Hutan Pinus Pengger

hutan pinus pengger

Hutan Pinus Pengger – Mungkin yang kita ketahui selama ini hanyalah sekadar wisata Pinus Mangunan atau Puncak Becici. Padahal di Jogja juga ada wisata pohon pinus yang tak kalah keren yang bernama Pinus Pengger. Tak kalah dengan Pinus Mangunan, para remaja wajib coba mengunjungi tempat ini karena tempat wisata ini sangat indah.

Banyak yang bilang bahwa kawasan Hutan Pinus Pengger ini tempat wisata hits kawula muda Jogja. Apa iya? Eh, memang yang kamu bayangkan ketika mendengar kata Jogja?

Kebanyakan dari kita mungkin akan segera mengingat Jogja sebagai kota pelajar yang lekat dengan pelajar dan mahasiswa. Tapi ke mana perginya orang Jogja saat liburan? Tempat liburan dijogja itu sangt banyak, dan salah satunya adalah Pinus Pengger.

Tentang Hutan Pinus Pengger

Pinus Pengger merupakan destinasi wisata wajib saat libutan untuk kamu kunjungi juga. Ini adalah sebuah destinasi wisata alam yang dikelola di kawasan hutan pinus, di kawasan Bantul, D.I Yogyakarta. Alam di kawasan ini selain indah dan asri, juga sangat menyegarkan dan yang pasti merilekskan ketegangan pikiran selama berkutat dengan kesibukan sehari-hari.

Jadi buat yang sudah bosan dengan tempat wisata di Jogja berupa pantai, bisa deh mampir kesini. Kamu bisa menyaksikan pemandangan luas berupa hamparan pohon pinus yang luas, dari spot yang letaknya cukup tinggi.

Dan kamu pun bisa pula merasakan suasana hutan dengan masuk ke dalam kawasan pepohonan pinus yang tinggi. Dan yang paling anda akan rasakan di sana yaitu bisa merasakan kesegaran oksigen yang menyehatkan paru-paru, dan segarnya aroma getah pinus yang khas.

Hutan Pinus di kawasan wisata Bantul, Jogjakarta saat ini sudah dikelola dan di urus dengan sangat baik. Jadi meskipun tergolong wisata baru di Jogja, fasilitasnya cukup lengkap. Di sana kamu tidak hanya akan masuk ke kawasan hutan berupa pohon-pohon saja. Nilai lebih dari pengurus disini adalah dengan tetap menjaga kealamiannya dan dirawat oleh pengelolanya.

Fasilitas Hutan Pinus Pengger Yogyakarta

Karena letaknya yang lumayan jauh dari tempat tinggal penduduk. Anda pasti memerlukan fasilitas seperti toilet, musholla, warung makan, di sana. Dan syukurnya Pinus Pengger sudah memiliki fasilitas lengkap itu semua.

Dia sana juga disediakan parkiran luas. Kendaraan pun aman dijaga oleh tukang parkir.

Jadi jangan khawatir, untuk beberapa fasilitas tersebut adalah sebagai berikut:

  • Spot selfie yang mengakomodasi aktivitas bersosial media.
  • Area camping
  • Jalur tracking
  • Area permainan berupa ayunan
  • Fasilitas mushola
  • Warung
  • Tempat beristirahat, seperti gazebo

Baca Juga:Tarif Sewa Pick Up Jogja

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Pengger

Cukup dengan uang 2.500, pengunjung sudah dapat merasakan sensasi indahnya Pinus Pengger. Untuk menikmati spotnya sendiri, kita boleh membayar boleh juga gratis.

Maksudnya terserah dengan kita. Jadi seperti amal atau sedekah. Boleh membayar seikhlasnya, boleh juga gratis. Nantinya uang tersebut akan dibuat untuk makin menyempurnakan wisata tersebut.

Harga parkirnya sendiri berbeda-beda tiap jenis kendaraan. Untuk sepeda motor, cukup membayar 2.000, untuk mobil dipasang tarif 5.000 dan kendaraan bus harga parkirnya kurang lenih atau sekitar 20.000.

Untuk beberapa kegiatan tambahan di Hutan Pinus Pengger ini harganya sudah ditentukan, seperti :

  • Jelajah Alam dengan tarif Rp. 10.000/orang
  • Sepeda Hutan dengan harga Rp. 10.000/orang
  • Panjat Tebing : Rp. 15.000/orang
  • Sewa Panggung Sekolah Hutan Komersial yang dipatok dengan harga Rp. 3.000.000/kegiatan
  • Sewa Panggung Sekolah Hutan Non Komersial harganya Rp. 1.000.000/kegiatan
  • Tempat kegiatan non-panggung : Rp. 200.000/kegiatan
  • Hammock : Rp. 10.000/orang
  • Flying Fox : Rp. 15.000/orang
  • Aula : Rp. 250.000/4jam
  • Camping Ground : Rp. 15.000/orang/hari
  • Warung : Rp. 100.000/bulan
  • Foto Session dan Prewedding : Rp. 200.000/kegiatan
  • Video Clip : Rp. 250.000/kegiatan
  • Film Komersial : Rp. 1.000.000/hari

Lokasi Hutan Pinus Pengger

Berada di Dusun Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, ini membuat lokasi hutan pinus pengger ini mudah dijangkau dan dikunjungi. Cocok untuk kendaraan pribadi maupun umum.

