PantaiTempat Wisata

Pantai Monpera : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Saat sampai ke teritori Pantai Monpera, Anda akan disongsong dengan dengan patung perunggu yang memvisualisasikan 3 orang yang membangun tiang bendera.

Patung ini dikatakan sebagai monumen peringatan karena dulu warga Balikpapan sedang berusaha untuk menjaga daerahnya dari gempuran beberapa penjajah.

Peringatan ini sebagai lambang dari ada peristiwa-kejadian periode penjajahan sama dalam waktu itu. Pasukan Belanda tiba ke daerah ini, tetapi beberapa warga Balikpapan usaha mengadang dan membuat perlindungan untuk menjaga daerahnya.

Ada gejolak itu menyebabkan banyak warga Balikpapan jadi korban. Kejadian yang lain yakni di saat tentara Jepang dengan tentara Belanda yang berebutan sumur Mathilda.

Persaingan perebutan sumur Mathilda ini mengakibatkan pembantaian bahkan juga secara besar. Sampai pada akhirnya tentara Jepang menang atas Belanda dari pembantaian itu dan Sumur Mathilda sukses diambil oleh tentara Jepang.

Kejadian itu menyebabkan warga Balikpapan tidak terima atas ambil sumur Mathilda. Maka dari itu, warga mulai lakukan serangan pada tentara Jepang bermaksud merampas kembali daerah sumur Mathilda.

Proses persaingan perebutan daerah ini juga tidak gampang hingga mengakibatkan beberapa orang yang meninggal. Meski begitu, pada akhirnya kemenangan memihak pada warga Balikpapan dan mempunyai kembali sumur Mathilda.

Karena ada kejadian-peristiwa itu pada akhirnya dimenangi oleh masyarakat Balikpapan. Untuk kenang kembali jasa beberapa pahlawan dan mengingati kejadian yang terjadi, karena itu dibangun sebuah patung di teritori pantai Monpera yang memvisualisasikan sebagai sebuah simbol perjuangan.

Dan, nama Monpera sebuah nama yang diambil dari ‘Monumen Perjuangan Rakyat’ yang selanjutnya dipersingkat jadi Monpera. Tetapi sayang di tahun 2016, patung di Pantai Monpera ini ambruk.

Selanjutnya pembenahan dilaksanakan supaya masih tetap jadi bangunan seperti sebelumnya. Meski begitu, Anda masih tetap dapat bertandang ke Pantai Menpora ini untuk liburan karena pantai ini mempunyai daya magnet dan beberapa kegiatan liburan yang dapat Anda dapatkan.

Daftar Isi :

Baca Juga :  Pantai Bolu Bolu : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Harga Ticket Masuk

Untuk masuk teritori Pantai Monpera ini juga sangat murah, bila Anda memakai Motor akan dikenai ongkos Rp 3.000 dan mobil Rp 5.000. Tetapi, bila Anda tidak menggunakan kendaraan, jadi tidak akan diambil ticket masuk.

Pantai Monpera ini benar-benar pas untuk Anda yang hendak liburan dengan keluarga atau rekan-rekan. Karena pantai ini demikian nyaman dan tentunya menjadi satu diantara tempat wisata yang murah dan meriah.

Jalur Ke arah Pantai Monpera

Untuk berkunjung pantai ini tidak susah bila Anda bertandang saat di Balikpapan. Lokasinya Pantai Monpera juga lumayan strategis, persisnya ada di Jalan Jenderal Sudirman, Dusun Klandasan Ulu, Kecamatan Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Jalur yang dapat Anda lewati yakni dari jalan DI Panjaitan, lalu belok kanan sekitaran 400 mtr. telusuri jalan DR. Sutomo. Kemudian, Anda dapat ke arah jalan P. Antasari yang selanjutnya ke jalan Ahmad Yani.

Lalu masuk ke jalan Jendral Sudirman. Anda juga bisa manfaatkan google maps sebagai petunjuk jalan dengan opsi akses yang mudah dan cepat.

Ingat Pantai Monpera ini berada di teritori yang vital, karena itu bila Anda masyarakat Balikpapan dan sekelilingnya sedang berasa capek karena tugas kantor, saat akhir minggu datang, dapat meluangkan untuk beri kesegaran pemikiran dengan berkunjung tepi pantai ini.

Object Rekreasi Pantai Monpera

Selainnya masyarakat Balikpapan dan sekelilingnya, Bila Anda datang dari kota lain tetapi sedang ada di kota ini, Pantai Monpera menjadi satu di antara rekreasi yang harus di datangi saat bertandang ke Balikpapan.

Ha ini karena pantai ini mempunyai tempat wisata dengan panorama yang cantik. Anda dapat lakukan banyak kegiatan untuk isi berlibur Anda di pantai ini. Kegiatan itu misalnya:

1. Panorama yang Menarik di Pantai Monpera

Tidak cuman mempunyai narasi riwayat nasionalis yang menempel di pantai ini, tetapi Pantai Monpera mempunyai pemandangan panorama yang cantik dan menarik. Pantai ini tidak begitu luas, tapi mempunyai garis pantai yang menghampar.

Baca Juga :  Pantai Tangsi Situbondo : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Panorama yang di punyai Pantai Monpera akan membuat siapa saja yang bertandang berasa kagum. Karena, Anda akan di hidangkan panorama alami ciri khas pantai yakni laut yang tenang, biru nya awan dan di tambahkan lagi burung-burung yang beterbangan di teritori pantai ini.

2. Bentangan Pasir Putih

Pantai Monpera atau Pantai Monumen Perjuangan Rakyat di Balikpapan ini mempunyai bentangan pasir putih yang luas. Anda bisa nikmati panorama pantai sekalian telusuri tepian pantai di beralas pasir ini.

3. Bermain Air dan Pasir

Pantai Monpera ini mempunyai bentangan pasir putih yang bersih. Hingga saat bertandang ke pantai ini, Anda dapat bermain pasir dengan mengeruknya untuk memendamkan diri atau membuat istana pasir dengan keluarga atau rekan-rekan.

Tidak cuman pasirnya saja yang dapat di pakai bermain, tapi karena deburan ombak pantai ini tidak besar, hingga dapat di pakai sekedar untuk berbasah-kuyup bermain air atau juga bisa berenang. Tetapi, yang harus di ingat yakni supaya selalu waspada ya karena pantai ini tidak sediakan dan tidak sewakan perlengkapan renang dan pelampung.

4. Taman yang Nyaman

Selainnya nikmati situasi pantai, Anda bisa juga jalan-jalan pada bagian taman. Taman ini cukup teduh, karena ada pohon-pohonan yang tumbuh subur.

Hingga taman ini cukup nyaman apalagi dengan ada angin laut yang semilir. Tempat taman Pantai Monpera ini kerap di pakai oleh beberapa pengunjung untuk beragam acara seperti tempat bergabung dan beberapa kegiatan yang lain.

5. Nikmati Sunset

Pantai Monpera ini dekat pada jalan khusus di kota Balikpapan . Maka banyak masyarakat Balikpapan yang manfaatkan peristiwa untuk menyaksikan saat matahari terbenam di tepian pantai ini.

Situasi sunset dengan warna langit yang kuning keemasan benar-benar dinanti-nantikan oleh pengunjung. Pemandangan ini di gunakan untuk jadi latar belakang foto yang paling cantik.

Baca Juga :  Pantai Cemoro Sewu : Lokasi, Spot Foto dan Harga Tiket Masuk

Sarana Pantai Monpera

Selainnya mempunyai daya magnet rekreasi yang telah di sebut sebelumnya, Pantai Monpera juga di perlengkapi karena ada sarana simpatisan.

Sarana ini tentu saja dapat di pakai oleh beberapa pelancong saat liburan di pantai ini. Sarana itu salah satunya yakni:

1. Kamar Mandi dan Toilet

Saat berekreasi ke sebuah pantai, karena itu toilet sebagai salah satunya sarana yang harus ada. Begitu juga dengan Pantai Monpera yang telah mempunyai sarana untuk beberapa pengunjung.

Dengan begitu, Anda dapat manfaatkan sarana ini sesudah beraktivitas seperti berenang atau bermain pasir menjadi tempat basuh.

Tetapi sayang di saat situasi ramai, pengunjung harus antre untuk memakai toilet ini, hingga di harap ke depan supaya sarana seperti toilet ini perlu di pertambah banyaknya.

2. Warung Makan

Nach untuk Anda yang lupa bawa perbekalan makanan saat bertandang ke pantai ini juga tidak perlu cemas Karena, di tempat teritori pantai ini ada beberapa pedagang warung makan simpel dan ada pedagang keliling yang sediakan bermacam minuman dan makanan.

Hal itu, jadikan makin gampangnya menjumpai bermacam minuman dan makanan saat ada di pantai ini di mulai dari bakso, gado-gado, dan menu beragam menu masakan seafood. Untuk minumannya juga ada es kelapa muda, es cendol, es campur dan minuman paket yang lain.

3. Masjid

Sarana berbentuk tempat melaksanakan ibadah berbentuk masjid juga ada. Anda juga dapat memakai masjid ini yang berada di dekat toilet.

Bila bertandang ke Pantai Monpera dan sedang untung, Anda dapat melihat ada moment atau acara yang di adakan di pantai ini, seperti panggung seni, pasar malam, atau acara yang lain ada di saat beberapa hari tertentu.

Bagus sekali kan? Maka dari itu, silakan selekasnya mengatur berlibur Anda ke Balikpapan untuk berkunjung Pantai Monpera.

Anda juga bisa juga singgah untuk berkunjung Pantai Kemala yang ada di samping Pantai Monpera yang tentu saja mempunyai daya magnet yang lain.

Tetap terhubung dengan kami:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Genjos Holiday

Genjos Holiday adalah perusahaan yang bergerak dibidang Tour & Travel di Yogyakarta. Kami melayani sewa mobil, bus dan paket wisata dengan harga yang terjangkau.

Related Articles