Harga MobilMobilSpesifikasi Mobil

Spesifikasi Hyundai Ioniq 5, Mobil Listrik Terlaris 2023?

Hyundai Ioniq 5 sudah mulai dipasarkan di Indonesia disertai dengan penawaran subsidi yang menarik. Kini peminatnya pun sudah mulai banyak. Bahkan, pada kuartal pertama tahun 2023, penjualan mobil listrik sudah mencapai lebih dari 1.700 unit.

Tahun lalu Wuling Air ev telah menjadi mobil listrik yang paling laris di Indonesia. Akan tetapi pada awal tahun 2023 ini, posisi Wuling Air ev digeser oleh Hyundai Ioniq 5 sebagai mobil listrik terlaris.

Mobil listrik ini sebenarnya telah diproduksi oleh pabrik Hyundai yang berada di Bekasi, Jawa Barat. Setelah sebelumnya Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa Ioniq 5 merupakan mobil listrik pertama buatan Indonesia. Dan mobil listrik pertama Hyundai dengan merek Ioniq yang sudah diperkenalkan pada Februari 2021.

Hyundai ioniq 5 tampak depan belakang
Instagram.com/eldahyundai

Banyak hal yang menarik untuk di bahas dari mobil ini. Meliputi spesifikasi, eksterior, interior, hingga fitur-fiturnya. Lantas seperti apa spesifikasi yang ditawarkan mobil listrik ini?

Daftar Isi :

Spesifikasi Hyundai Ioniq 5

Spesifikasi Hyundai Ioniq 5 Indonesia bisa disebut sedikit berbeda dengan versi yang luar negeri. Terlihat di Tanah Air mobil ini hanya tersedia dengan sistem penggerak roda belakang. Berbeda dengan di sejumlah negara lain yang tersedia juga versi All Wheel Drive (AWD).

Mesin

Hyundai IONIQ 5 hadir dalam dua pilihan kapasitas baterai yakni 58 kWh dan 72,6 kWh. Untuk baterai berkapasitas 58 kWh, diklaim mempunyai tenaga 167 hingga 230 hp dan torsi maksimum 350 sampai 605 Nm, dan mobil ini bisa melaju sejauh 435 km.

Sedangkan untuk baterai 72,6 kWh, mempunyai tenaga 214 sampai 300 hp dengan torsi maksimum 350 hingga 605 Nm, dan di klaim bisa melaju sampai 555 km. Kedua baterai ini membutuhkan waktu 18 menit untuk mengisi dari 10 sampai 80 persen dengan menggunakan ultra fast charging atau 350 kW, sementara fast charging atau 50 kW membutuhkan satu jam.

Dimensi

Secara dimensi, mobil ini memiliki ukuran panjang 4.635 mm, lebar 1.890 mm, tinggi 1.647 mm, dan jarak sumbu roda 3.000 mm. Sedangkan bobot kotornya mencapai 2.370 kilogram. Untuk kapasitas penyimpanannya dapat mengangkut hingga 527 liter.

Interior

Interior Hyundai ioniq 5
Instagram.com/car_shop_22

Ioniq 5 memiliki ruang kabin bisa dibuat lebih lega. Terlihat dari lorong kaki bangku baris depannya tidak ada gundukan transmisi yang membatasi antara bangku pengendara dan penumpang. Dengan itu konsol tengah bisa diatur maju mundur.

Untuk varian Ioniq 5 Signature mendapatkan fitur spesial yaitu Relaxation Comfort Seat. Hanya dengan menyentuh satu tombol, dengan otomatis kursi terebahkan sampai posisi yang sangat rileks.

Baca Juga :  Penyebab Aki Mobil Tekor Saat Ditinggal Pergi Liburan, Hanya Gara-Gara Sepele!

Eksterior

Lampu Hyundai ioniq 5
Instagram.com/citywideautospa

Bagian eksterior loniq 5 terkesan menarik dengan tampilan yang sangat futuristik dan unik. Mobil ini mengusung desain dengan istilah Parametric Pixel style. Contoh penerapannya bisa di lihat pada lampu-lampunya yang terdiri dari susunan kotak-kotak kecil yang mirip sebuah piksel pada kamera.

Tak hanya itu saja, pada bagian belakang mobil ini, tersemat penggunaan lampu henti LED kotak. Sehingga membuat mobil semakin terkesan futuristik serta modern.

Untuk ban yang dipakai memiliki ukuran ban 19 inci. Sedang khusus loniq 5 varian Signature Long Range, menggunakan ban berukuran 20 inci.

Fitur

Fitur Hyundai ioniq 5
Instagram.com/car_shop_22

Berbagai fitur telah disematkan menjadi penunjang kenyaman para pemakainya. Pada bagian dasbor, terdapat panel instrumen yang tergabung jadi satu dengan head unit touch screen berukuran 12,3 inci. Dengan itu pengaturan AC pun sudah digital.

Selain itu, turut disematkan fitur-fitur kenyamanan lain mulai dari vision roof, pendingin jok, pintu bagasi dengan sistem hands-free, air purifier, hingga sistem speaker BOSE 8 titik pada setir kemudi.

Untuk fitur keselamatan aktif unggulan Hyundai dapat di temui pada mobil ini, khususnya varian Signature. Namun, sorotan besar di tujukan pada teknologi Vehicle to Load (V2L) yang dihadirkan untuk pertama kalinya di mobil listrik Hyundai.

Baca Juga :  Spesifikasi dan Harga Toyota Fortuner Terbaru

Listrik dari mobil ini pun bisa di salurkan ke berbagai barang elektronik, baik untuk penggunaan di dalam ataupun di luar mobil.

Harga

Ioniq 5 di Indonesia hadir dalam dua varian kemewahan, yaitu Prime dan Signature. Lalu masing-masing dari varian tersebut tersedia dalam dua jenis baterai, Standard Range dan Long Range. Sehingga totalnya ada 4 varian dan dipasarkan dengan rentang harga Rp 718 juta hingga Rp 829 juta.

Menurut harga resmi PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mobil listrik Hyundai IONIQ 5 :

1. Hyundai IONIQ 5 Prime Standard Range – Rp 718 juta

2. Hyundai IONIQ 5 Prime Long Range – Rp 759 juta

3. Hyundai IONIQ 5 Signature Standard Range – Rp 729 juta

4. Hyundai IONIQ 5 Signature Long Range – Rp 829 juta.

Hyundai Ioniq 5 Mobil Listrik Terlaris Awal 2023

Hyundai ioniq 5
Instagram.com/hyundaisverige

Berdasarkan dari data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), pada April 2023 volume penjualan wholesale mobil listrik berbasis baterai atau battery electric vehicle (BEV) di pasar domestik mencapai 1.285 unit. Selama periode Januari-April 2023 angka penjualan wholesale mobil listrik BEV mencapai 3.086 unit.

Baca Juga :  8 Rekomendasi Mobil Listrik Cocok untuk Keluarga di 2023

Selama periode tersebut, jika di akumulasikan mobil listrik BEV yang mencapai angka penjualan wholesale tertinggi adalah Hyundai Ioniq 5 Signature Extended, urutan selanjutnya Wuling Air EV Long Range. Berdasarkan mereknya pada periode Januari-April 2023, berikut rincian volume penjualan wholesale mobil listrik BEV di Indonesia :

Hyundai Ioniq 5 Signature Extended: 1.511 unit

Wuling Air EV Long Range: 987 unitp

Hyundai Ioniq 5 Prime Extended: 138 unit

Hyundai Ioniq 5 Signature Reguler: 96 unit

BMW iX xDrive40 A/T: 83 unit

Toyota BZ4X EV: 64 unit

Nissan Leaf: 35 unit

Lexus UX 300e: 29 unit

Mercedes-Benz Pc EQS 450+ (V297): 24 unit

DFSK Gelora EC36 Mini Bus 1.5 (4X2) A/T: 23 unit

Mini Cooper SE Hatch A/T: 23 unit

KIA EV6: 20 unit

BMW i440 Gran Coupe A/T: 16 unit

DFSK Gelora EC35 Blind Van (4X2) A/T : 16 unit

Mitsubishi Motors Minicab Miev 4-Seater 4X2 A/T: 5 unit

Morris Garage ZS EV: 3 unit

Wuling Air EV Standard Range: 2 unit

Mitsubishi Motors Minicab Miev 2-Seater 4X2 A/T: 1 unit

 

Mazida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Dapatkan Promo Paket Wisata Jogja dan juga Sewa Bus Jogja di HeppiTrip.com