperti Pantai Krakal, Pantai Baron dan Pantai Pok Tunggal.

Untuk tarif parkirnya pun juga sangat murah atau terjangkau. Hanya dengan biaya Rp 5.000 saja Anda bisa menitipkan motor. Sedangkan untuk biaya mobil hanya sebesar Rp 10.000. Kemudian  jika Anda ingin aktivitas camping di sekitar pantai akan dikenakan biaya retribusi sekitar Rp 15.000 saja. Itu juga tergantung ada tidaknya petugas yang sedang berjaga di area pantai.

Fasilitas Pantai

Meskipun pantai ini belum memiliki wisatawan yang banyak, namun fasilitas pantai seruni cukup memadai. Beberapa fasilitas yang ada disana yaitu terdapat kamar mandi, warung, hingga mushola. Jika Anda ingin camping di area Pantai Seruni, maka siapkan perlengkapan camping terlebih dahulu. Hal itu karena disana tidak ada penyewaan alat camping.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here