Wisata Air

Telaga Menjer Wonosobo: Harga Tiket, Jam Buka, Rute, dan Fasilitas

Daftar Isi :

Cerita Sekilas Tentang Telaga Menjer

Telaga Menjer terbentuk akibat letusan Gunung Pakuwaja di masa lampau. Sebelum letusan, danau ini hanyalah sebuah aliran kecil. Yang kemudian akan mengembang saat hujan.

Pada tahun 1980, Telaga kehabisan air karena kecenderungan kebocoran pada bagian dasar. Kemudian dengan bantuan para ahli Rusia untuk mengatasi masalah ini. Selain itu, pembangunan pembangkit listrik tenaga air dengan bantuan tenaga ahli dari Jepang.

Sedangkan menurut masyarakat, telaga ini ditemukan oleh penduduk Desa Menjer. Sehingga namanya menjadi Telaga Menjer, padahal kawasan itu berada di Desa Maron.

Untuk memasuki tempat wisata yang indah ini, dikenakan biaya masuk yang cukup murah. Tidak ada perbedaan harga untuk hari kerja atau akhir pekan. Juga termasuk, tidak ada perbedaan untuk harga orang dewasa dan anak-anak.

foto: instagram.com/kelilingwonosobo

Harga Tiket Masuk Telaga Menjer

Tiket MasukRp5.000
Tiket Naik Gethek Per OrangRp20.000

Harga Tiket Kendaraan

Roda 2Rp3.000
Roda 4Rp5.000
BusRp10.000

Rute Telaga Menjer

Telaga Menjer berdekatan dengan kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng dan kawasan Wonosobo. Jarak antara Telaga Menjer dan Dieng sekitar 15 km dengan waktu tempuh sekitar 40 menit. Perjalanan ke Telaga Menjer dari Dieng bisa dilakukan melalui Jalan Dieng dan Jalan Desa Serang. Sedangkan jarak dari Telaga Menjer ke Alun-alun Wonosobo sekitar 10,7 km dengan waktu tempuh 24 menit. Perjalanan menuju Telaga Menjer dari Alun-alun Wonosobo dapat dilakukan melalui Jalan KH Abdurrahman Wahid, Jalan Dieng dan Jalan Indah Syachar.

Jam Buka Telaga Menjer

Kawasan wisata ini buka setiap hari. Namun, alangkah baiknya jika Anda datang pada pagi hari. Karena sering berkabut di sore hari, jarak pandang tidak jelas.

Jam Buka

Setiap Hari      08.00 – 17.00

Daya Tarik Telaga Menjer

Pemandangan Alam Menakjubkan 

Telaga Menjer
foto: instagram.com/wonosobo.berfoto

Selama perjalanan menuju destinasi wisata, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang indah. Pepohonannya begitu indah, seperti menyambut kedatangan pengunjung. Seiring dengan pemandangan pedesaan dapat dilihat dari sini.

Cholida

Baca Juga :  Umbul Ponggok : Tempat Wisata Menarik di Klaten
1 2Laman berikutnya
Baca juga konten kami di:
Komentar:
Array

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles