PantaiTempat Wisata

Pantai Base G : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Pantai Base G adalah sebuah pantai dengan pemandangan yang memikat. Selainnya populer cantik, pantai ini mempunyai nilai riwayat yang lumayan menarik.

Apa kekhasan pantai ini? Silakan baca pembahasan selengkapnya berikut ini ya!

Riwayat Pantai Base G

Nama Base G memang jadi nama yang cukup unik ya untuk suatu pantai, tetapi tahukah Anda kenapa pantai ini dapat disebutkan dengan Pantai Base G? Walau sebenarnya pantai ini namanya Pantai Tanjung Riang.

Menurut narasi riwayat, nama Base G ini dikenali karena dahulunya pantai ini jadi homebase pasukan Sekutu saat Perang Dunia kedua.

Pada periode itu, pantai ini jadi titik penghimpunan kemampuan pasukan sekutu untuk berperang dengan pasukan Jepang di Filipina.

Dan, Huruf “G” ini sebagai huruf yang diambil dari status huruf dalam Abjad sebagai posisi ketujuh yakni huruf G. Ini memiliki makna jika tempat ini ialah homebase ke 7 untuk tentara sekutu.

Meski begitu, basis besar ke 7 ini hanya tinggal riwayat yang diingat saja.

Karena mempunyai keelokan dan riwayat, karena itu pantai ini menjadi satu diantara tempat wisata bahari di Papua yang cukup terkenal.

Maka dari itu,banyak pelancong yang tiba bertandang di pantai ini saat hari biasa atau akhir minggu datang.

Baca Juga :  Pantai Kawona : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Harga Ticket Masuk

Sebetulnya untuk masuk teritori pantai ini lumayan murah yakni dengan dikenai harga ticket masuk dari Rp 5.000 sampai Rp 10.000.

Tetapi, karena pantai ini masih diatur oleh warga di tempat, hingga bila Anda bawa kendaraan karena itu harus bayar ongkos parkir yang lumayan mahal.

Ini dipakai oleh warga sebagai imbalan jasa parkir sekalian membuat sarana simpatisan untuk pelancong.

Arti, pelancong akan dikenai ongkos parkir kendaraan dengan biaya Rp 20.000 untuk beroda 2 dan Rp 50.000 untuk beroda 4.

Jalur Ke arah Lokasi Pantai Base G

Alamat Pantai ini persisnya ada di Dusun Tanjung Riang, Kecamatan Jayapura Utara, Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Bila dari Area Jayapura Utara memiliki jarak sekitaran 10 km. Untuk sampai ke lokasi pantai ini, bisa memakai kendaraan individu seperti mobil atau motor, karena akses-nya sangat gampang.

Anda juga perlu tempuh perjalanan sekitaran 17 menit saja dari kota Jayapura Utara. Yakni dengan ambil jalan Kinsa yang selanjutnya belok ke kiri ke arah jalan M. Yamin.

Seterusnya belok ke kiri ke jalan Sujarwo Condronegoro dan belok ke kiri ke jalan Tanjung Riang IV. Perjalanan selanjutnya turuti saja jalan itu karena telah ke arah jalan pesisir.

Tetapi, Jika Anda tiba dan turun di Lapangan terbang Sentani, karena itu harus tempuh perjalanan darat kembali sepanjang 80 menit.

Anda dapat pilih akses kendaraan yang hendak Anda pakai dari Lapangan terbang Sentani, seperti ojek, atau taksi dengan biaya yang bermacam.

Baca Juga :  Pantai Mekaki : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Object Rekreasi Pantai Base G

Sepanjang bertandang ke pantai ini, Anda bisa lakukan banyak aktivitas menarik dan nikmati objek rekreasi yang berada di Pantai Base G ini. Beberapa aktivitas itu salah satunya:

1. Nikmati Panorama Pantai

Saat di pantai ini, Anda akan di manja dengan panorama pantai yang cantik. Bentangan pasir putih yang ada di pantai ini benar-benar halus.

Anda bisa nikmati panorama pantai sekalian jalan melingkari pantai tanpa alas kaki untuk rasakan pasir-nya.

Suara deburan ombak yang hendak menghias situasi saat Anda nikmati panorama pantai Base G akan menambahkan situasi semakin tenang.

Ombak di pantai ini tidak besar, jadikan pantai ini jadi lokasi yang pas untuk Anda yang ingin cari ketenangan dan melepaskan semua kepenatan.

2. Menyaksikan Sunrise

Salah satunya spot unik nikmati sunrise dapat Anda jumpai di pantai ini. Bila Anda bertandang ke pantai ini di saat pagi hari, panorama matahari pagi akan menganakemaskan mata Anda waktu itu

Warna air laut-nya yang jernih dengan warna kebiru-biruan akan memantulkan keelokan cahaya matahari pagi yang warna keemasan.

Banyak pelancong yang menyengaja tiba pagi-pagi buta ke pantai ini cuman untuk nikmati panorama matahari keluar.

3. Berenang

Pengurus sudah membuat pemecah gelombang yang memiliki jarak 1 km dari bibir pantai. Karena itu ombak yang sampai di bibir pantai tidak demikian kuat. Oleh karena itu pantai ini pas di pakai untuk berenang.

Baca Juga :  Pantai Harlem : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Pantai Base G ini benar-benar pas untuk berenang karena bibir pantai yang dangkal dan luas.

4. Memancing

Untuk Anda yang menyukai memancing, di pantai ini ada banyak spot memancing yang asyik. Di pantai Base G ini kerap di pakai sebagai tempat untuk memancing ikan.

Orang Papua kerap memancing dengan menyelam di tepi pantai sekalian bawa alat pancing yang berbentuk tombak kecil untuk menyerang ikan.

Sarana Pantai Base G

Pantai ini benar-benar dekat sama tempat kota Jayapura. Jalur perjalanan juga gampang . Maka pantai ini ramai di datangi oleh beberapa pelancong lokal atau luar negeri.

Di pantai ini telah banyak memiliki sarana umum yang di buat untuk kenyamanan beberapa pengunjung pantai.

Sarana-fasilitas itu salah satunya:

  • Tempat Parkir
  • Kamar Mandi dan Toilet
  • Pemondokan atau Gazebo
  • Warung Makan
  • Pemondokan

Beberapa pelancong yang bertandang ke lokasi pantai Base G ini akan di kenai ongkos sekitaran Rp 200.000 sampai Rp 300.000 untuk sewa pemondokan atau saung yang ada di sekitaran pantai.

Keadaan yang tenang dan nyaman di bibir pantai ini membuat tempat ini bagus sekali untuk di cicipi. Apa lagi daerahnya yang dekat sama kota Jayapura, karena itu benar-benar gampang sekali di capai.

Bila Anda sedang ada di kota Jayapura, janganlah lupa untuk berkunjung di pantai Base G ini. Anda dapat berkunjung pantai yang lain seperti Pantai Pasir Dua yang ada tidak jauh dari kota Jayapura.

Tetap terhubung dengan kami:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Genjos Holiday

Genjos Holiday adalah perusahaan yang bergerak dibidang Tour & Travel di Yogyakarta. Kami melayani sewa mobil, bus dan paket wisata dengan harga yang terjangkau.

Related Articles