Wisata kulineranYogyakarta

Kuliner Jogja Tersembunyi Yang Banyak Diburu Wisatawan!

Yogyakarta merupakan kota yang tak ada habisnya jika membicarakan tempat wisata dan kulinernya. Terlebih banyak kuliner jogja tersembunyi yang masih belum diketahui banyak orang.

Wisata kulinernya memiliki cita rasa tersendiri, dengan tempatnya yang legendaris, hits, dan harganya yang terjangkau.

Tak sedikit pula tempat-tempat ini berada di lokasi yang tidak mudah dijangkau atau disebut dengan mblusuk. Akan tetapi tetap ramai dan banyak pecinta kuliner cari. Rasa yang sudah teruji dan layanan yang bersahabat mungkin menjadi kunci larisnya kuliner ini. Walaupun berada pada gang-gang kecil atau masuk ke dalam kampung.

Daftar Isi :

Gudeg Pawon

kuliner jogja tersembunyi gudeg pawon
Instagram.com/jogjafood

Kuliner Jogja tersembunyi yang pertama yaitu Gudeg Pawon. Gudeg ini didirikan oleh pak Prapto Widarso sejak 1958. Lokasinya berada pada sebuah lorong di JL. Janturan UH/IV nomor 36, warung boto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Warung gudeg ini mendapat sebutan Gudeg Pawon karena melayani pembelinya langsung di dalam dapur alias pawon.

Gudeg ini sangat terkenal hingga antrean sudah terlihat satu jam sebelum warung di buka. Ada juga pembeli yang rela menunggu dari pukul 20.00, hanya demi merasakan kenikmatan satu porsi gudeg padahal warung buka pada jam 22.00. Dan jika tidak segera antri, sering kali didapati gudeg sudah habis dulu sebelum satu jam setelah jam operasional.

Untuk harganya meskipun termasuk salah satu gudeg legendaris di Jogja, menu makanannya mempunyai harga yang terjangkau. Misal nasi gudeg krecek, lauk telor, daging ayam sekitar Rp. 11.000 hingga Rp. 24.000 per porsi tergantung jumlah lauk dan ukuran porsi. Sedangkan menu minuman dibandrol dengan harga sekitar Rp. 2.000 sampai Rp. 5.000 per gelasnya.

Lele Mangut Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto merupakan salah satu tempat yang legendaris di Jogja. Mangut Lele Mbah Marto mulai dijual sejak tahun 1960 an. Mbah Marto sendiri dikatakan sudah berjualan nasi lauk mangut lele sejak masih belia dan konsiten hingga saat ini.

kuliner jogja tersembunyi mangut lele mbah marto
Instagram.com/kerigit

Awalnya Mbah Marto dulu berjualan keliling, kemudian di tahun 1989 mulai berjualan di rumahnya sendiri. Tempat makan mangut lele legendaris ini lokasinya berada di antara rumah-rumah sederhana kawasan perkampungan.

Dari arah Kota Yogyakarta, dapur asli Mangut Lele Mbah Marto ini berada di Jl. Sewon Indah RT 04, Ngireng-ireng, Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Uniknya konsep “self service” ada di sini. Di mana pembeli bisa dengan bebas mengatur porsi nasi dan memilih lauk-pauk yang akan mereka santap. Untuk harganya semua mulai dengan harga yang murah. Seporsi nasi dengan lauk mangut lele hanya seharga sekitar Rp10.000 saja, dan jika paket lengkap dengan lauknya yaitu sekitar Rp25.000.

Baca Juga :  Heha Sky View | Lokasi, Fasilitas, dan Harga Tiket Masuk 2023
Instagram.com/ariyanakiza

Bakmi Mbah Gito

Kuliner Jogja tersembunyi yang ke dua yaitu Bakmi Mbah Gito, ini juga merupakan tempat kuliner yang ramai dan banyak di cari olek pecinta kuliner. Tidak hanya para ada pula pembeli yang berasal dari dalam kota, namun pembeli dari luar kota juga sangat banyak. Hal ini bisa terbukti dengan plat-plat nomor kendaraan yang datang berasal dari luar kota Jogja.

Instagram.com/bangkid182

Bakmi Mbah Gito berlokasi di Jl. Nyi Ageng Nis No.9, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Harga bakmi di sini mulai dari Rp 30.000/ porsi. Tidak hanya bakmi saja, namun di sini menyajikan kuliner lain seperti nasi goreng, ayam rica-rica hingga capcay pun tersedia.

Sambel Welut Pak Sabar

kuliner jogja tersembunyi sambel welut pak sabar
Instagram.com/gatutwahyudii

Tidak hanya gudegnya yang melegenda, Sambel welut Pak sabar juga menjadi salah satu kuliner melegenda di Jogja. Warung samb welut ini terletak di Jalan Imogiri Barat, Km. 6, Tamanan, Bantul, Yogyakarta.

Cerita awal mula berdirinya yaitu Pak Sabar yang membangun usahanya dari nol pada tahun 1998. Sebelumnya Pak Sabar sempat juga membuka warung angkringan.

Baca Juga :  Watu Payung Turunan : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Harga makanan yang disajikan mulai dari Rp.5.000. Sambal belut dengan harga Rp.130000/kg. Harga minuman mulai dari Rp.4000.

Mazida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Dapatkan Promo Paket Wisata Jogja dan juga Sewa Bus Jogja di HeppiTrip.com