PantaiTempat Wisata

Pantai Banongan : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Salah satunya pantai yang dapat di datangi pelancong yakni Pantai Banongan. Karena itu, kami akan mengulas Pantai Banongan dalam hidangan bacaan singkat adibawah ini, yok baca supaya ketahui tempat wisata ini ya.

Daftar Isi :

Riwayat Pantai Banongan

Pantai ini namanya Pantai Banongan, karena memang nama itu di ambil dari nama desa di dusun di tempat. Supaya gampang penyebutan dan cari letak lokasi, karena itu pantai ini di namakan dengan Pantai Banongan.

Tapi nama pantai ini sebetulnya bukan hanya Pantai Barongan saja, beberapa warga kerap mengatakan dengan Pantai Cantik Firdaus. Nama ini ada dan kerap di sebutkan karena memang pantai ini simpan keelokan di bawah laut yang ada beragam tipe ikan dan terumbu karang.

Oleh karenanya, dari dulu pantai ini jadi tempat wisata bahari yang mempunyai daya magnet tertentu. Hal-hal lain dari ada pantai ini yakni jika pantai ini kerap di pakai oleh TNI sebagai tempat latihan militer lho.

Harga Ticket Masuk Pantai Banongan

Harga ticket masuk ke Pantai Banongan ini di sebutkan lumayan murah, yaitu pelancong cuman akan keluarkan uang sejumlah Rp. 10.000 saja. Dengan demikian, Anda dapat masuk dan nikmati rekreasi bahari Pantai Banongan.

Jalur Ke arah Lokasi Pantai Banongan

Lokasi tempat wisata Pantai Banongan ini ada di Dusun Wringin Anom, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Jarak pantai ini dengan alun-alun Situbondo ialah sekitaran 33 km sama waktu menempuh 55 menit perjalanan.

Untuk akses jalan ke arah pantai ini juga lumayan gampang, Anda dapat memakai transportasi individu seperti mobil atau sepeda motor. Bila dari alun-alun Situbondo karena itu mengambil arah utara ke arah Jl. Achmad Yani / Jl. Raya Pantura / Jl. Situbondo – Banyuwangi.

Lokasi tempat wisata Pantai Banongan ini ada di Dusun Wringinanom, Asembagus, Situbondo. Jarak pantai ini dengan alun-alun Situbondo ialah sekitaran 33 km sama waktu menempuh 55 menit perjalanan.

Untuk akses jalan ke arah pantai ini juga lumayan gampang, Anda dapat memakai transportasi individu seperti mobil atau sepeda motor. Bila dari alun-alun Situbondo karena itu mengambil arah utara ke arah Jl. Achmad Yani / Jl. Raya Pantura / Jl. Situbondo – Banyuwangi.

Baca Juga :  Candi Prambanan : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Selanjutnya belok ke kanan dan tetap ada ke Jl. Achmad Yani atau Jl. Situbondo – Banyuwangi, turuti saja jalan itu sampai 27 km. Seterusnya belok ke kiri masuk ke Jl. Banongan dan turuti saja jalan itu sampai ke Dusun Waringin Anim Utara dan sampai juga di Pantai Banongan.

Object Rekreasi Pantai Banongan

Pantai Banongan ini sebetulnya sama dengan beberapa pantai yang ada di laut Selatan. Nach, beberapa daya magnet rekreasi di Pantai Banongan ini di antaranya :

1. Panorama Pantai

Sesampai di Pantai Banongan, pelancong pasti rasakan panorama pantai yang demikian ciri khas. Bagaimana tidak, karena pantai ini mempunyai panorama nuansa lautan dengan ada perahu beberapa nelayan yang berjajar di bibir pantai.

Di samping itu ada pohon-pohonan hijau yang ikut menambahkan panorama. Anda juga bisa manfaatkan panorama ini dengan lakukan hunting photo untuk mendokumentasikan peristiwa liburan Anda.

2. Situasi Sejuk

Ada di teritori pantai ini karena itu ada barisan pohon kelapa yang menyengaja tumbuh dan di atur karena beberapa pohon ini punya pemerintahan kabupaten Sutubondo. Tidak cuman pohon kelapa saja, pantai ini di kitari dengan pohon cemara yang demikian tumbuh kuat.

Baca Juga :  Curug Malela : Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Maka dari itu, karena ada barisan pohon kelapa akan menambahkan situasi sejuk apalagi dengan pohon-pohonan cemara yang teduh. Ini jadikan situasi nyaman di tambah dengan sumilir angin pantai ini.

3. Berenang

Kegiatan yang disukai oleh anak-anak dan remaja yakni bermain air dan berenang. Ini juga bisa dilaksanakan saat berkunjung Pantai Banongan.

Tapi sayang teritori pantai ini tidak ada persewaan pelampung atau ban untuk berenang. Hingga, diharap bila berenang atau bermain air di teritori bibir pantai saja ya! Ini supaya pelancong masih tetap siaga ombak yang tiba dan terbebas dari suatu hal yang tidak kita harapkan.

4. Pasirr Hitam

Sama seperti dengan karakter pantai selatan, pantai ini mempunyai garis pantai dengan bentangan pasir hitam. Meski begitu, struktur pasirnya cukup halus kok, jadi dapat dipakai untuk bermain juga.

5. Tempat Bermain Anak

Ada tidak jauh dari bibir pantai dan di bawah pohon-pohonan cemara yang demikian teduh, Anda akan mendapati beberapa mainan anak-anak dengan beragam warna. Maka dari itu, Anda juga dapat ajak anak-anak untuk meluangkan bermain di tempat ini.

Permainan yang ada juga sama seperti yang ada di taman bermain secara umum, seperti perosotan, ayunan dan beberapa permainan anak yang dapat di panjat. Ini jadi tempat yang cukup hebat untuk anak-anak.

6. Sunset

Tidak cuman siang hari untuk berekreasi di pantai ini, tetapi sore hari juga jadi saat yang pas untuk nikmati pemandangan pantai ini. Karena, di saat cuaca ceria karena itu pelancong bisa menyaksikan panorama berbentuk matahari yang mulai tenggelam.

Ombak yang mulai tenang juga cukup menambahkan nuansa hangat untuk nikmati sunset. Ditambahkan lagi ada sinaran sinar dengan warna kemerah-merahan yang ikut menghias langit. Ini jadikan keelokan alami untuk tiap orang yang melihatnya.

Baca Juga :  Pantai Pandean : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Sarana Pantai Banongan

Selainnya mempunyai daya magnet rekreasi, sarana untuk pelancong juga ada dan bisa dipakai diantaranya :

1. Tempat Parkir Kendaraan

Kendaraan yang Anda pakai akan ditujukan untuk ke arah tempat parkir yang telah disiapkan. Tempat ini juga lumayan luas, hingga bisa memuat kendaraan beroda 2 atau beroda 4. Tetapi janganlah lupa untuk memberi jasa parkir beberapa petugas ya.

2. Kamar mandi / MCK

Sebetulnya pantai ini mempunyai beberapa kamar mandi untuk pelancong. Tapi keadaan kamar mandi ini ibarat kurang terurus. Hingga ke depan diharap supaya ada perawatan dan pembaruan dan pelancong diharap jaga kebersihan.

3. Gazebo

Ada gazebo ikut jadi sarana simpatisan pantai ini. Dengan demikian, pelancong yang tiba bisa santai di atas gazebo ini bersama dengan keluarga atau rekan-rekan. Apa lagi gazebo ini menghadap ke lautan hingga bisa dipakai sekalian nikmati panorama pantai.

4. Warung Makan

Beberapa warung makan sebetulnya telah ada di pantai ini. Tetapi, karena kadang situasi pantai sepi menjadi pedagang yang jualan juga tidak selamanya ada. Maka dari itu, untuk mengantisipasi karena itu seharusnya Anda bawa perbekalan makanan sendiri ya.

Demikianlah info dan keadaan tempat wisata Pantai Banongan dengan daya magnet dan sarana yang ada. Oiya, pantai ini kerap dipakai sebagai tempat latihan beberapa TNI.

Ini karena pantai ini mempunyai bentangan yang lumayan luas hingga dapat dipakai untuk latihan landing helikopter atau dipakai untuk tank atau kapal selam. Tetapi sayang bila di saat dipakai latihan militer oleh TNI, pantai ini tidak bisa didatangi oleh pelancong atau ditutup untuk umum.

Cholida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Jasa Pariwisata heppitrip.com menyediakan sewa bus jogja murah.