PantaiTempat Wisata

Pantai Goa Cemara : Lokasi, Spot Foto dan Harga Tiket Masuk

Pantai Goa Cemara berada di Dusun Gadingsari, Kecamatan Sanden, Bantul, DI Yogyakarta 55763, Indonesia. Kota Yogyakarta sebagai salah satunya arah rekreasi favorite untuk beberapa pelancong.

Keberagaman budaya yang demikian kental di sokong karena ada warga yang ramah jadikan karakter unik dari kota siswa ini. Hingga tidaklah aneh, bila saat musim berlibur datang, kota ini cukup di penuhi oleh pengunjung di luar kota.

Mereka tidak cuman berkunjung di pusat perkotaan nya saja, tetapi ingin nikmati keelokan tempat wisata alami atau pantainya.

Salah satunya pantai jujukan beberapa pelancong yang lumayan gampang di jangkau yakni Pantai Goa Cemara yang ada di Bantul Yogyakarta.

Selainnya mempunyai kekhasan tertentu, pantai ini di pandang seperti tujuan yang pas di datangi oleh keluarga.

Mengapa dapat di sebutkan pas untuk keluarga ya? Untuk ketahui jawabnya berada di artikel ini. Baca lagi hingga habis ya!

Daftar Isi :

Layanan Transportasi Pariwisata Jogja

Berikut beberapa pilihan layanan transportasi untuk kebutuhan wisatawan di Jogja yang kami sediakan..

Sewa Bus Jogja

  • Medium Bus
  • Big Bus
  • Bus SHD
  • Elf Short
  • Elf Long
  • Hiace Commuter
  • Hiace Premio

sewa mobil jogja

Sewa Mobil Jogja

  • Avanza
  • Innova
  • Innova Reborn
  • Alphard
  • Vellfire
  • Fortuner
  • Dll

Sejarah Pantai Goa Cemara

Apa yang terbesit di pemikiran Anda sesudah dengar nama Goa Cemara? Tentu Anda berpikiran jika ada gua yang ada pohon cemara ya?

Nach, sebetulnya yang Anda pikir ada betulnya. Tetapi pantai ini tidak mempunyai goa, namun ada pohon cemara yang tumbuh di teritori seperti mulut goa.

Hingga dari sini di katakan sebagai Pantai Goa Cemara. Pohon cemara yang tumbuh di lingkungan ini juga sejenis cemara udang dengan dedaunan yang warna hijau fresh.

Ada pohon ini dipakai sebagai usaha penangkalan berlangsungnya abrasi yang karena air laut.

Tetapi, kehadiran pantai ini yang ada di pantai selatan, seringkali dikait-kaitkan dengan kehadiran Ratu Pantai Selatan, hingga pantai ini tidak terlepas dari dogma mistik.

Dogma ini juga makin kental karena pantai ini di jadikan salah satunya pantai yang dipakai sebagai adat labuhan pada tiap tanggal 1 Hijriah.

Adat ini dengan aktivitas larung kambing kendit, yakni kambing yang dengan bulu hitam dan pola lingkaran putih.

Kambing yang di larung itu sebagai kambing yang dibuat dari kayu dan dibuat persis sama dengan aslinya. Oleh karenanya, kambing kendit jadi lambang dari kehadiran Pantai Goa Cemara.

Baca Juga :  Puncak Sosok : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Acara itu diawali dari rumah kepala desa yang selanjutnya kirab bawa arak-arakan dengan bawa hasil bumi, ubarampe, tumpeng, ingkung dengan jalan kaki ke arah pendopo budaya.

Sesampai ada di pendopo budaya, bakal ada atraksi tari yang bercerita asal mula adat labuhan di pantai ini.

Seterusnya, arak-arakan itu dibawa ke arah pantai dan berdoa dengan tidak lupa memberikan salam pada penguasa pantai selatan.Selanjutnya lakukan acara larung dan berebutan gunungan hasil bumi.

Harga Tiket Masuk Pantai Goa Cemara

Tempat wisata yang ada di samping selatan kota Yogyakarta ini di pandang pas sebagai tujuan rekreasi keluarga atau kelompok. Karena merupakan tujuan rekreasi yang murah.

Pengunjung cuman akan bayar ticket masuk Rp 5.000 saja dan ongkos parkir Rp 3.000 sampai Rp 15.000, sesuai tipe kendaraan. Murah sekali kan?

Rute Menuju Pantai goa cemara

Bila Anda sedang ada di Yogyakarta, tidak ada kelirunya untuk singgah liburan di Pantai Goa Cemara ini.

Selainnya pantai Goa Cemara ini, Anda dapat segera berkunjung Pantai Depok dan Pantai parangtritis yang ada dekat sama pantai ini.

Anda juga cuman akan membutuh waktu perjalanan sepanjang 48 menit saja dari pusat perkotaan. Perjalanan yang hendak dilakukan juga lumayan gampang, karena jalannya agak miring dan telah beraspal.

Dari Jl. Malioboro, tujukan saja kendaraan ke Jl. KH. Ahmad Dahlan, selanjutnya belok ke kiri ke Jl. KH Top Hasyim. Seterusnya belok ke kiri ke Jl. Sugeng Jeroni dan tujukan ke arah Jl. Bantul.

Dengan telusuri Jl. Bantul, telah banyak papan petunjuk jalan dengan opsi beragam tujuan rekreasi pantai, karena letak pantai ini berderet dengan beberapa pantai yang lain.

Nach, Anda dapat pilih panduan jalan dengan jalur Jl. Samas, selanjutnya Anda akan melalui TPR Pantai Samas, yang maknanya perjalanan telah dekat.

Hingga, Anda tinggal belok ke kiri ke JL. Rajiman, dan Anda akan sampai ada di lokasi Pantai Goa Cemara.

Objek Wisata Pantai Goa Cemara

pantai goa cemara
Sumber : @fitriyaniulia

Walau kehadiran pantai ini mulai dibuka sebagai tempat wisata sekitaran tahun 2010 lalu, tetapi sampai sekarang patai ini masih tetap di datangi oleh beberapa pelancong sebagai arah liburan, karena mempunyai daya magnet :

1. Pohon Cemara

Sesuai nama pantai ini, saat sampai ada di teritori ini, pelancong akan melalui lebih dulu di rimbunnya pohon cemara yang tumbuh demikian subur. Ini jadikan teritori pantai ini demikian sejuk dan fresh.

Baca Juga :  Air Terjun Semirang Tiket Murah Ada Kolam Renang Alami

Ada pohon cemara ini biasa di pakai oleh pelancong untuk berlindung dengan sekedar duduk di bawahnya. Di samping itu, pohon-pohonan cemara ini di gunakan sebagai spot photo, yang tentu saja akan terlihat demikian alami dan cantik.

2. Pasir Hitam

pantai goa cemara
Sumber : @naelasty

Sama sesuai nama pantai ini, saat sampai di kawasan, wisatawan akan melewati terlebih dahulu di rimbunnya pohon cemara yang tumbuh subur. Ini menjadikan kawasan pantai ini begitu sejuk dan fresh.

Ada pohon cemara ini biasa di gunakan oleh wisatawan untuk berlindung dengan sekadar duduk di bawahnya. Selain itu, pohon-pohonan cemara ini di pakai sebagai spot foto, yang sudah pasti akan kelihatan begitu natural serta elok

3. Mercusuar

Di teritori pantai ini ada sebuah mercusuar yang lumayan tinggi. Serunya kembali, mercusuar ini dapat dinaiki oleh pelancong lho.

Nach bila Anda ingin menyaksikan panorama di atas, karena itu And abia naiki mercusuar ini. Tetapi, pelancong harus bayar Rp. 5.000 lebih dulu untuk dapat menaikinya.

4. Bermain Layang-Layang

Tidak hanya cukup melakukan aktivitas di pantainya saja, di teritori pantai ini pelancong bisa lakukan aktivitas dengan bermain layang-layang.

Tidak perlu bawa layang-layang dari rumah, karena di teritori pantai ini lebih banyak ada penjual layang-layang dengan bermacam-macam dan warna yang demikian cantik.

