PantaiTempat Wisata

Pantai Tanjung Batu Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Ada salah satunya pantai yang tidak kalah cantiknya yakni pantai Tanjung Batu. Panorama bebatuan yang berada di bibir pantai benar-benar berlainan dengan pantai yang lain.

Daftar Isi :

Pantai Tanjung Batu

Kalimantan menyuguhkan banyak keelokan alam khususnya rimba dan air terjun, tetapi apa anda ketahui jika Pulau Kalimantan simpan keelokan rekreasi pantainya?

Berada di Kecamatan Pemangkat, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat ada sebuah rekreasi pantai dengan panorama alamnya yang cantik. Pantai Tanjung Batu adalah rekreasi terkenal yang berada di Kabupaten Sambas karena lokasinya yang dekat pada jalan raya.

Ada di lokasi vital membuat Pantai jadi tempat pelabuhan pelancong yang bertandang ke Tanjung Batu. Bahkan juga beberapa dari pelancong yang sekadar berkunjung melepaskan capek dengan nikmati panorama pantai di atas bukit.

Rekreasi Pantai ini sendiri sebagai rekreasi pinggir pantai yang berupa tanjung. Tepian pantai terbagi dalam bukit yang berbatu dan menjuru ke laut dengan ketinggian sekitaran lebih dari 80 mtr..

Harga Tiket Masuk

Agar bisa masuk lokasi rekreasi Pantai Tanjung Batu ini Anda akan dikenakan ongkos sejumlah Rp 20.000. Harga ticket ini berlaku saat hari biasa ataupun waktu hari liburan.

Untuk jam operasional pantai, pengurus tidak memutuskan batas saat yang memiliki arti Anda bisa bertandang ke Pantai ini sepanjang 24 jam.

Jalur Ke arah Lokasi Pantai Tanjung Batu

Agar bisa capai ke Pantai ini Anda bisa memakai mobil individu atau travel perjalanan. Anda dapat mengawali perjalanan dari Kota Pontianak di mana Anda akan memerlukan waktu lebih kurang 3 jam perjalanan untuk sampai di lokasi rekreasi.

Tetapi jika Anda mengawali perjalanan dari Kota Singkawang karena itu Anda semakin lebih mengirit waktu yaitu sekitaran 1 jam perjalanan.

Lokasi pantainya dekat sama Pasar Pemangkat . Maka bila Anda sudah tiba di Pasar Pemangkat memiliki arti Anda hampir sampai di Pantai Tanjung Batu.

Baca Juga :  Pantai Dewi Mandapa : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Objek Wista

Fasilitas dan prasarana di Pantai ini telah termasuk komplet, ada tempat parkir dan toilet. Menyebar beberapa warung yang jual makanan dan minuman, kafe bahkan juga restaurant sudah ada di pantai ini.

Ada pemondokan yang ada di sekitar Pantai ini, jadi Anda tidak perlu cemas bila ingin menginap di tempat lokasi rekreasi ini. Pantai Tanjung Batu ada sepanjang 47 km dari Kota Sambas, dan pantai ini dekat sama pusat belanja Kota Pemangkat.

Pantai ini dinamakan Pantai Tanjung Batu karena karena letaknya berada di tanjung dan dikitari oleh batu-batuan. Anda dapat menyaksikan bentangan bebatuan yang seperti terlihat diatur dengan menyengaja di pinggir laut.

Agar semakin selengkapnya berikut pembahasan mengenai apa yang dapat kita peroleh di Pantai ini.

1. Nikmati Pamandangan di Pantai Tanjung Batu

Pantai Tanjung Batu sebagai pantai berupa tanjung bentukan alam yang terbagi dalam bukit yang menjuru ke laut dan mempunyai ketinggian 80 mtr.. Di kaki bukit terdapat banyak batu-batuan yang ada di laut yang dapat di saksikan bila pantai sedang kering.

Baca Juga :  Pantai Bintang Galesong : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Objek rekreasi Tanjung Batu diperlengkapi dengan gunung yang berperan sebagai benteng alam. Pelancong bisa nikmati pemandangan alam di atas gunung ke beragam arah penglihatan.

Nikmati panorama Kecamatan Pemangkat, Gunung Gajah, Laut Cina Selatan dan beragam panorama alam yang lain.

Tidak itu saja, Anda bisa juga nikmati panorama alam Gunung Batu dengan dengan jalan telusuri jalan setapak yang seolah memutari gunung.

Keelokan menonjol dari pantai ini ialah batu-batuan yang berada di sejauh bibir pantai. Banyak batu-batuan yang seolah membatasi teritori rekreasi ini.

Di lokasi ini ada bentangan pasir dan jejeran pohon cemara yang berderet di sejauh jalan.

2. Pantai Tanjung Batu Dan Riwayat

Tidak jauh dari Pantai ada Tugu kekejaman fasisme Jepang yang makan korban cukup banyak.

Tugu yang sudah dibangun di awal tahun 1974 ini di kitari oleh belasan pusara prajurit Belanda yang luruh saat melakukan pekerjaan di saat itu.

Di kaki Gunung Tanjung Batu ada 2 buah meriam tembak yang umurnya nyaris 2 era lama waktunya dan sampai saat ini masih tetap ada keberadannya.

Anda bisa mendapati sebuah monumen yang mempunyai wujud bujur sangkar dengan pucuknya yang berupa limas dan ada tulisan 1850. Pada tubuh tugu ada tulisan nama F. Jsorg, Luit Kol Inf 1850 & V. Wins Heim.

Baca Juga :  Saung Angklung Mang Udjo : Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Pada periode pemerintah Penjajahan Hindia Belanda, Pemangkat sebagai benteng pertahanan yang paling vital. Tempat ini sebagai tempat pendaratan bala tentara pasukan Jepang pertama kalinya mereka datang di Kalimantan di tahun 1942.

Sampai sekarang ini masih ada pusara dari Jendral Belanda yang namanya Van Den Bosch di atas bukit Tanjung Batu Pemangkat.

Warga di tempat mengenalinya bernama Obos dan di pusaranya ada tulisan 10/sepuluh tahun 1850, tetapi keadaan paling akhir pusara itu kurang terurus.

Pada musim-musim tertentu terdapat banyak telur penyu di sejumlah pulau yang tidak jauh dari Pantai ini. Di dataran-nya ada bukit kecil, tetapi sangat sayang bukit ini telah banyak di eksplorasi untuk diambil tanahnya yang dipakai sebagai tanah urukan.

Di teritori pantai ada padang dua belas, ini sebagai bentangan pasir kwarsa dengan vegetasi rimba gelam , karimunting, kantong semar dan padang rumput.

Dengan berkunjung Pantai Tanjung Batu karena itu Anda segera dapat nikmati dua pemandangan alam yang lain yaitu panorama pantai sekalian gunung. Itu semua akan Anda peroleh di pantai.

Begitu pembahasan berkenaan rekreasi Pantai Tanjung Batu Pamangkat, Sambas, Kalimantan Barat. Bila Anda bertandang ke Sambas, janganlah lupa berkunjung ke pantai ini.

Cholida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Jasa Pariwisata heppitrip.com menyediakan sewa bus jogja murah.