BukitTempat WisataWisata PuncakYogyakarta

Indahnya Pemandangan Hutan Pinus Mangunan dan Harga Tiket Masuk 2023

Yogyakarta dengan sejuta pesonanya kini hadir memperkenalkan kawasan hutan pinus. Hutan pinus mangunan yang merupakan hutan lindung dan juga merupakan kawasan ekowisata. Tempat ini sangat cocok untuk menghilangkan penat dan melarikan diri dari kebisingan kota.

Deretan pohon pinus yang menjulang tinggi, dan kenyamanannya berpadu dengan alam. Pengunjung seolah terbawa suasana seperti berada di film Hollywood Twilight. Itu sebabnya para remaja menyukai hutan pinus Mangunan, selain lokasi Instagramable, kesan romantis pun akan Anda dapatkan.

Daftar Isi :

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan 2023

Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk yang cukup ramah di kantong. Harga tiket masuknya hanya Rp 5.000. Tak heran, pengunjung tak pernah terlewat untuk mampir ke wisata ini sejak pertama buka pada 2014 lalu.

Jam Buka 

Kawasan hutan wisata hutan pinus buka setiap hari. Dengan jam buka mulai pukul 06.00 pagi hingga 18.00 WIB.

Aktivitas Menarik di Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Hutan Pinus Mangunan merupakan kawasan resort pengelolaan hutan yang terletak di Mangunan. Lokasinya berada di dekat Makam Imogiri, juga dikenal sebagai Hutan Pinus Imogiri. Meski secara administratif kawasan itu bukan milik Daerah Imogiri.

foto: instagram.com/hutanpinusmangunan

Hutan pinus seluas 500 Ha ini dikelola oleh masyarakat setempat. Pengunjung akan disambut dengan pepohonan pinus dan udara yang sejuk. Daerah ini masih relatif steril dari sampah.

Lingkungan asri dan bersih sangat cocok untuk wisata keluarga. Jika Anda berkunjung ke kawasan ini, jangan lupa membawa jaket atau payung. Destinasi wisata outdoor mengharuskan pengunjung untuk waspada saat hujan turun.

1. Lokasi Instagramable Incaran Wisatawan

Belum lengkap rasanya jika belum berfoto dengan latar belakang hutan pinus. Terutama bagi mereka yang ingin mengunggah foto ke Instagram. Daerah ini menjadi tujuan anak muda yang mencari spot foto terbaik.

Tersedia beberapa spot foto seperti rumah pohon dan panggung alam sederhana. Panggung alam ini terletak di tengah hutan pinus, dan bangunannya terbuat dari kayu.

Bisa juga dijadikan untuk acara sekolah alam. Dilengkapi dengan gardu pandang yang tinggi. Di sini pengunjung harus naik untuk berfoto selfie dengan maksimal 2 orang yang diperbolehkan berada di atas.

Baca Juga :  Ciwidey Valley Resort : Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

2. Nikmati pemandangan dari tempat tidur gantung

Pengunjung yang lelah mengitari hutan pinus dapat menikmati keindahan alam dengan cara lain. Di sini Anda bisa menyewa hammock dengan harga yang relatif murah. Hanya dengan Rp 10.000, pengunjung bisa bersantai sambil berbaring menikmati rindangnya pepohonan.

Kegiatan ini merupakan salah satu yang paling pengunjung sukai karena menjadi trend di kalangan wisatawan. Hammock berwarna-warni yang warnanya kontras dengan latar belakang hutan pinus.

3. Taman Bunga

spot foto di hutan pinus mangunan
foto: instagram.com/hutanpinusmangunan

Di sebelah selatan kawasan hutan pinus terdapat pemandangan yang tak kalah bagusnya. Hanya berjalan di sepanjang jalan, pengunjung bisa melihat bunga berwarna-warni. Panorama alam terbuka mengarah ke perbukitan di bagian selatan Yogyakarta.

Namun di bagian ini pemandangan hutan pinus tidak begitu terlihat. Berfoto di area taman bunga menunjukkan sisi feminim. Tidak heran lebih banyak perempuan yang berfoto di area ini.

4. Berkemah di Tengah Hutan Pinus

Berkemah di hutan pinus mangunan
foto: instagram.com/hutanpinusmangunan

Bagi pengunjung yang ingin merasakan malam di tengah hutan pinus, jangan khawatir. Pasalnya, pengelola kawasan ini menawarkan tempat khusus untuk berkemah. Selain itu, tersedia pula persewaan jip wisata sehingga Anda dapat merasakan suasana off-road di sekitar tempat tersebut.

Baca Juga :  Pantai Mabak : Lokasi dan harga Tiket Masuk

Fasilitas 

Demi kenyamanan pengunjung, pihak pengelola menawarkan berbagai layanan pendukung. Mulai dari tempat parkir, warung makan, toilet, ruang ganti hingga mushola. Kedepannya, kawasan Hutan Pinus akan meningkatkan pelayanan wisata. Sehingga menarik pengunjung dari segala usia.

Lokasi

Berkendara ke lokasi Kawasan Wisata Hutan Pinus memakan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Yogyakarta. Terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Kurang lebih 24 km dari pusat kota Yogyakarta.

Cholida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Dapatkan Promo Paket Wisata Jogja dan juga Sewa Bus Jogja di HeppiTrip.com