Kebun Buah Mangunan

kebun buah mangunan

Kebun Buah Mangunan – Bisa dibilang Yogyakarta benar-benar beruntung memiliki bentang alam yang begitu beragam. Hampir semua keindahan alam dimiliki oleh Kota yang juga disebut dengan Kota Gudeg ini.

Maka tidak ada salahnya jika menyebut jogja sebagai pengganti dari Pulau Bali yang sudah sejak lama mengemban tugas sebagai pusat pariwisata nasional dan internasional. Masyarakat luas pun semakin mengenal tempat wisata kebun buah mangunan ini karena perkembanagan tempat wisata ini yang begitu pesat.

Kebun buah ini seakan mampu membius semua mata yang berkunjung ke tempat ini dengan keindahan alam yang luar biasa. Tidak ada tandingannya. Apalagi, saat pagi hari tiba. Sungguh mengesankan sekali.

Sekilas Tentang Kebun Buah Mangunan

harga tiket masuk kebun buah mangunan

Pada tahun 2003 tempat wisata ini dibuka untuk umum oleh pemkab bantul. Dengan dibukanya untuk umum Kebun Buah Mangunan ini telah menjelma menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di kawasan Bantul.

Selain Pantai Parangtritis dan Makam Imogiri. Sebenarnya, ada apa di sana?

Tak seperti namanya, tempat ini sebenarnya bukanlah kebun buah seperti halnya Mekarsari di Bogor. Kita memang akan menemukan beberapa pohon buah seperti buah belimbing dan rambutan, namun jumlahnya tidak terlalu banyak. Pun, objek utama di tempat bukanlah pohon buah melainkan sebuah gardu pandang di mana kita bisa melihat indahnya Geopark Gunung Sewu yang hijau.

Baca Juga : Sewa Alphard Jogja

Keberadaan Sungai Oya yang mengalir dengan gemulai membuat pemandangan kebun buah mangunan ini lebih ciamik. Asalkan kita datang pada waktu tepat, kita bisa menyaksikan cantiknya Sungai Oya dengan airnya yang berwarna toska. Indah!

Kebun Buah Mangunan sekarang sudah mengalami perubahan sehingga berbeda dengan beberapa waktu lalu. Untuk membuat para pengunjung semakin nyaman untuk berkunjung dan menikmati pemandangan pihak pengelola terus melakukan perbaikan fasilitas hingga sekarang.

Bukan hal yang mustahil apabila tempat wisata ini menjadi tempat wisata unggulan di Jogja bersanding dengan Candi Prambanan, Kraton dan Malioboro. Tempat-tempat wisata menarik disekitar kebun buah mangunan ini juga banyak ditemui.

Fasilitas Kebun Buah Mangunan

Selain melihat alam yang indah. Belajar mengenai berkebun buah-buah juga bisa pengunjung dapatkan ketika berwisata dikebun buah ini. Beberapa petugas akan dengan senang hati memberi pengetahuannya kepada Sobat Traveller semua.

Tempat Belajar Pembibitan Sari

Di kebun buah mangunan ini, Anda bisa mengetahui proses pembibitan sapi yang juga bisa Anda pelajari secara mendalam. Pembibitan ini mempunyai fungsi dimana salah satunya adalah menghasilkan pupuk kandang untuk tumbuhan-tumbuhan agar tumbuh sebagaimana mestinya.

Seperti, diketahui pupuk kandang adalah pupuk yang paling baik untuk tanaman dan juga tumbuhan.

Gazebo

Hadirnya gazebo membuat tempat ini paling pas dijadikan tempat tongkrongan dan juga relaksasi. Melepaskan diri dari penat karena beban tugas yang menumpuk. Sobat Traveller semua bisa mengajak teman atau keluarga dan memanfaatkan gazebo ini untuk sekedar berbincang-bincang bertukar pikiran atau juga menumpahkan pikiran.

Tak heran jika, musim liburan tiba, gazebo-gazebo ini akan dipenuhi oleh Traveller lainnya yang ingin menikmati kebun buah mangunan dengan caranya sendiri.

Tempat Meeting, Camping, Pernikahan dan Acara Lainya

Selain sebagai salah satu tempat wisata yang favorit, kebun buah Mangunan juga bisa dijadikan sebagai salah satu tempat yang paling tepat untuk meeting atau mengadakan sebuah pertemuan penting.

Ada dua gedung pertemuan yang tersedia disini. Satu gedung mampu menampung 100 orang, dan satu gedung lagi bisa menampung 300 orang.

Gedung pertemuan ini menjadi salah tempat paling favorit para pengunjung dalam mengadakan sebuah acara Seperti acara pernikahan dan juga acara resmi perkantoran karena harganya yang terjangkau atau bisa tergolong murah.

