MobilTips Mobil

Rekomendasi Mobil Tua Irit BBM, Cocok Untuk Anak Muda

Mobil tua sering dicap memiliki konsumsi BBM yang boros. Padahal sebenarnya masih banyak berbagai mobil tua namun tetap irit BBM.

Jika melihat beberapa tahun belakangan, banyak anak muda yang menggemari mobil tua untuk aktifitas sehari-hari. Ini yang membuat harga mobil tua semakin lama semakin mahal.

bagi anak muda, salah satu hal yang perlu diperhatikan saat bermain mobil tua adalah BBM. Maklum saja, mereka notabene masih mengenyam pendidikan di perkuliahan atau sekolah menengah atas.

Sehingga, mobil tua yang irit BBM tentu saja menjadi incaran mereka. Lalu, apakah ada mobil tua tapi yang irit BBM?

Pertanyaan semacam itu sering keluar dari mereka yang awam mengenai mobil tua. Padahal ada berbagai mobil tua yang irit BBM.

Berikut adalah daftar tentang mobil tua yang mempunyai konsumsi BBM cukup irit. Yuk simak!

Rekomendasi Mobil Tua dengan Konsumsi BBM Irit

Toyota Starlet

instagram.com/engineplus_motorsports

Rekomendasi pertama mobil tua yang irit BBM  yaitu Toyota Starlet. Di Indonesia mobil ini dibekali dengan 2 pilihan mesin yang terdiri dari 1.000 cc, 4 silinder dan 1.300 cc, 4 silinder.

Di atas kertas, penggunaan BBM Toyota Starlet ini sangat irit. Menurut penggunanya, angka konsumsi mobil ini bisa mencapai 1:10 hingga 1:13 km/liter.

Selain konsumsi BBM yang irit, Toyota Starlet mempunyai harga suku cadang yang murah.

Toyota All New Corolla

instagram.com/garasi.klasik

Selanjtnya ada Toyota All New Corolla yang sudah ada sejak tahun 1995. Jika melihat dari usianya, Toyota All New Corolla masuk ke dalam bagian mobil tua yang irit BBM.

Baca Juga :  Mudik Aman dan Nyaman dengan Bengkel Siaga Kia 2023 | Yuk Simak Di Mana Saja Lokasinya!

Untuk pemakaian di luar kota, mobil ini bisa menghabiskan 1:14 km/liter, dan untuk di dalam kota angkanya bisa di bawah itu karena macet.

Penggunaan dari Jakarta ke Bandung hanya berkisar Rp 300 ribuan.

Peugeot 306

instagram.com/peugeot306community

Yang ke-tiga untuk mobil yang konsumsi BMM nya irit yaitu Peugeot 306. Mobil ini merupakan salah satu sedan underrated yang sudah mulai terlupakan.

Mobil asal pabrikan Prancis ini memiliki konsumsi BBM yang lumayan irit. Di Indonesia, Peugeot 306 mengedar di pasaran mulai dari tahun 1996.

Secara usia, Peugeot 306 sudah termasuk mobil tua 1990-an. Untuk konsumsi BBM nya, penggunaannya rata-rata di angka 1:9 sampai 1:11 km/liter.

BMW 318i E36

instagram.com/reddevil_e36

Mobil asal Eropa lainnya yang konsumsi BBm-nya irit yaitu ada seri 3 dengan kode E36 bermesin 1.800 cc. Di Indonesia mobil tersebut dikenal dengan tipe 318i dari E36.

Mesin tersebut menjadi mesin paling kecil yang BMW seri 3 tawarkan di Indonesia. Dari segi tenaga memang banyak keluhan mengenai tenaganya yang lumayan lemot.

Baca Juga :  Istilah Jual-Beli Mobil yang Perlu Dipahami Sebelum ke Dealer atau Pameran

Tapi untuk masalah BBM, BMW 318i E36 ini ternyata lumayan juga. Mobil dengan mesin berkode M43 ini juga terbilang cukup bandel dan jarang rusak.

Secara angka, penggunaan BBM yang dihasilkan mencapai :10 km/liter sampai 1:12 km/liter. Ini dengan catatan mesin mobil dalam keadaan sehat dan prima.

Mercedes-Benz C180

instagram.com/mercedes.benzc180

Kemudian mobil tua yang punya konsumsi BBM irit ada Mercedes-Benz C180 yang masuk dalam keluarga C-Class. Mobil berkode bodi W202 ini juga mempunyai konsumsi BBM yang cukup irit.

Untuk kapasitas mesinnya mencapai 1.998 cc, 4 silinder bertenaga 134 hp. Walaupun secara data cukup besar, banyak pengguna yang mengeluhkan mesin ini cukup lemot.

Mobil ini sempat berkompetisi dengan BMW 318i E36 sebagai saingan utama. Tidak heran jika secara dimensi, dan kapasitas mesin kedua mobil ini hampir terlihat serupa.

Penggunaan BBM-nya mencapai angka 1:10 km/liter sampai 1:12 km/liter. Mungkin jika digunakan di Ibo Kota yang sering macet mungkin bisa mencapai angka 1:8 km/liter hingga 1:9 km/liter.

Isuzu Panther

instagram.com/garasi_kusuma.id

Jika membicarakan mengenai mobil tua yang irit BBM, rasanya belum pas jika belum menyebutkan nama Isuzu Panther. Mobil yang mengisi segmen MPV ini juga salah satu yang teririt di kelasnya.

Baca Juga :  Mobil Sedan Kurang Diminati Di Indonesia, Mungkin Inilah Sebabnya

Perihal irit konsumsi BBM, Panther tidak perlu diragukan lagi. Saking iritnya, angka konsumsi BBM-nya bisa mencapai lebih dari 1:13 km/liter.

Di samping irit, Isuzu Panther generasi dahulu juga masih bisa menenggak BBM solar busuk karena belum terdapat teknologi canggih di mesinnya.

Honda Civic

instagram.com/slammedcivic_

Rekomendasi mobil yang irirt BBM yang terakhir yaitu berasal dari keluarga Honda Civic. Di Indonesia, Honda telah meluncurkan beberapa model Civic di antaranya, Grand, Genio, Wonder, Ferio, dan Estilo.

Meskipun belum dibekali teknologi yang canggih, Honda Civic tetap memiliki konsumsi BBM yang cukup irit. Salah satu alasan mengapa mobil Honda ini punya konsumsi BBM yang irit adalah bobotnya yang ringan.

Lalu berapa kira-kira angka konsumsi BBM-nya? Berdasarkan informasi yang kami rangkum dari berbagai sumber, konsumsi BBM-nya mencapai 1:10 km/liter sampai 1:11 km/liter.

Itu lah rekomendasi mobil tua yang irit BBM, namun Anda harus ingat untuk terus menjaga perawatanny agar performa mesin tetap terjaga dan irit BBM.

Pemilik wajib melakukan tune up secara rutin. Untuk mobil tua, jangan sampai telat untuk mengganti oli mesin.

Jadi mana nih kira-kira mobil tua yang akan Anda pilih untuk beraktifitas harian?

 

Baca juga konten kami di:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles