Beranda Mobil Cara Modifikasi Mobil Bekas Jadi Tampak Baru

Cara Modifikasi Mobil Bekas Jadi Tampak Baru

0
Modifikasi Mobil Bekas Jadi Tampak Baru

Banyak keuntungan membeli mobil bekas yang bisa kita dapatkan, selain harga yang relatif lebih murah, mobil bekas juga tidak mengalami penyusutan harga yang signifikan. Tapi salah satu kekurangan saat membeli mobil bekas tahun tua ialah tampilan nya yang mungkin sudah ketinggalan zaman.

Kali ini kita akan bahas beberapa cara menyulap mobil bekas agar tampak seperti baru dengan memberikan sentuhan yang tepat.

Mau tahu? ayo simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Poles Bodi dan Kacanya

Salah satu musuh terbesar mobil bekas yang menjadikannya terlihat kusam adalah cat yang memudar dan kaca jendela yang tak lagi bening. Apabila kedua bagian eksterior mobil Anda masih dalam kondisi yang baik, langkah menyulapnya agar tampak baru adalah cukup dengan melakukan polish.

Anda bisa melakukan proses ini secara mandiri di rumah. Prosesnya dimulai dari tahap pencucian kemudian pemolesan menggunakan cairan poles khusus kaca dan bodi. Memang prosesnya sedikit rumit dan memakan waktu yang cukup lama, jadi Anda dituntut untuk ekstra sabar.

Baca Juga: Mobil Sedan Kurang Diminati Di Indonesia, Mungkin Inilah Sebabnya

Cara lainnya yang lebih mudah adalah memasukkan mobil bekas Anda ke salon mobil. Biasanya demi proses ini, Anda harus rela mobil Anda untuk diinapkan selama satu hari. Biaya yang perlu dikeluarkan umumnya sekitar Rp500 ribu sampai Rp1 juta-an tergantung ukuran mobil.

2. Mengecat Ulang Mobil

Langkah satu ini perlu Anda lakukan bila kondisi cat mobil telah mengelupas atau pecah. Selain untuk memperbaiki kondisi permukaan mobil, warna kendaraan bekas Anda pun akan tampak lebih segar dan mengkilap sehingga tampak baru.

Sesudah proses pengecatan mobil kembali, sebaiknya Anda juga melakukan langkah lanjutan yaitu wax bodi. Hal ini bertujuan untuk memberikan proteksi untuk mencegah warna cat cepat memudar.

Cairan wax yang dioleskan merata di permukaan mobil, membantu untuk memancarkan warna dan kilap mobil. Selain itu, cairan wax tersebut juga berfungsi sebagai sun block sehingga mobil yang baru dicat tidak mudah kusam.
Baca juga:

3. Ganti Gaya Eksterior

Untuk memberikan nuansa beda dan baru pada mobil bekas bisa Anda lakukan dengan cara menambahkan body kit pada mobil. Umumnya kit tambahan ini dipasang di bagian bawah dan samping mobil. Ada pula yang memasang bagian wings di bagian belakang sehingga mobil tampak sporty.

Langkah laiinya yaitu mengganti velg dengan tampilan modern dan sporty.

Tidak hanya velg yang bisa menjadikan mobil bekas tampak baru dalam sekejap. Mengganti lampu depan serta belakang dengan desain lampu yang terbaru pun bisa dilakukan. Penampakan mobil bekas pun akan mendadak jadi garang dan semakin menarik dipandang.

4. Ganti Gaya Interior

Salah besar bila Anda hanya fokus melakukan modifikasi pada bagian eksterior saja. Agar mobil bekas tampak baru, Anda pun bisa memberikan polesan di bagian interior mobil yang sudah ketinggalan zaman.

Bagian interior mobil yang sering termakan usia itu seperti setir, tuas transmisi, jok mobil. Itu dapat Anda ganti dengan gaya terkini. Banyak tempat yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik dan mengubah bagian-bagian itu secara custom.

5. Upgrade-lah Perangkat Entertainment dan Fitur

Mungkin di zamannya, mobil bekas yang Anda miliki merupakan primadona dan diidamkan banyak orang. Namun di era yang semakin canggih ini, mobil-mobil keluaran tahun 90-an sudah ketinggalan zaman bila dilihat dari teknologi yang digunakan.

Anda tidak usah berkecil hati, sebab modifikasi mobil bekas dengan cara meng-upgrade audio, sound system, dan fiturnya pun kini banyak dilakukan.

Contohnya pada Mobil bekas keluaran tahun 90-an hingga 2000-an awal yang masih menggunakan jenis tape jadul dengan kaset atau CD. Anda bisa menggantinya dengan yang sudah dilengkapi dengan perangkat touch screen atau USB untuk memutar musik.

Baca Juga: Sewa Mobil Jogja di Genjos Holiday

Ada beberapa fitur lain yang tidak dimiliki mobil bekas dan jadul. Contohnya adalah perangkat GPS dan kamera belakang mobil untuk mempermudah parkir. Keduanya bisa Anda tambahkan pada mobil bekas yang Anda miliki.

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan modifikasi, Anda harus pertimbangkan kembali saat ingin melakukan modifikasi yang bersifat permanen, karena hal itu bisa mengurangi harga jual mobil Anda ke depannya.

Kenapa? Karena dealer atau showroom biasanya ingin mobil yang mereka beli dalam keadaan se-orisinil mungkin. Semakin banyak komponen yang orisinil semakin tinggi pula harganya.

Tak usah khawatir jika modifikasi tidak bersifat permanen, selama Anda masih menyimpan komponen orisinil yang diganti, modifikasi tersebut tidak mengurangi harga jual.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here