Oleh-oleh khasWisata kulineran

5 Rekomendasi Lumpia Khas Semarang, Wisata Kuliner Legendaris

Semarang menjadi salah satu kota yang  mempunyai banyak ragam kuliner yang menarik. Salah satu kuliner khas yang ada di kota ini yaitu, lumpia. Saking legendarisnya, ibu kota Jawa Tengah ini dijuluki sebagai Kota Lumpia.

Lumpia sebagai nama makanan yang kita kenal, berasal dari kata Loenpia atau dieja lun pia. Kata tersebut merupakan serapan dari kata dialek bahasa Cina Hokkian run bing yang kemudian bersinergi dengan bahasa Jawa lum ping (kulit) menjadi lumpia. Lumpia khas Semarang sendiri bahan utamanya rebung, dengan rasanya yang gurih manis dan dimakan dengan saus kental agak manis dengan acar mentimun, cabai rawit, dan daun bawang.

Nah layaknya berbagai kuliner khas kota lainnya, tentunya makanan tersebut akan lebih otentik bila membelinya di tempat aslinya. Begitu pula dengan makanan ini, lumpia yang kita beli langsung di Semarang akan terasa lebih nikmat.

Berikut adalah rekomendasi lumpia Semarang legendaris yang bisa anda datangi:

Daftar Isi :

Lunpia Cik Me Me

Cik me me
Instagram.com/lunpiacikmeme

 

Sudah berdiri lebih dari 150 tahun, Lunpia Cik Me Me di dirikan sejak tahun1870 yang dirintis oleh sepasang suami istri, Tjoa Tjay Joe dan Mbok Wasie. Lunpia Cik Me Me ini menjadi pelopor lumpia halal yang memiliki variasi menu yang beragam.

Adapun varian yang ditawarkan yaitu Lunpia Plain, Lunpia Original, Lunpia Kambing Jantan Muda, Lunpia Rasa Jamur Nusantara, Lunpia Fish Kakap, Lunpia Crab, hingga Keripik Lunpia di Lunpia Cik Me Me.

Untuk harga Lunpia Cik Me Me dijual mulai dari harga Rp 12.000 hingga Rp 29.000 per satu buah lumpia. Selain itu, untuk keripik lumpia harganya mulai Rp 12.000 untuk ukuran 32 gram dan Rp 45.000 untuk ukuran 125 gram.

Lunpia Cik Me Me buka buka setiap hari mulai pukul 05.00-22.00 WIB. Dan alamat Pusat Lunpia Cik Me Me berada di Jalan Gajahmada Nomor 107, Miroto, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Loenpia Mbak Lien

Loempia Mbak lien Lumpia Khas Semarang
Instagram.com/loempiambaklien_

Loenpia Mbak Lien sudah berdiri sejak tahun 1930. Lokasinya tak jauh dari Simpang Lima Semarang, diketahui sudah dikelola oleh generasi kelima.

Baca Juga :  Kuliner Jogja Tersembunyi Yang Banyak Diburu Wisatawan!

Lumpia yang dijual di Loenpia Mbak Lien ini juga memiliki dua macam yakni lumpia basah dan lumpia goreng. Dengan berbagai macam pilihan rasa di antaranya adalah Original Special Isi Udang dan Ayam, Loenpia Seafood, dan Loenpia Western.

Satu buah lumpia di Loenpia Mbak Lien dijual dengan kisaran harga Rp 19.000-an hingga Rp 26.000-an. Alamatnya berada di Jalan Pemuda, Gang Grajen Nomor 1, Pandansari, Kecamatan Semarang Tengah, semarang.

Loenpia Mbak Lien buka setiap hari mulai pukul 08.00-21.30 WIB.

Lunpia Mataram

Lunpia mataram
Instagram.com/maknyusfood

Selanjutnya Lunpia Mataram, yang terkenal di Semarang  sudah berdiri sejak 1984. Tak berbeda dengan lumpia lainnya, Lunpia Mataram juga memiliki pilihan lumpia basah dan lumpia goreng.

Lumpia milik Lunpia Mataram ini bisa tahan 8-20 jam sehingga cocok dijadikan oleh-oleh. Dikemas menggunakan besek, Lunpia Mataram  dijual dengan harga sekitar Rp 15.000 untuk satu buah lumpia.  Alamatnya berada di Jalan Pandanaran Nomor 29A, Randusari, Kecamatan Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah. Lunpia Mataram buka setiap hari mulai pukul 05.30-21.00 WIB.

Baca Juga :  Makanan Khas Sleman dan Harganya

Loempia Lanny

Lumpia lanny
Instagram.com/lumpualanny.smg

Loempia Lanny yang juga dikenal sebagai tempat makan lumpia legendaris di Semarang yang sudah berdiri sejak 1988. Varian yang disajikan di Loempia Lanny yaitu Lumpia Ori Sedang, Lumpia Ori Besar, Lumpia Special, Lumpia Seafood, Lumpia Spicy, dan Lumpia Kepiting. Selain itu, saat ini Loempia Lanny juga hadir dalam bentuk lumpia frozen, namun hanya tersedia varian Lumpia Ori Sedang, Lumpia Kepiting, Lumpia Special, dan Lumpia Seafood.

Satu buah lumpia goreng Loempia Lanny dibanderol dengan harga mulai Rp 10.000-Rp 18.000, dan lumpia frozen seharga Rp 45.000-Rp 55.000. Tempat ini buka setiap hari, mulai pukul 07.00-21.00 WIB. Alamat lokasi Loempia Lanny berada di Jalan Kampung Plampitan Nomor 81, Kembangsari, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Lunpia Gang Lombok

Lumpia gang lombok lumpia khas semarang
Instagram.com/kho_shasha

Lunpia Gang Lombok kerap juga sering disebut sebagai pelopor penjual lumpia di Semarang. Sebab warung makan lumpia ini diperkirakan sudah berdiri sejak seabad yang lalu.

Selain cita rasanya yang enak, Lunpia Gang Lombok mempunyai keunggulan racikannya yang tidak amis. Di tempat ini tersedia lumpia basah atau lumpia goreng dengan rasa ayam atau udang.

Baca Juga :  Makanan Khas Rembang dan Harganya

Harga satu buah Lunpia Gang Lombok dijual mulai Rp 20.000.  Buka setiap hari mulai pukul 07.00-17.00 WIB. Lunpia Gang Lombok berada di Gang Lombok Nomor 11, Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Mazida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles