PantaiTempat Wisata

Pantai Penganak : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Seperti beberapa pantai yang lain ada di Bangka Belitung, Pantai Penganak sebagai pantai pasir putih dengan beatu-batuan alam yang bersebaran. Pantai ini menjadi satu diantara pantai yang bersih dan masih kelihatan alami.

Masyarakat di tempat kerap menyebutkan Pantai Penganak atau Pantai Bum Penganak. Panggilan ini ada karena lokasi pantai yang ada di Desa Penganak.

Dulu, pantai ini cuma untuk pelabuhan untuk penambang timah saja. Tetapi sekarang ini, Pantai dapat didatangi oleh pelancong.

Bermula dari ide satu kelompok pemuda dusun di tempat, mereka usaha manfaatkan kekuatan sumber daya alam yang memesona di wilayah Bangka Barat.

Barisan pemuda Dusun Air Gantang, ini jadi pion pengendalian Pantai ini. Mereka membuat pungutan anggota barisan yang sudah dilakukan tiap minggu untuk sumber permodalan, buat membuat sarana di teritori pantai itu.

Maka bila Anda ingin bertandang ke Pantai ini jangan sampai sangsi karena teritori pantai Penganak telah mempunyai beberapa sarana simpatisan yang telah dibuat oleh pengurus Pantai.

Harga Ticket Masuk di Pantai Penganak

Bila Anda akan berkunjung pantai ini, Anda tak perlu cemas akan keluarkan dana mahal untuk dapat masuk Pantai. Sekarang ini, Anda cukup bayar ticket masuk sejumlah Rp. 10.000 per-orang.

Baca Juga :  Pantai Mawun : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Dengan bayar ticket masuk itu, Anda dapat habiskan waktu liburan untuk nikmati cantiknya panorama di Pantai Penganak.

Jalur Ke arah Lokasi Pantai Penganak

Lokasi Pantai ini ada di Desa Penganak Dusun Air Gantang, Kecamatan Parittiga Kabupaten Bangka Barat.

Untuk ke arah Pantai Penganak, Anda tak perlu kebingungan karena sekarang ini mulai ada papan petunjuk jalan.

Jarak pantai ini dengan Kota Pangkalpinang sepanjang 117 km yang dapat dilakukan dengan kendaraan darat sepanjang 2,5 jam. Dan jarak Pantai ini dari Bangka Belitung sepanjang 210 km yang dapat dilakukan sepanjang 4,5 jam.

Cukup jauh ya? Jika Anda telah tiba di pusat perkotaan Pangkal Pinang, Anda dapat memakai kendaraan motor dan memakai kontribusi program Google Maps yang ada di smartphone untuk mendapati jalur terbaik ke arah Pantai Penganak.

Object Rekreasi Pantai Penganak

1. Panorama Pantai

Pantai Penganak mempunyai bentangan pasir putih, air laut yang biru dan bebatuan alam yang bersebaran. Saat cuaca jelas, panorama itu akan berasa komplet dengan kehadiran awan yang ada di langit pantai.

Berlibur Anda akan makin cantik dengan nikmati sunset saat sore hari di teritori Pantai Penganak. Air laut dan langit berbeda warna jadi orange yang membuat situasi jadi romantis.

2. Spot Photo

Saat ada di Pantai ini, Anda dapat mendokumentasikan peristiwa lewat lensa camera yang Anda punyai. Satu diantaranya yakni dengan berpose dengan manfaatkan ayunan yang telah disiapkan oleh pengurus, Berdasar ayunan itu, penampilan photo akan kelihatan asyik dan membahagiakan.

Baca Juga :  Hijaunya Taman Kota Tabanan di Pusat Kota

Anda bisa juga berpose dengan batu-batuan alam yang berada di bibir pantai dan jadikan air laut jadi latar belakang yang terlihat cantik.

3. Pelabuhan

Saat Anda bertandang ke Pantai ini, karena itu Anda akan mendapati dua pelabuhan. Pelabuhan itu sebagai pelabuhan kapal penambang timah. Anda dapat berkunjung pelabuhan itu untuk duduk rileks nikmati sepoi angin laut.

4. Memancing

Untuk Anda yang menyukai memancing, Anda dapat coba memancing di Pantai Penganak bersama dengan masyarakat sekitaran. Karena warga sekitaran manfaatkan pantai ini untuk memancing ikan.

Spot memancing ini ada di sekitaran pelabuhan pantai. Tetapi, janganlah lupa untuk bawa perlengkapan pancing dari rumah. Karena, di Pantai ini belum ada persewaan perlengkapan pancing.

5. Jalan Jalan Rileks

Bila Anda ingin lebih nikmati halusnya pasir putih, Anda dapat beraktivitas dengan jalan-jalan tanpa memakai alas kaki.

Disamping itu, Anda akan berasa semakin tenang dan akan mendapati panorama lain seperti beberapa kapal tambang yang berjejer rapi dengan latar belakang keelokan daya tarik Pantai Penganak.

6. Bermain Air dan Pasir

Selainnya jalan-jalan mengelilingi teritori pantai, Anda bisa juga bermain air laut. Ombak di Pantai ini cukup agak miring dan tenang, hingga Anda dapat bermain air di bibir pantai.

Selainnya bermain air, bila berkunjung ke Pantai ini bersama anaka-anak, Anda dapat ajaknya untuk bermain pasir. Karena pasir pantai ini halus dan bersih.

Baca Juga :  Bermain Air di Pantai Nampu Wonogiri dan Gunung Kidul

Tetapi, Anda tetap harus waspada bila bermain di teritori pantai supaya tidak ada beberapa hal yang tidak diharapkan.

Sarana Pantai Penganak

Pantai ini termasuk sepi, sarananya juga belum sedetail beberapa pantai yang lain.berikut sedikit pembahasan mengenai sarana umum di Pantai Bangka Belitung:

1. Toilet

Salah satunya sarana yang telah dibuat oleh barisan pengurus Pantai yakni toilet. Ada banyak toilet yang dapat dipakai oleh pelancong.

Anda dapat memakai sarana toilet untuk bersihkan tubuh atau basuh sesudah berenang di pantai dengan bayar RP. 5.000. Tetapi bila Anda cuman memakai toilet saja cukup bayar Rp. 2.000, ke pengurus.

2. Gazebo

Selainnya toilet, pengurus membuat beberapa gazebo di sekitaran teritori Pantai. Bila ingin memakai gazebo, Anda harus sewanya lebih dulu ke pengurus.

Gazebo ini bisa Anda pakai secara bayar sejumlah Rp. 35.000. Anda bisa memakainya sepanjang hari. Nanti, dari hasil ongkos persewaan ini akan di pakai oleh pengurus untuk menambahkan sarana di Pantai ini.

Maka tidak kelirunya bila Anda berkunjung Pantai Penganak untuk coba sewa gazebo sebagai tempat rileks dan istirahat saat capek bermain, tentu berliburmu berasa lebih terkesan.

3. Tempat Duduk di Teritori Pantai

Tidak boleh resah jika Anda tidak bawa alas dan lupa bawa pakaian tukar. Anda dapat manfaatkan sarana berbentuk tempat duduk yang berada di sekitaran teritori pantai untuk menyaksikan daya tarik keelokan Pantai.

Tetap terhubung dengan kami:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Genjos Holiday

Genjos Holiday adalah perusahaan yang bergerak dibidang Tour & Travel di Yogyakarta. Kami melayani sewa mobil, bus dan paket wisata dengan harga yang terjangkau.

Related Articles