1 jam atau 2 jam saja untuk menikmati keindahan kebun buah mangunan ini tidak akan cukup. Terlebih lagi perburuan sunset dan sunrise cantik. Fenomena ini yang ditangkap oleh para warga sehingga membangun sebuah penginapan yang dikhususkan untuk Sobat Traveller semuanya. Kebanyakan Wisatawan dari luar kota memilih untuk menginap di daerah kebun buah karena harganya yang juga tearjangkau dan udara yang sejuk.

Pengunjung yang datang bisa memanfaatkan tempat camping yang sengaja disediakan oleh pihak pengelola untuk menghepat pengeluaran saat berada dikebun buah mangunan. Tidak hanya Traveller saja yang memanfatkan tempat camping ini ada juga anak-anak sekolah dan juga mahasiswa, serta komunitas pecinta alam yang memanfaatkan tempat ini untuk menyatu dengan alam.

Cukup membayar 5 ribu rupiah per orang saja untuk bisa menikmati fasilitas camping ini. Saat tengah malam anda wajib keluar tenda dan lihatlah keatas bagaimana Tuhan melukiskan bintang-bintangnya di atas langit seperti sebuah lukisan yang tidak akan pernah bisa diungkapkan oleh kata-kata.

Tempat Memancing

Hobi memancing pun bisa juga berkunjung kesini. Tempat ini memiliki sebuah kolam khusus yang memang dikhususkan untuk para mancing mania. Bagi yang tidak membawa peralatan memancing, bisa juga menyewa alat pancing yang begitu bersahabat. Ada berbagai jenis ikan yang ada di kolam ini. Tak sedikit juga para wisatawan yang menunggu senja dengan aktivitas memancing.

Downhill

Spesial untuk pecinta sepada, dikebun buah ini ada lintasan sepanjang 2300 meter yang memang sengaja dibuat. Sobat Traveller semua menjajal track downhill ini. dengan membayar tarif sewa sebesar 50 ribu rupiah untuk 5 orang anda bisa merasaakan sensasi croos country sepanjang lintasan yang kurang lebih 3800 meter.

Jembatan Goyang

Ingin memacu adrenalin? Jembatan goyang yang benar-benar menggemaskan bisa anda coba di sana. Jalur jembatan ini memiliki panjang 100 meter diatas sungai opak.

Saat mencoba melintas dijembatan ini, Sobat Traveller dituntut untuk ekstra hati-hati lantaran, jembatan goyang ini akan bergoyang, di tambah dengan terpaan angin yang berhembus kencang.

Selain berjalan di jembatan gantung, Sobat Traveller pun juga bisa menafaatkan arena flying fox yang tak kalah mendebarkan.

Harga Tiket Masuk Kebun Buah Mangunan

Harga tiket masuknya pun cukup murah hanya dengan 5 ribu rupiah saja. dan juga harga parkir tiga ribu rupiah untuk roda dua dan lima ribu rupiah untuk roda empat dengan parkir yang luas. Hanya saja, fasilitas musholla yang tidak begitu terawat dengan baik.

Alamat Kebun Buah Mangunan

Anda dapat menikmati keindahan kebun buah mangunan ini yang berlokasi di daerah Mangunan, Dlingo, Bantul Yogyakarta. Mencapai tempat ini sebenarnya cukup mudah. Dari terminal Giwangan wisatawan bisa berjalanlah menuju ke arah imogiri timur sampai bertemu lapangan.

Kurang lebih 500 meter dari lapangan ambilah kekanan menuju ke wisata kebun buah mangunan. Akan ada papan petunjuk yang bisa dimanfaatkan oleh Sobat Traveller semua menuju ke kawasan ini. Petunjuk dan jalan yang akan dilalui cukup baik, sehingga tidak akan tersesat.

Daya Tarik Kebun Buah Mangunan

Tempat ini pun dijuluki sebagai negeri diatas awan karena kebun ini berada di ketinggian sekitar kurang lebih 200mdpl. Keindahan negiri diatas wan memang luar biasa karena anda bisa melihat kabut didepan mata. Bisa dikatakan tempat wisata ini satu tipe dengan Kalibiru.

Gunung yang tampak terlihat bersama dengan matahari menjadi pemandangan yang tersendiri, secara perlahan mulai menampakkan sinarnya dengan warna emasnya yang menggemaskan.

Kebun buah ini dibangun sekitar tahun 2003 dan di atas tanah seluas 23 hektar. Pengunjung dapat menemui pbanyak pohon-pohon buah karena tanah dengan luas tadi oleh pihak pengelola ditanami pepohonan buah. Pohon yang bisa anda temui seperti mangga, rambutan, jeruk, durian, manggis dan masih banyak lagi. Pohon jati, dan juga pohon pinus yang tampak cantik juga bisa anda temui di kawasan ini.

Saat melihat kearah selatan, Sobat Taveler semua akan melihat pemandangan Pantai Parangtritis yang tampak mempesona. Hanya saja, Sobat Traveller harus mempunyai keberuntungan. Pemandangan pantai parangtritis hanya akan menjadi sebuah impian belaka apabila kabut telah menyelimuti kawasan ini.