Oleh karenanya, Anda dapat membeli di pedagang itu komplet dengan benangnya. Hingga, Anda tinggal meningkatkannya ke atas dengan kontribusi angin pantai yang cukup kuat. Wah, tentu hebat ya!

5. Keliling Pantai dengan Naik ATV

Karena Pantai Goa Cemara lokasinya sangat luas dan memanjang, bila ditelusuri oleh pelancong dengan jalan kaki akan sangat jauh.

Tetapi, ini dapat terus Anda kerjakan yakni dengan memakai ATV untuk melingkari pantai.

Hingga, Anda Tidak perlu berusaha susah payah jalan kaki telusuri pantai bila ingin melingkari teritori pantai ini. Anda juga cukup sewa kendaraan ini sejumlah Rp. 50.000 saja sama waktu sewa 30 menit.

Fasilitas Pantai Goa Cemara

pantai goa cemara
Sumber : @dwwantii.s

Pantai sudah di atur oleh Dinas Pariwisata dan warga daerah ini, hingga pantai ini telah mempunyai beragam sarana simpatisan misalnya :

1. Area Parkir

Pantai telah ditata oleh Dinas Pariwisata dan masyarakat wilayah ini, sampai pantai ini sudah memiliki bermacam fasilitas partisipan misalkan :

Baca Juga :  Pantai Parangtritis : Sunset yang Romantis di Parangtritis

2. Rumah Makan

Ada di tepi pantai ini dan saat akan jalan ke arah pantai, tentu pelancong menyaksikan barisan warung makan yang banyak sekali.

Ini sebagai salah satunya usaha memberi kenyamanan untuk beberapa pengunjung bila berasa lapar saat liburan.

Hingga, pelancong juga bisa beli dan pilih beberapa menu seafood yang demikian komplet dengan nasi dan sambal. Untuk harga juga relatif murah bergantung pada makanan apa yang Anda pesan.

Anda juga bisa juga beli ikan di nelayan pantai dan memercayakan untuk mengolah di warung makan ini sesuai tekad Anda.

3. Kamar Mandi dan Toilet

Fasilitas yang lain gampang di jumpai di pantai ini yakni toilet, karena toilet telah menyebar di teritori pantai. Pelancong juga tinggal pilih di mana toilet yang hendak di pakai untuk buang air kecil atau sebagai tempat basuh.

Bila ingin memakai toilet, janganlah lupa ya untuk bawa uang pecahan Rp 2000 sampai Rp 5000 untuk bayar karena sudah memakainya.

4. Kolam Renang

Saat ada di area pantai, memang ada aja larangan untuk mandi atau berenang di laut. Karena keadaan ombak pantai selatan ini sedikit susah di prediksi dan menguasai besar.
Oleh karenanya, pengurus sediakn berbentuk kolam renang dengan bolaberagam warna dan pelampung serta perosotan.
Walau dalam kemampuan yang mini, tetapi karena ada kolam renang air tawar ini cukup membuat anak-anak suka, karena lebih di tunjukan oleh anak-anak.

5. Mushola

Sarana simpatisan yang lain yakni ada masjid. Masjid ini dapat di pakai oleh pelancong yang tiba dan akan lakukan beribadah sholat. Ingat masjid ini di pakai pada umumnya, karena itu seharusnya Anda bawa perlengkapan melaksanakan ibadah sendiri ya, supaya lebih bersih.

Yup, itu barusan info Pantai Goa Cemara yang lumayan menarik. Pantai ini akan berasa demikian ramai di akhir minggu atau berlibur datang. Oleh karenanya, siapkan yok di mulai dari saat ini untuk berencana liburan di Pantai Goa Cemara ini.

Nach, bila Anda punya niat berkunjung Pantai Goa Cemara, Anda juga dapat sekaligus berkunjung beberapa pantai lain di jejeran pantai ini, satu diantaranya yakni Pantai Parangtritis yang cukup iconic dan populer di Yogyakarta.

Begitu pembahasan berkenaan rekreasi Pantai Goa Cemara di Bantul Yogyakarta. Selamat liburan bersama saudara, rekan atau keluarga Anda.

Cholida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Jasa Pariwisata heppitrip.com sewa bus pariwisata jogja terbaik.