Mobil

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil Listrik

Membeli mobil listrik bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi polusi udara. Kendaraan jenis ini menggunakan energi seperti listrik, sehingga tidak menimbulkan emisi. Faktor inilah yang membuat mobil listrik dinilai lebih ramah lingkungan dan cocok di gunakan di wilayah perkotaan.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membelinya, ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan untuk mempersiapkan guna merawatnya dengan baik.

Nah berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli mobil listrik.

beli mobil listrik
Instagram.com/wuling_cibubur_motor

 

Daftar Isi :

1. Harap Perhatikan Jarak Tempuh

Membeli mobil listrik tidak terlalu berbeda dengan membeli mobil konvensional pada umumnya, dan calon pembeli kendaraan listrik juga harus mempertimbangkan jangkauan kendaraan listrik ini.

Perhatikan seberapa jauh kendaraan listrik dapat berjalan dengan sekali pengisian daya. Selain itu, pastikan juga kebiasaan berkendara Anda mulai dari kecepatan, rute perjalanan hingga penggunaan AC karena hal ini memengaruhi tenaga dan jangkauan kendaraan listrik.

2. Harus Memastikan Daya Listrik Rumah Cukup

Calon pembeli kendaraan listrik masa depan juga harus memperhatikan kemampuan penyediaan listrik di rumah. Hal ini karena adanya kebutuhan untuk mengisi daya di rumah dari mobil yang akan mereka beli nantinya. Untuk saat ini, yang masih memiliki daya 1300 VA dan 900 VA sebaiknya menambah pasokan listrik atau memasang saluran baru PLN khusus untuk pengisian mobil listrik.

Ini guna memastikan arus listrik di dalam rumah tidak terganggu saat kendaraan listrik sedang mengisi daya. Untuk dapat mengisi baterai motor listrik, dibutuhkan sumber listrik rumah tangga minimal 900 VA. Di sisi lain, sumber listrik domestik yang direkomendasikan untuk pemasangan stasiun pengisian daya mobil listrik adalah 2.200 VA atau lebih.

3. Perlunya Mengetahui Lokasi SPKLU

Bagi pengguna kendaraan listrik, hal ini sangat penting untuk diketahui. Peran Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) bagi pengguna kendaraan listrik menjadi sangat penting ketika kendaraan listriknya perlu di-charge di luar rumah. Untuk menghindari kerusakan, pastikan untuk mengecek Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) atau stasiun pengisian yang mudah dijangkau dari daerah Anda.

Juga, cari tahu di mana stasiun pengisian daya berada di dekat kantor, pusat perbelanjaan, atau tempat-tempat lain yang sering Anda kunjungi. Selain SPKLU, juga terdapat Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU). Secara umum, SPLU dan SPKLU merupakan stasiun pengisian kendaraan listrik. SPLU dapat Anda gunakan untuk berbagai macam kebutuhan, mulai dari pengisian baterai sepeda motor hingga kebutuhan pedagang kaki lima, sedangkan SPKLU hanya khusus untuk pengisian aki kendaraan listrik.

Baca Juga :  Perlu Diketahui! Perbedaan Toyota Yaris Cross Tipe G, S, Dan Juga S HV
instagram.com/lugnutz_aj

4. Harap Perhatikan Masa Garansi

Garansi pada kendaraan listrik perlu mendapat perhatian khusus, terutama masa garansi baterai. Setiap pabrikan menawarkan masa garansi yang berbeda untuk setiap jenis kendaraan. Perhatikan masa garansi untuk mengantisipasi kejadian tak terduga yang mungkin terjadi akibat perubahan kapasitas dan kualitas baterai dari waktu ke waktu.

5. Pastikan Melakukan Transaksi di Dealer Terpercaya

Calon pembeli diharapkan membeli kendaraan listrik baik roda dua maupun roda empat dari gerai  yang memiliki layanan purna jual yang baik. Pastikan mobil atau motor listrik yang Anda beli memiliki garansi penuh dan layanan purna jual yang mudah di akses. Ini akan memberikan ketenangan pikiran bagi pengguna kendaraan listrik tentang pemeliharaan dan perbaikan di masa mendatang.

 

Cholida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Jasa Pariwisata heppitrip.com menyediakan sewa bus jogja murah.