Beranda Bus Pariwisata Cara Membedakan Jetbus HDD, MHD dan SHD

Cara Membedakan Jetbus HDD, MHD dan SHD

0

Memang belakangan ini bisnis angkutan umum khususnya bus berkembang dengan pesat. Hal itu dapat kita lihat dengan semakin merebaknya Perusahaan Otobus (PO) yang hadir dengan beragam inovasi dengan mengeluarkan armada anyarnya.
Pengusaha-pengusaha otobus itu banyak yang merancang bodinya dengan model High Deck Double-glass (HDD), model Medium High Deck (MHD) maupun model Super High Deck (SHD).

Baca Juga: Sewa Bus Jogja Genjos Holiday

Ternyata ketiga istilah model bus tersebut merupakan sebuah kode atau tanda ukuran pada ketinggian bus dari rakitan karoseri bus Adiputro asal Malang, Jawa Timur.

Sahabat Genjos Holiday pasti masih banyak yang belum tahu tentang perbedaan jetbus HDD, SHD dan MHD, bukan?. Lalu, bagaimana cara membedakannya? Simak ulasan berikut !

Jetbus MHD

Sebelum lebih jauh membahas istilah perbedaan fisik bodi bus, kita bahas dulu soal dimensinya. Pada sasis 2-axle, ketiga type bus di atas sama-sama memiliki panjang 12.000 mm dengan lebar 2.500 mm.

Perbedaan yang pertama ada pada tingginya. Untuk model HDD, memiliki tinggi 3.724 mm, sedangkan MHD memiliki tinggi 3.710 mm dan untuk SHD memiliki tinggi 3.850 mm.

Kemudian perbedaan selanjutnya adalah pada ketinggian bagasinya. Bila ketinggian bus HDD adalah 1.080 mm, maka MHD memiliki tinggi 1.200 mm, sementara type SHD lebih tinggi lagi yaitu 1.300 mm.

“SHD atau UHD (Ultra High Deck) dan MHD biasa dipakai untuk bus antar provinsi karena muatan bagasi yang besar serta bisa memuat kendaraan motor di bagasi karena cukup tinggi,” kata David Jethrokusumo, Direktur PT Adiputro Wirasejati kepada MobilKomersial.com.

Perbedaan selanjutnya, bila dilihat dari tinggi kabin penumpang, ketiga jenis bus ini juga mempunyai perbedaan. Untuk HDD mempunyai ketinggian 1.800 mm, MHD 1.670 mm dan SHD dengan ketinggian 1.800 mm.

Sedangkan untuk ground clearance, data ketinggiannya adalah HDD 400 mm, MHD : 380 mm dan SHD 390 mm.

Jadi tahu kan, kenapa MHD dapat muat sepeda motor? Karena sebenarnya MHD ialah serupa dengan bodi HDD namun bagasinya bertambah tinggi 150 mm dari hasil mengurangi tinggi kabin 130 mm dan ground clearance 20 mm.

Baca Juga: Merawat Kaca Bus Pariwisata

Bila kita melilihat dari segi fisiknya, ketiganya juga mempunyai perbedaan. Perbedaan tersebut adalah di atas fender roda HDD memiliki lebar 100 mm tertutup, sedangkan pada MHD lebarnya 250 mm bisa dibuka dan SHD lebarnya 300 mm bisa dibuka juga.

Lalu perbedaan pada jumlah grill ventilasi di buritan untuk HDD dan MHD memiliki masing-masing 4 buah, sedangkan untuk SHD memiliki 5 buah.

Untuk bagian depan bus, posisi wiper kaca depan atas pada type HDD dan MHD terletak di bagian atas, sementara untuk type SHD posisinya berada di bawah.

Untuk jenis sasis yang bisa digunakan pada type HDD adalah semua jenis sasis big bus mulai dari entry level sampai premium, sedangkan untuk type MHD khusus sasis entry level modular frame MB OH 1626 L.

Sementara untuk type SHD, dapat menggunakan sasis entry level Hino R260 dan semua sasis premium.

Itulah beberapa perbedaan yang bisa kami sampaikan untuk Sahabat Genjos Holiday. Semoga bermanfaat dan dapat membantu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here