Tidak hanya pemandangan Pantai Parangtritis, akan tetapi ada juga pemandangan sungai Oya yang melintang dan berkelok, walau sedikit surut. Namun, mampu memberikan sebuah warna yang berbeda. Pesona Kebun buah mangunan tampak sekali sempurna dengan adanya bentangan sungai oya tersebut.

Belum lagi udara yang sejuk dan angin yang berhembus lirih. Rasanya enggan untuk beranjak dari tempat ini.

Ingin melihat keindahan Kota Bantul? Anda tidak perlu repot-repot untuk naik gunung karena ditempat ini mempunyai gardu pandang yang mempesona. Para wisatawan semua akan mendapatkan suguhan pemandangan Kota Bantul yang elok. Bangunan-bangunan kecil tersebut seperti sebuah pelengkap yang keberadaannya begitu penting.

Jam berapa pun berkunjung ke tempat ini terasa sangat tepat. Selain tidak panas, banyaknya pepohonan yang tumbuh membuat suasana menjadi berbeda.

Tempat ini juga memberikan oksigen yang dibutuhkan untuk tubuh sehingga mendapatkan udara segar.

Tips Berkunjung ke Kebun Buah Mangunan

Siapkan Kamera

Penting untuk diketahui. Tujuan utamamu berkunjung ke Kebun Buah Mangunan adalah untuk menyaksikan keindahan Gunung Sewu yang sudah ditetapkan sebagai Global Geopark tahun 2015 lalu. Gunung Sewu sendiri merupakan rangkaian pegunungan kapur yang membentang dari Pacitan di Jawa Timur, melewati Wonogiri di Jawa Tengah, lalu berlanjut ke Gunungkidul di DI Yogyakarta.

Telah banyak dikembangkan tempat-tempat keren yang memungkinkan kita untuk menikmati keindahan Gunung Sewu di jogja atau khususnya didaerah bantul. Kebun buah mangunan ini menjadi salah satu yang paling keren dari beberapa tempat wisata yang dikembangkan untuk melihat keindahan gunung sewu. Rugi rasanya jika anda berwisata ke tempat ini tanpa membawa kamera yang mumpuni.

Persiapkan Waktu Kunjungan

Waktu terbaik untuk mendapatkan moment yang menarik di tempat ini adalah saat pagi-pagi buta atau sore. Saat pagi, kita bisa melihat pemandangan matahari yang terbit di antara bukit-bukit hijau di Gunung Sewu.

Sedangkan saat sore menjelang senja kita bisa melihat matahari yang kembali ke peraduan. Akan tetapi jika pengunjung hanya ingin menikmati keindahan gunung sewu pengunjung bisa datang kapan saja.

Penting juga untuk dicatat. Dimusim penghujan anda tidak mungkin bisa melihat keindahan sungai oya dari sini karena biasanya air yang mengalir berwarna coklat keruh, alih-alih toska.

Jalan Kaki Sambil Menikmati Suasana

Rasanya lebih seru berjalan kaki dari pada naik kendaran untuk sampai ke puncak. Selain itu, saya juga bisa melihat dan melakukan lebih banyak hal.

Termasuk mengintip aktivitas rusa di sebuah penangkaran mini di depat loket. Setiap kali berkunjung ke gardu pandang Kebun Buah Mangunan bisa melihat banyak penyu yang berenang juga. Pihak pengelola juga sudah menyediakan trek pejalan kaki untuk pengunjung. Sayang kalau tidak dimanfaatkan.

Mampir ke Tempat Lain di Sekitarnya

Kebun Buah Mangunan dengan ulasan diatas ini sangat berpotensi untuk menjadi salah satu tempat wisata unggulan di propinsi DI Yogyakarta.

Alasannya karna di sekitar sana ada banyak tempat lain yang bisa dikunjungi. Layaknya hutan pinus yang akhir-akhir ini menjadi bertambah populer. Selain itu, lokasi tempat ini juga tak terlalu jauh dari Makam Imogiri. Dari pusat kota Jogja jaraknya pun tak terlalu jauh, hanya sekitar 1 jam mengendarai kendaraa bermotor.

Anda jangan sampai melawati tempat wisata lainya di sekitarnya seperti Hutan Pinus Mangunan, Hutan Pinus Pengger, Puncak Becici, Bukit Panguk, Bukit Mojo, Tebing Watu Mabur dll ketika anda berwisata ke kebun buah mangunan.

Tidak Datang Sendiri

Para pasangan yang sedang dimabuk cinta adalah pengunjung mayoritas yang berwisata dikebun buah ini. Bahkan ada kemungkinan bahwa kamu akan bertemu dengan pasangan muda yang sedang melakukan prosesi foto pre-wedding Jadi jangan dating sendirian jika tidak ingin merasakan pedihnya pemandangan hati.

×

Butuh Bantuan?

Klik tombol dibawah ini untuk menghubungi bagian reservasi.

×
Scroll to Top