Beranda Mobil 5 Keuntungan Beli Mobil Bekas “Tangan Pertama”

5 Keuntungan Beli Mobil Bekas “Tangan Pertama”

0

Kalau Anda perhatikan dalam iklan penjualan mobil, sering kita menjumpai kata-kata “mobil tangan pertama”, sebagai salah satu daya tarik bagi para konsumen. Seolah kata-kata itu menjadi sebuah jaminan kalau mobil yang ditawarkan kondisinya lebih baik.

Lucu memang. Dengan logika seperti itu, artinya seberapapun usia mobil, asalkan baru saja lepas dari pemilik pertamanya, tetap jadi nilai plus tersendiri. Padahal, status kepemilikan sebelumnya belum tentu jadi jaminan kalau kondisi mobil masih baik.

DAFTAR ISI

Ini dia kira-kira keuntungan dan kerugian membeli mobil dari tangan pertama.

1. Riwayat mobil lebih jelas

Tak bisa kita pungkiri, kondisi mobil berkaitan erat dengan perlakuan dari pemilik sebelumnya. Baik menyangkut hal perawatan maupun cara pemilik menggunakan mobilnya sehari-hari.

Dari mobil “tangan pertama” setidaknya kita dapat mengira-ngira, bagaimana kebiasaan pemilik mobil sebelumnya, karena kita bertemu langsung. Apalagi jika ternyata pemilik tersebut cukup apik dalam merawatnya. Hampir dapat dipastikan kondisi mobil dalam kondisi yang baik.

2. Tahu kekurangan dari sisi teknis

Kata orang, setiap mobil kadang memiliki problemnya sendiri. Apa yang menjadi penyakit di sebuah mobil, tidak terjadi di mobil lain, walau merek bahkan tahun pembuatannya sama.

Jika pemilik mau mengatakan sejujurnya, biasanya ia akan memberi tahukan masalah yang kerap terjadi pada mobilnya. Masalah itu bisa kecil maupun besar, tapi setidaknya kita bisa tahu cara untuk mengatasinya. Lebih baik lagi jika kita punya solusinya agar tidak lagi menjadi masalah.

Baca juga:6 Indikasi Problem Pada Rem Mobil Bekas

3. Tahu bengkel atau mekanik langganan

Sebuah mobil umumnya memiliki bengkel langganan atau mekanik yang biasa menanganinya. Selain memiliki catatan servis, bengkel semacam ini juga tahu riwayat perawatan mobil dan cara mengatasi sejumlah kendala pada mobil langganannya itu.

Berdasarkan informasi dari pemilik sebelumnya, kita cukup datang ke bengkel tersebut untuk perawatan. Dari catatan servis selama ini kita juga bisa memastikan tentang kondisi mobil semenjak baru.

4. Surat-surat kendaraan lebih terjamin

Mobil dari tangan pertama, umumnya mempunyai surat-surat kendaraan yang lebih jelas legalitasnya. Tentunya bila dibandingkan dengan mobil yang sudah beberapa kali berganti pemilik. Kadang seringnya berpindah tangan menjadikan beberapa dokumen tercecer.

Salah satu dokumen yang dapat menambah nilai jual ialah faktur pembelian. Walau tidak selalu diperlukan, namun dokumen semacam ini berguna saat pengurusan surat-surat di kepolisian. Mobil tangan pertama umumnya masih menyimpan faktur pembelian yang masih orisinil.

5. Kondisi mobil relatif orisinil

Memang tidak semua mobil tangan pertama masih pada kondisi orisinil. Ada kalanya pemilik sebelumnya juga memiliki hobi mengutak-atik mobil atau malah dimodifikasinya. Namun jika memang ada perubahan, pemilik biasanya masih menyimpan parts aslinya.

Orisinalitas pada penjualan mobil bekas merupakan salah satu nilai plus. Mobil yang masih kondisinya masih orisinil, secara psikologis membuat pembeli serasa mendapat mobil yang masih baru.

Baca juga :Sewa Mobil Jogja di Genjos Holiday

Kata-kata “tangan pertama” memang tidak dapat menjadi jaminan bahwa kondisi mobil selalu dalam keadaan baik. Namun setidaknya dari kondisi ini, kita lebih dapat memastikan kondisi mobil idaman, karena kita mungkin sempat bertemu bahkan berbincang dengan pemilik mobil sedari baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here