Wisata kulineran

10 Rekomendasi Kuliner Solo yang Wajib Anda Coba!

Kelezatan kuliner Solo memang sudah tidak diragukan lagi, jika Anda berkunjung ke kota yang mempunyai slogan “Spirit of Java” ini, berikut 10 tempat wisata kuliner di Solo yang patut Anda coba. Penasaran apa saja sajian kuliner tersebut? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

Daftar Isi :

1. Selat Solo Mbak Lies

kuliner solo selat mbak lies
foto: instagram.com/selat.mbaklies

Anda pasti sudah tidak asing dengan kuliner Selat Solo? Selat Solo merupakan masakan olahan yang terdiri dari potongan daging sapi giling yang bercapur dengan wortel, selada, buncis, kentang, dan kacang polong. Selat Solo disajikan dengan kuah kental yang memiliki rasa manis dan asin yang sangat khas. Salah satu kuliner Selat yang terkenal yaitu selat Mbak Lies di Jalan Veteran Gang Yudistira Cerengan Solo. Rasanya dijamin benar-benar lezat dan bikin ketagihan.

2. Timlo Sastro

kuliner solo timlo sastro
foto: instagram.com/timlosastro.id

Timlo sudah menjadi jajanan khas Solo yang mudah kita temukan di mana saja. Dari warung pinggir jalan kecil hingga banyak restoran yang menyajikan makanan tradisional ini. Namun salah satu warung Timlo yang paling legendaris adalah Timlo Sastro yang sudah ada sejak tahun 1952. Timlo sendiri merupakan sajian berupa sop ayam yang diisi dengan wortel, sosis hati, sosis, kentang dan ayam. Sangat cocok dipadukan dengan kerupuk kulit .

Baca Juga :  Makanan Khas Brebes Wisata Kuliner Maknyus

3. Soto Gading Alun – Alun Selatan

kuliner solo soto gading alun-alun
foto: instagram.com/shikirayaunisia

Saat berkunjung ke Solo, Anda bisa mencoba salah satu jajanan kuliner yang paling populer yaitu Soto Gading yang lokasinya di dekat Alun-alun kidul Solo. Di antara sekian banyak warung soto yang terkenal, warung soto ini yang paling banyak pelanggannya. Nasi putih bercapur dengan mie soon dan irisan daging ayam. Kuahnya yang bening, kaya rasa rempah-rempah, akan membuat pagi Anda terasa lebih hangat dan meningkatkan semangat untuk beraktifitas.

4. Bale Padi Resto

foto: instagram.com/balepadi_resto

Bale Padi Resto yang berlokasi di Jalan Kadilangu Baki Pandeyan adalah wisata kuliner lain yang wajib Anda kunjungi di Solo. Paling enak menyantapnya bersama keluarga di tengah angin sejuk yang memanjakan suasana. Uniknya, restoran ini menyajikan berbagai macam hidangan berbeda di pagi dan sore hari. Dari pagi hingga sore, biasanya tersaji dengan empal gepuk, tahu goreng, oseng tempe pare, dan gulai kakap. Pada saat yang sama, olahan seafood yang sangat enak ada di malam hari.

5. Serabi Notosuman

kuliner solo serabi notosuman
foto: instagram.com/srabinotosuman

Serabi sudah lama menjadi makanan tradisional favorit warga Jawa Tengah, Solo tidak terkecuali. Ada satu kedai serabi legendaris yang wajib Anda coba saat berkunjung ke kota ini: Serabi Notosuman namanya, di Jalan Moh Yamin. Sajian kuliner yang terbuat dari campuran tepung beras dan santan ini selalu ramai peminat meski hanya tersedia dalam dua varian rasa yaitu original dan coklat.

6. Es Dawet Telasih Milik Bu Dermi

foto: instagram.com/markidyang

Dengan cuaca Solo yang relatif panas, pastikan untuk mencoba kesegaran es Dawet Telasih Bu Dermi. Cukup merogoh kocek 13 ribu saja sudah bisa menikmati semangkuk es dawet popular ini bercapur dengan bubur sumsum, beras ketan hitam, pita, cendol dan biji telasih.

7. Es Gempol Pleret

foto: instagram.com/koleksi_lemak

Selain Es Dawet, Es Gempol Pleret Pak Suhar juga menjadi kuliner yang harus Anda kunjungi di Solo. Berlokasi di Jalan Dr. Wahidin. Gempol sendiri merupakan tepung beras yang bentuknya lingkaran pipih. Pleret, di sisi lain, adalah pasta tepung beras yang bercampur dengan gula aren. Gempol dan Pleret dicampur menjadi satu dan disiram dengan kuah es.

8. Sate Kere Yu Rebi

foto: instagram.com/lindachristiani

Bagi Anda yang menyukai sate, Sate Kere Yu Rebi bisa menjadi destinasi kuliner saat berkunjung ke Solo. Sate ini terbuat dari jeroan sapi dengan harga yang sangat terjangkau berbanding dengan dagingnya tentunya. Seperti sate pada umumnya, sate Kere tersaji dengan lontong dan bumbu kacang.

9. Nasi Liwet

foto: instagram.com/hulmegram

Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Solo tanpa mencoba kuliner khas kota Kraton ini. Nasi liwet adalah hidangan nasi putih yang lezat dengan labu kuning, telur rebus, dan ayam suwir yang menjadi favorit warga Solo. Salah satu stan nasi liwet yang paling populer adalah Warung Nasi Liwet Wongso Lemu yang sudah beroperasi sejak tahun 1950.

Baca Juga :  Makanan Khas Rembang dan Harganya

10. Tahu Kupat Pak Brewok

foto: instagram.com/kuliner.neng.solo

Wisata kuliner di Solo ini hadir dalam bentuk ketupat yang bercampur dengan irisan kol, buncis, tahu goreng, dan mie kuning. Dengan kuah kecap dan air bawang memiliki rasa yang sangat istimewa. Wajib mencoba Tahut Kupat Pak Brewok di Jalam R.M Said.

Itu lah beberapa kuliner yang wajib Anda coba saat berkunjung ke kota Solo. Selamat mencoba!

Cholida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Jasa Pariwisata heppitrip.com menyediakan sewa bus jogja murah.