Beranda Wisata Pantai Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo

0
pantai parangkusumo

Pantai Parangkusumo – Mungkin belum banyak orang yang tidak terlalu familiar dengan nama Pantai Parangkusumo. Wisata pantai jogja ini dekat dengan wisata pantai terkenal di Jogja yaitu Pantai Parangtritis.

Pantai ini berada tepat di timur Pantai Parangtritis.
Jika Kamu dari Parangtritis dan ingin ke Pantai Parangkusumo, bisa memarkirkan kendaraan di Pantai Parangtritis. Untuk menuju kesana, Kamu tinggal jalan kaki ke arah timur. Kemudian Kamu akan sampai di Pantai ini.

Cek juga tarif untuk: Paket Wisata Jogja di Genjos Holiday

DAFTAR ISI

Sekilas Informasi Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo secara umum karakteristiknya sama dengan Pantai Parangtritis. Memiliki pasir pantai berwarna hitam dan halus. Serta di Pantai Parangkusumo dan Parangtritis ombaknya besar.

Sehingga wisatawan yang datang ke Pantai ini dilarang untuk berenang di pantai. Jika melanggar peraturan tersebut, bisa membahayakan para wisatawan. Maka sebaiknya Kamu ikuti saja peraturan yang ada di Pantari Parangkusumo tersebut.

Meskipun sama-sama berpsir hitam, namun Pantai ini memiliki sisi unik. Keunikan pantai pasir hitam ini adalah terdapat air terjun kecil di dekat pantai. Jadi Kamu bisa menyaksikan keindahan Pantai ini sekaligus air terjun mini.

Air terjun yang ada di Pantai ini adalah air terjun musiman. Hanya ada pada musim hujan saja karena pada saat itu debit airnya besar. Jika hari biasa, debit air akan kecil atau bahkan kering sama sekali.

Jika Kamu ke Pantai ini pada musim penghujan, maka nikmati bermain air di air terjunnya. Kamu bisa duduk dibawah air terjun dan merasakan guyuran air yang segar. Sambil bermain air Kamupun bisa menikmati pemandangan pantai Pantai ini dari kejauhan.

Pantai ini juga menjadi tempat pendaratan untuk aktivita paralayang atau paragliding. Jika Kamu suka dengan olahraga ekstrem, maka bisa mencoba aktivitas menantang ini. Kamu akan diajak terbang dari Landasan Pacu Parangkusumo dan mendarat di Pantai ini.

Jangan takut untuk mencoba aktivitas ektrem itu di Pantai Parangkusumo. Karena semua peralatan sudah memenuhi standar keamanan. Sehingga bisa dipastikan bahwa aktivitas terbang di Pantai ini aman-aman saja.

Namun jika Kamu kurang suka paralayang, maka ada hal menarik lainnya yang bisa Kamu coba di Pantai ini. Kamu bisa mencoba untuk naik kuda maupun dokar untuk berkeliling pantai. Pasti akan sangat menyenangkan berkeliling Pantai Parangkusumo menggunakan kuda atau dokar.

Di Pantai ini juga terdapat aktivitas ATV. Pasti seru sekali jika bisa mengendarai ATV dan melakukan balap membalap orang lain. Itu akan semakin membuat liburanmu di Pantai ini menjadi menyenangkan.

Di area Pantai ini juga disediakan penyewaan payung pantai. Jika Kamu datang pada waktu siang hari, maka lebih baik menyewa payung pantai yang ada disana. Dengan begitu, Kamu bisa lebih nyaman untuk menikmati suasana Pantai ini sambil bersantai di bawah payung.

Lokasi Pantai Parangkusumo

Lokasi Pantai Parangkusumo ini berada di Jl. Pantai Parangkusumo, Pantai, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi tepatnya berada di sebelah timur Pantai Parangtritis. Tidak akan susah untuk menemukan Pantai  ini.

Jika Kamu baru pertama kali ke Pantai ini, maka gunakanlah Google maps untuk memudahkan pencarian. Namun bisa juga untuk bertanya kepada warga sekitar jika Kamu belum yakin. Sehingga bisa menemukan lokasi Pantai ini dengan lebih mudah.

Untuk menuju ke Pantai ini juga tidak membutuhkan waktu yang cukup lama. Dengan estimasi waktu satu jam lebih perjalanan, Kamu sudah sampai disana. Kamu akan sampai di pantai ini yang memiliki bibir pantai yang luas.

Rute Lokasi Pantai

Rute Pantai Parangkusumo ini mudah sekali ditemukan. Kamu tinggal mengikuti jalan ke Pantai Parangtritis. Lalu ketika sudah sampai, tinggal berjalan 200 meter ke arah timur untuk menuju ke Pantai ini.

Jika Kamu dari Kota Jogja, maka rute menuju Pantai ini cukup mudah. Ikuti rute ke arah Ringroad selatan. Setelah itu untuk ke Pantai ini, lanjutkan mengikuti jalur ke Jalan Parangtritis.

Untuk bisa sampai di Pantai ini, tinggal lurus saja ke arah selatan. Kamu akan melewati Pos Tempat Pembayaran Retribusi (TPR) untuk masuk ke kawasan pantai. Lanjutkan ke arah selatan hingga sampai di Pantai Parangtritis.

Sampai di parkiran, Kamu bisa menitipakan kendaraan di Pantai Parangtritis. Akan ada petunjuk jalan menuju Pantai ini. Lalu ikuti petunjuk arah tersebut ke Pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Parangkusumo

Harga tiket masuk Pantai Parangkusumo termasuk murah. Untuk masuk ke kawasan pantai hanya membayar Rp. 5000 per orangnya. Itupun Kamu bisa berkunjung ke Pantai ini atau ke pantai di sekitarnya tanpa membayar lagi.

Sedangkan untuk tarif permainan yang ada di Pantai ini beragam. Mulai dari Rp. 10.000-Rp. 30.000. Jangan ragu menawar saat akan mencoba berbagai macam aktivitas permainan yang ada di Pantai ini.

Fasilitas Pantai

Fasiltias Pantai Parangkusumo bisa dibilang cukup lengkap. Meskipun lokasi wisata ini kalah terkenal jika dibandingkan dengan Pantai Parangtritis. Namun Pantai ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Beberapa fasilitas yang ada di Pantai ini cukup menunjang kenyamanan para wisatawan. Diantaranya ada kamar mandi, mushola, warung makan, hingga berbagai macam fasilitas penunjang lainnya. Kamu pun juga akan menemukan beragam permainan menarik di Pantai ini.

Permainan menarik di Pantai ini mulai dari ATV, kuda, dokar hingga aktivitas paralayang. Di Pantai ini juga terdapat jasa foto keliling. Kamu bisa mengabadikan momenmu di Pantai Parangkusumo yang diabadikan langsung oleh tukang foto lokal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here