Air Terjun Sri Gethuk

air terjun sri gethuk

Banyak yang tidak menyangka jika Yogyakarta memiliki berbagai destinasi wisata yang tersembunyi namun tetap memiliki keindahan yang tidak kalah dengan destinasi wisata populer lainnya di Jogja. Salah satunya adalah Air Terjun Sri Gethuk.

Air Terjun Sri Gethuk ini memiliki keunikan dan berbeda dengan air tejun lain di Yogyakarta. Di samping Air Terjun Sri Gethuk ini terletak sebuah tebing yang disampingnya terdapat sebuah aliran air sungai. Anda harus menyusuri sungai dengan jarak kurang lebih 700 meter jika anda ingin mengunjungi wisata alam air terjun sri gethuk ini.

Tidak perlu khawatir, anda akan disediakan semacam perahu yang terbuat dari drum hasil kretivitas pengelola. Dengan menggunakan perahu ini anda akan dibawa menyusuri sungai eksotis dengan pemandangan kanan kiri yang luar biasa.

Jaraknya yang kurang lebih 700 meter menuju air terjun, durasi anda menaiki perahu kurang lebih 10 hingga 15 menit. Namun jika anda seseorang dengan jiwa petualangan yang tinggi, anda dapat memilih jalur jalan setapak naik turun bukit untuk mencapai air terjun ini. Pemandangan dari jalur ini pun tidak kalah menarik, namun anda hanya perlu tenaga dan waktu ekstra untuk bolak-balik menuju  dan kembali dari Air Terjun Sri Gethuk.

Mitos Air Terjun Sri Gethuk

air terjun gunungkidul

Wisatawan yang pernah datang pasti bertanya kenapa air terjun ini bisa bernama air terjun sri getuk?, apakah berkaitan dengan Gethuk yang merupakan makanan khas dari Gunungkidul yang terbuat dari ketela atau singkong? Ternyata bukan, sejarah Air Terjun Sri Gethuk sendiri berasal dari legenda di Desa Bleberan yaitu desa dimana Air Terjun Sri Gethuk ini berada. Air terjun ini adalah tempat berkumpulnya para jin jika dilihat dari cerita mitos warga setempat. Makhluk halus ini dipimpin oleh seorang jin bernama Anggo Menduro.

Di Air Terjun Sri Gethuk ini Anggo Menduro berstatus sebagai pimpinan pasukan jin yang berada di sekitar lokasi air terjun, Jin Anggo Menduro ini konon sangat menyukai kesenian Jawa seperti karawitan dan Jathilan sehingga jin tersebut menyukai alat musik gamelan.

Baca Juga: Paket Wisata Jogja Genjos Holiday

Menurut warga sekitar dulunya sering sekali terdengar suara gamelan disekitar Air Terjun Sri Gethuk terutama saat menjelang magrib atau sore hari. Dari suara gamelan tersebut masyarakat sekitar merepresentasikan dengan suara “thuk” “thuk” “thuk” dari sinilah nama Air Terjun Sri Gethuk berasal.

Terdapat suatu keunikan atau keanehan ketika suara gamelan tersebut terdengar di Air Terjun Sri Gethuk, yaitu jika ada seseorang yang mendatangi arah suara tersebut maka suara gamelan itu akan menghilang. Konon hanya orang-orang tertentulah yang dapat mendengarkan suara tersebut saat berada di Air Terjun Sri Gethuk, jadi tenang saja tidak serta merta suara tersebut bisa terdengar.

Fasilitas Air Terjun Sri Gethuk

Bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Air Terjun Sri Gethuk fasilitas yang disediakan di tempat wisata gunungkidul ini sudah tergolong lengkap, diantaranya adalah:

Menyusuri Sungai Menggunakan Rakit

Anda harus menyusuri Sungai Oya untuk mencapainya karena posisi Air Terjun Sri Gethuk yang berada di tebing sungai. Kamu bisa naik rakit sederhana yang disediakan oleh pengelola. Nantinya rakit ini akan menyusuri sungai dengan melawan arus, alias dari hilir ke hulu.

Di sepanjang pengarungan kamu akan menemukan beberapa air terjun kecil. Jika air sungai sedang jernih dan tidak keruh akibat hujan, kamu bisa menyaksikan bebatuan dan rumput di dasar sungai.

Pemandangan tebing-tebing tinggi yang mengapit sungai juga akan menjadi teman perjalananmu. Saat suasana tidak terlalu ramai, kamu bisa meminta ijin kepada nahkoda untuk mencoba mengendalikan laju rakit. Pengalaman baru ini akan sangat mengasyikkan.

Cliff Jumping

Wahana satu ini salah satu aktivitas uji adrenalin seru yang bisa kamu lakukan di kawasan Air Terjun Sri Gethuk. Kamu bisa melompat dari tebing dan bebatuan ke dalam sungai. Ada beberapa pilihan ketinggian. Untuk pemula, kamu bisa mencoba tebing yang tidak terlalu tinggi.

Namun jika nyali kamu berlebih, kamu bisa mencoba di tebing berukuran 3 – 5 meter. Untuk naik ke tebingnya kamu harus meniti tali. Dijamin sekali lompat kamu akan ketagihan. selalu gunakan jaket pelampung ya jika bermain dengan wahana ini. Kecuali kalau kamu memang sudah mahir berenang.

Trekking

Trekking dari tempat parkir merupaka salah satu cara untuk menuju ke air terjun sri getuk selain naik rakit. Jalur trekking ini cukup seru, karena kamu harus melewati areal persawahan. Saat padi mulai tumbuh, areal persawahan ini akan terlihat hijau segar. Kamu pun bisa berswafoto disini.

Jika menggunakan rakit kamu akan langsung tiba di dasar air terjun, beda halnya dengan trekking. Kamu justru akan tiba di sungai kecil yang menjadi sumber dari air terjun. Lokasinya ada di atas tebing.

Tapi kamu tak perlu khawatir. Kamu tetap bisa menikmati serunya bermain di kaki Air Terjun Sri Gethuk dengan cara menuruni anak tangga yang ada di tebing hingga ke dasar air terjun.

River Tubing / Body Rafting

Menggunakan pelampung alias body rafting untuk menghanyutkan diri di sungai ini tentu akan menjadi pengalaman asyik yang bisa kamu jajal saat berkunjung ke Air Terjun Sri Gethuk. Aktivitas seru ini dilakukan saat kamu hendak pulang.

Titipkan barang-barang bawaanmu kepada teman yang tidak ikut body rafting, setelah itu pakailah pelampung dan ceburkanlah dirimu ke sungai. Biarkan tubuhmu menggambang dan terbawa arus sungai hingga ke lokasi pemberangkatan rakit.

Kamu tak perlu takut tenggelam, sebab sudah ada pelampung yang kamu pakai. Pada saat musim kemarau dimana air sungai sedang jernih dan arusnya tidak terlalu deras seperti saat musim penghujan ini lah waktu terbaik untuk river tubing.

Canyoning

Canyoning adalah aktivitas rapelling atau menuruni tebing menggunakan tali kernmantle di bawah guyuran air terjun. Aktivitas ini cocok dilakukan oleh kamu yang berjiwa muda dan suka tantangan. Ada dua sensasi ketegangan yang kamu dapatkan, yakni saat memasrahkan diri pada seutas tali serta merasakan guyuran air terjun menimpa tubuhmu.

Kamu bisa melakukan canyoning di Air Terjun Sri Gethuk asalkan kamu memiliki peralatannya. Sebelum canyoning sebaiknya kamu ijin kepada pengelola.

Lakukan aktivitas ini di pagi hari saat belum banyak pengunjung yang datang supaya tidak mengganggu aktivitas wisata mereka.Pihak pengelola sudah menyiapkan untuk kamu yang datang tidak membawa peralatan.

Menikmati Kuliner Tradisional

Salah satu makanan khas Gunungkidul adalah tiwul, makanan pokok berbahan dasar gaplek atau singkong. Makanan ini nikmat disantap dengan urap sayur, sambal, dan ikan asin atau ikan bakar.

Supaya kunjunganmu ke Sri Gethuk semakin lengkap, tak ada salahnya untuk mencicipi kuliner trasidional ini. Bahkan lebih serunya anda dapat melihat proses pembuatan tiwul secara langsung di rumah warga sekitar air terjun.

