Beranda Mobil Mobil Sedan Kurang Diminati Di Indonesia, Mungkin Inilah Sebabnya

Mobil Sedan Kurang Diminati Di Indonesia, Mungkin Inilah Sebabnya

0
Mobil Sedan Kurang Diminati Di Indonesia, Mungkin Inilah Sebabnya

Bila dibandingkan dengan mobil jenis lain, mobil jenis sedan memang paling kecil peminatnya di Indonesia. Padahal, di era-era sebelumnya, sedan pernah menjadi primadona mobil yang diminati konsumen.

Bahkan, setiap merek mobil mengeluarkan tipe-tipe sedan terbaiknya yang menjadi legenda pada masanya.

Sekarang mayoritas konsumen otomotif merasa cukup puas dengan jenis mobil MPV atau SUV. Jika yang berukuran kecil, konsumen lebih senang dengan yang mungil seperti hatchback. Sedan seolah semakin terlupakan saja.

Berikut beberapa alasan yang mungkin menjadi latar sebabnya:

1. Kebutuhan masyarakat beralih pada mobil keluarga

Suasana guyub rukun di dalam keluarga, rupanya juga turut mempengaruhi pilihan kendaraan. Cukup dengan satu kendaraan, diharapkan seluruh keluarga sudah dapat terakomodir di dalamnya. Sebab itu pilihan jatuh kepada mobil-mobil dengan kapasitas besar yang muat hingga 6-7 penumpang. Sementara sedan kapasitas maksimal hanya 4 orang.

2. Kondisi jalan yang tidak memungkinkan

Pada umumnya kondisi jalan raya di Indonesia memang kurang ramah untuk mobil sedan yang rata-rata ground cleareance-nya rendah. Selain karena banyak lubang-lubang kerusakan, terkadang ada juga hambatan lainnya berupa “polisi tidur” yang tidak sesuai standar. Hal itu menyebabkan pemilik kendaraaan selalu was-was dan harus ekstra hati-hati saat mengemudikannya. Mereka akhirnya cenderung condong pada mobil dengan ground clereance tinggi.

Baca juga:Langkah Sederhana Merawat Cat Mobil

3. Pajak sedan dinilai tinggi

pada masa lalu, pajak kendaraan dinilai berdasarkan ruangan mesinnya, penumpang, dan bagasinya. Perhitungan tersebut menyebabkan sedan dimasukkan dalam kategori mobil mewah. Pajaknya juga menjadi tinggi. Walaupun saat ini aturan sudah dibuat lebih fleksibel untuk sedan-sedan jenis tertentu, namun persepsi “mahal” ini sudah terkadung melekat di benak masyarakat kita.

4. Kondisi jalan yang sering banjir

Di beberapa wilayah Indonesia, banjir bisa saja datang dengan tiba-tiba. Bahkan di Ibukota sekalipun. Terutama saat musim hujan datang. Kita tahu, sedan adalah kendaraan yang tidak mungkin melintasi daerah genangan air. Ha itu menyebabkan pemilik kendaraan akhirnya berpikir dua kali untuk meminangnya.

5. Tidak bisa memuat banyak barang

Bila dibandingkan dengan ruang bagasi SUV atau MPV, kapasitas penyimpanan bagasi sedan memang cukup terbatas. Rupanya kenyataan ini juga turut mempengaruhi pilihan dari konsumen yang butuh ruang lebih luas. Bahkan kalau dibandingkan dengan hatchback tipe-tipe tertentu, bagasi sedan masih terbilang terbatas.

Dibandingkan mobil jenis lain, tentulah penawaran mobil sedan bekas di pasaran juga tidaklah banyak. Meskipun begitu, peminat sedan rata-rata berasal dari penggemar yang loyal dan fanatik. Mereka akan tetap mencari mobil-mobil dengan kondisi terbaik.

Bila Anda membutuhkan jasa sewa mobil Jogja, silahkan kunjungi lama kami di Sewa Mobil Jogja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here