Jika ditempuh dari kawasan Yogyakarta, jaraknya sekitar 25 km. Dari sana Anda bisa menghabiskan waktu selama 45 menit jika jalanannya lancar.

Lebih mudah kalau Anda memulainya dari jalan Wonosari. Seterusnya Anda bisa serahkan semuanya pada Google Maps.

Untuk jalanan saat masuk ke tempat wisatanya, diharapkan Anda hati-hati. Apalagi saat musim hujan. Sebab tanah di kawasan Pinus Pengger lumayan licin.

Rute Hutan Pinus Pengger Yogyakarta

Sarana jalan menuju hutan pinus pengger sudah baik. Berbagai jenis kendaraan mulai dari sepeda motor sampai bus besar, bisa mencapai area parkirnya. Itu mungkin menjadi salah satu alasan kenapa hutan pinus pengger bantul ini menjadi favorit kunjungan wisatawan di Yogyakarta.

Untuk anda yang ingin mengunjungi hutan pinus pengger ini, jika kita mulai dari kota Jogja, ambil jalan menuju ke jalan Wonosari untuk menuju ke bukit bintang. Saat kita sampai di perempatan Koramil Pathuk, ambil arah menuju ke Dlingo yang jaraknya sekitar 4.5 KM. Dengan mengkuti jalan tersebut, kita nanti akan sampai di Hutan Pinus Pengger Dlingo.

Setelah masuk di jalan Patuk- Dlingo dijamin anda tidak akan bosan karena terdapat pemandangan yang indah disepanjang rute menuju Hutan Pinus Pengger.

Spot Menarik Hutan Pinus Pengger Jogja

Yang menarik tentu saja spotnya. Terdiri dari ciptaan tangan pengurus yang indah, maka terbentuklah maha karya sebagai berikut ini:

Tangan Raksasa

Bentuknya seperti saat tangan Natuto akan mengeluarkan rasinggan. Berbahan dasar dari susunan kayu yang dibentuk sedemikian rupa, spot satu ini terlihat indah sekali.
Letaknya berada di ujung tebing.

Jika anda dapat mengambil angelnya dari arah yang tepat, hasil foto akan menangkap background tangan raksasa itu sendiri juga pemandangan dari bawah sana.

Para wisatawan biasanya berfoto duduk di atas tapak tangan itu. Berlakon seolah sedang bertapa. Sepertinya menarik.

Jembatan Kayu

Uniknya jembatan ini dibuat bukan untuk menyeberangi sungai atau jalanan. Dan lebih unik lagi saat jembatannya terhubung dari satu pohon ke pohon lain.

Anda bisa berpose sebebas mungkin atau sesuka kalian diatas jembatan tersebut.

Lubang Raksasa

Paling menarik saat Anda diam di lubang tersebut, lalu teman Anda mengambil foto dari sisi lain. Lubang raksasa itu juga berhadapan langsung dengan pemandangan rumah-rumah warga kota Bantul.

Bentuknya seperti sangkar burung, tapi bukan sangkar burung. Seperti lubang, tapi lubangnya tidak menjorok ke bawah. Tiduran di lubang itu pun terlihat nyaman.

Rumah Pohon

Tanpa dijelaskan, kalian pun tahu daya tariknya ada di mana.
Yang tak kalah menakjubkan itu waktu tutup wisatanya. Malam hari wisata ini tetap dibuka.

Foto pun tampak lebih menarik lagi jika diambil dalam kondisi gelap. Tapi pastikan ISO kamera kalian mendukung ya.

Dan saat malam hari, spot foto anda menjadi tambah satu. spot tambahan saat malam tersebut adalah keindahan lampu rumah atau gedung yang tampak seperti bintang jika dilihat dari lokasi Pinus Pengger.

Tips Berkunjung ke Hutan Pinus Pengger

  • Persiapkan fisikmu sebelum masuk kawasan! Membawa persediaan air minum dan bekal makanan yang cukup itu penting.
  • Jangan mengotori kawasan wisata dengan sampah! Kamu bisa menyimpan sampah makananmu selama belum menemukan tempat sampah.
  • Datanglah bersama teman, karena perjalanan di dalam cukup panjang.
  • Pakai sepatu sport atau sepatu flat yang memang nyaman, kuat dan yang pasti tidak licin, untuk medan yang cukup berliku!
  • Jangan lupa isi baterai gadget, powerbank dan kameramu sampai penuh!
  • Bawa pula uang cash dengan pecahan yang akan kamu butuhkan, seperti untuk membayar (seikhlasnya) jika menggunakan spot selfie tadi.
  • Kawasan wisata Pinus Pengger ini buka mulai pukul 06.00 sampai 18.00. Untuk pecinta atau pemburu sunset jangan buru-buru untuk pulang, karena disini sunsetnya indah sekali.

Itu semua ulasan mengenai hutan pinus pengger jogja yang bias anda gunakan sebagai bahan referensi sebelum berlibur ke kota Yogyakarta. Dan jangan lupa untuk selalu menggunakan paket wisata dari genjos holiday dan dapatkan promo-promo menarik di genjos holiday. Selamat liburan dan semoga bermanfaat.

×

Butuh Bantuan?

Klik tombol dibawah ini untuk menghubungi bagian reservasi.

×
Scroll to Top