CandiTempat Wisata

Candi Gebang : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Salah satunya tempat wisata yang belum terlampau populer tapi keelokannya masih terselinap di Kabupaten Sleman ialah Rekreasi Candi Gebang.

Bangunan Candi ini di prediksi mulai di buat di saat era ke 8 masehi. Pada jaman kekuasaan kerajan Mataram Kuno ini masih di bawah kepemimpinan Wangsa Sanjaya.

Dan bangunan ini di ketemukan bermula dari patung Ganesha oleh masyarakat sekitaran di tahun 1936. Berdasar penemuan masyarakat itu, beberapa arkeologis mulai lakukan peneltian mengenai peluang ada sebuah candi di lokasi peneman patung Ganesha itu.

Sesudah di tegaskan ada sebuah candi di lokasi itu, selanjutnya Candi Gebang alami pemugaran pertama kali yang di pegang oleh Van Romondt di tahun 1937 sampai 1939. Candi ini memiliki luas sekitaran 5,25 x 5,25 mtr. dan berdiri di atas kaki bangunan yang mempunyai tinggi sekitaran 2 mtr..

Tinggi dari keseluruhnya bangunan candi ialah 8 mtr.. Material dasar bangunan ini sendiri berbentuk batu andesit. Candi ini menghadap ke arah timur dan memiliki keunikan tertentu yang berbentuk pucuk. Berupa linggak tegak di atas seroja yang memikat dan unik.

Pintu masuk ke ruang pada tubuh candi ini berada di sebelah timur. Di kanan dan kiri pintu masuk ada lubuk tempat arca. Di lubuk utara ada arca Nandiswara dan lubuk di bagian selatan pada kondisi kosong.

Kabarnya lubuk yang kosong itu semula ada arca Mahakala. Di sebelah barat ada lubuk yang berisi dengan arca Ganesha yang duduk di atas sebuah yoni dengan belalai yang ke arah ke arah utara. Kekhasan lain dari candi ini ialah tidak di ketemukan tangga untuk naik ke selasar di atas kaki candi.

Di Candi Gebang ini ada taman yang teratur dengan bagus, pohon-pohonan yang teduh, dan kursi bangku yang di pakai beberapa pengunjung atau masyarakat untuk sesaat melepaskan capek.

Daftar Isi :

Baca Juga :  Air Terjun Kedung Pedut : Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Lokasi Candi Gebang

Lokasi Candi ini telah terhitung bagus dan gampang untuk di lakukan oleh beberapa pengunjung ke arah Candi Gebang. Tapi untuk mendapati lokasi dari Candi ini cukup susah dan munkin pengunjung akan menanyakan dengan masyarakat sekitaran. Untuk lokasi Candi ini cukup dekat sama pusat perkotaan Yogyakarta.

Alamat Candi Gebang persisnya ada di Desa Gebang, Kelurahan Widomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Wilayah Spesial Yogyakarta.

Jalur Ke arah Candi Gebang

Jalur ke arah Candi ini benar-benar gampang untuk di capai. Bila anda dari pusat Yogyakarta ke arah timur melalui Jl. KH. Ahmad Dahlan ke arah Jl. Pangurakan, sampai di perempatan ke utara ke Jalan Mayor Suryotomo, lempeng langsung ke Jalan Mataram sampai di pertigaan ke timur ke Jalan Mas Suharto Jambu, selanjutnya di perempatan ke utara ke Jalan Tukangan.

Lalu ke barat Ke Jalan Yos Sudarso, sampai di pertigaan ke-3 ke utara ke Jalan Suroto, lempeng langsung ke Jalan Cik Di Tiro sampai di bundaran, mengambil jalan keluar pertama ke arah Jalan Terban, selanjutnya di perempatan ke utara ke Jalan Persatuan.

Baca Juga :  Desa Wisata Pentingsari : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Lalu lempeng langsung ke Jalan Kaliurang, sampai di perempatan ke timur ke Jalan Ringrad Utara. Lempeng terus masih tetap di Jalan Ringroad Utara, selanjutnya ke utara ke Jalan Nusa Cantik, lempeng langsung ke Jalan Candi Gebang, selanjutnya turuti jalan terus yang ada sampai anda akan sampai di Candi Gebang.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Candi Gebang cukup dekat yakni sekitaran 11,6 Km dan waktu pintas normal kendaraan motor dari pusat Kota Yogyakarta ke arah Candi Gebang sekitaran 33 menit.

Harga Ticket Masuk

Harga ticket retribusi untuk masuk ke Candi Gebang relatif dapat di jangkau yakni pengunjung cuman di kenai ongkos Rp 5.000 per-orang. Baik pelancong local atau pelancong luar negeri.

Dan untuk ongkos parkir pengunjung yang hendak bertandang ke Candi ini di kenai biaya sejumlah Rp 2.000,- untuk sepeda motor dan Rp 5.000,- untuk mobil.

Sarana

Sarana di Candi Gebang telah cukup komplet untuk beberapa pengunjung yang tertarik tiba ke Candi ini, salah satunya ialah:

  • Tempat parkir yang lega
  • Toilet umum
  • Tempat duduk
  • Warung kecil
Baca Juga :  Bukit Pengilon : Loksi dan Harga Tiket Masuk
Cholida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Jasa Pariwisata heppitrip.com sewa bus pariwisata jogja terbaik.