Fasilitas Pendukung

  • Warung Makan
  • Mushola
  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Perahu wisata

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sri Getuk

Sesampai di lokasi wisata para wisata perlu membayar tiket masuk air terjun Sri Gethuk Playen Gunungkidul, sebagai biaya retribusi  pengelola wisata sebesar 10.000 per orang. Jika ingin menikmati paket lengkap salah satu tempat wisata Gunung Kidul ini, perlu mengeluarkan biaya sebesar 30.000 per orang.

Rasanya kurang lengkap apabila wisatawan hanya berfoto ditempat seindah salah satu air terjun terbaik di Gunung Kidul ini, pengelola wisata memberikan fasilitas berupa penyewaan kapal bagi pengunjung yang ingin lebih menikmati dan menyusuri seluruh kawasan wisata Sri Gethuk waterfall Yogyakarta. Harga sewa perahu pun tidak mahal, hanya kisaran 10.000 per orang

Alamat Air Terjun Sri Gethuk

Sebelum anda memutuskan untuk berliburan atau berkunjung ke air terjun sri gethuk lebih baik nya anda memperhatikan lokasi dan rute berikut ini :

Lokasi

Dari kota yogyakarta lokasi tempat wisata air terjun sri getuk ini terbilang lumayan jauh, tepatnya berada di sebelah timur Kota Jogja yaitu terletak di Kabupaten Gunungkidul. Untuk kondisi jalan sampai ke tempat atau sampai ke lokasi ini sudah bisa di bilang sangat bagus.

Alamat Air Terjun Sri Gethuk berada di Desa Bleberab, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute

Rute pertama yang harus anda temui adalah anda harus melewati jalan jogja wonosari terlebih dahulu, ikuti jalan kearah timur terus hingga sampai di daerah Pathuk Gunung Kidul. Sampainya di Pathuk terus ikuti jalan hingga menemui pertigaan Gading, lalu belok kanan menuju daerah Playen hingga sampai di kecamatan Palihan. Sesampainya di Palihan, anda akan menjumpai pertigaan lalu ambil arah ke kanan di pertigaan ini anda akan menemukan papan petunjuk arah ke lokasi Air Terjun Sri Gethuk anda tinggal mengikuti arahan tersebut dan sampailah di Air Terjun Sri Gethuk.

Dari kota yogyakarta menuju ke air terjun sri gethuk ini memiliki jarak sekitar kurang lebih 32,2 KM dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor  dari Kota Jogja menuju Air Terjun Sri Gethuk sekitar 1 jam 35 menit.

Tips Berkunjung ke Air Terjun Sri Gethuk

Sebelum Berwisata ke wisata air terjun sri gethuk ini alangkah bainya anda membaca tips-tips dari kami berikut ini :

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Air Terjun Sri Gethuk adalah saat musim kemara, atau awal dan akhir musim penghujan. Kamu bisa melihat pemandangan hingga ke dasar sungai karena pada debit air yang masih tinggi airnya pun juga masih jernih.
  • Datanglah di atas pukul 13.00 WIB dan pastikan matahari sedang bersinar terik pasti anda akan mendapatkan moment melihat pelangi yang indah di air terjun. Posisi sinar matahari yang menimpa langsung permukaan air terjun akan menciptakan rona warna pelangi yang indah.
  • Tidak main air dan basah-basahan itu tidak asyik adalah sebuah kalimat yang layak dilontarkan ketika berwisata ke air terjun. Karena itu jangan lupa bawa pakaian ganti.
  • Untuk mendapatkan suasana yang lebih tenang sehingga bisa menikmati pesona Sri Gethuk secara nyaman, datanglah pada Sebab pada akhir pekan dan musim liburan kawasan ini akan sangat ramai.

Itu semua ulasan mengenai tempat wisata yang sempat hits di Yogyakarta versi genjos holiday. Dengan ulasan tersebut semoga bias menjadi bahan referensi sebelum anda ingin berlibur ke kota Yogyakarta. Dan jangan lupa selalu gunakan paket wisata dari genjos holiday dan dapatkan promo-promo menariknya.

×

Butuh Bantuan?

Klik tombol dibawah ini untuk menghubungi bagian reservasi.

×
Scroll to Top