PantaiTempat Wisata

Pantai Bama : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Pantai Bama sebuah pantai yang demikian natural serta lestari sampai sekarang. Pantai ini ada dalam teritori pelestarian lindung Taman Nasional Baluran.

Tetapi, bila disaksikan secara administratif, pantai ini berada antara 2 tepian daerah kabupaten yakni Situbondo dan Banyuwangi. Tapi, karena pintu masuk ada di Kabupaten Situbondo, karena itu pantai ini ada di Banyuwangi.

Rupanya, Pantai Bama ini mempunyai karakter pantai yang lain dengan pantai lain di Situbondo atau Banyuwangi lho. Hingga pantai ini mempunyai daya tarik rekreasi tertentu untuk beberapa pengunjung.

Harga Ticket Masuk

Nach, karena jalan masuk Pantai Bama ini sebagai satu pintu dari Taman Nasional Baluran, karena itu pelancong yang hendak berkunjung pantai ini sebaiknya masuk ke teritori Taman Baluran.

Dengan demikian, ticket masuk pantai ini dibayar di saat masuk Taman Baluran, karena telah include rekreasi Pantai Bama.

Untuk harga tiketnya juga cukup murah karena bisa nikmati tempat wisata taman dan pantai, tetapi ada ketidaksamaan harga untuk pelancong lokal dan wisatawan.

Untuk pelancong lokal cuman akan bayar ticket masuk Rp. 20.000 saja per-orang, tetapi untuk pelancong luar negeri harga ticket masuknya ialah Rp. 150.000.

Jalur Ke arah Lokasi Pantai Bama

Bila dari alun-alun Situbondo, agar bisa sampai ke lokasi Pantai Bama karena itu Anda harus tempuh jarak sekitaran 74 km dengan periode waktu 1 jam 42 menit perjalanan. Walau jaraknya cukup jauh, tetapi akses jalannya telah bagus hingga cukup nyaman dilalui.

Dari alun-alun Situbondo, tujukan kendaraan ke arah utara di Jl. KH. Top Hasyim Ke arah Jl. Achmad Yani atau Jl. Situbondo – Banyuwangi, belok ke kanan dengan meneruskan ikuti Jl. Situbondo – Banyuwangi / Jl. Raya Pantura dalam jarak menempuh lebih kurang 60 km.

Baca Juga :  Pantai Lange : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

SelanjutnyaAnda belok kiri ke Jl. Entry Taman Nasional Baluran, lalu belok ke kiri kembali ke arah Jalan Savana Bekol Taman Nasional Baluran. Seterusnya Anda bisa belok ke kanan dengan telusuri jalan ke arah Jl. Pantai Bama dalam jarak sekitaran 3 km.

Object Rekreasi Pantai Bama

Tempat wisata Pantai Bama memang ada di teritori Taman Nasional Baluran. Oleh karena itu banyak tempat wisata atau spot berlainan dari umumnya pantai di Jawa Timur.

Kami telah meringkas beberapa daya magnet rekreasi Pantai Bama yang jangan Anda terlewat saat berkunjung pantai ini, yakni :

1. Pasir Putih

Pantai Bama ini rupanya mempunyai bentangan pasir putih yang demikian eksotis lho. Pelancong juga umumnya jadikan pasir ini sebagai tempat berpose karena struktur pasirnya misalnya dengan pantai yang berada di Bali atau di luar negeri.

Selainnya sebagai tempat berpose, Ada juga dapat bawa perlengkapan bermain pasir seperti ember dan sekop sekedar untuk bermain pasir di pantai ini atau justru membuat istana pasir.

Supaya lebih hebat liburan di pantai ini, Anda juga dapat ajak keluarga, anak-anak atau rekan-rekan untuk bersama bermain pasir pantai.

2. Kera Ekor Panjang

Ingat pantai ini ada di lokasi Taman Nasional Baluran yang jadi komunitas beberapa satwa, jadi tidak bingung bila pelancong saat sampai di Pantai Bama ini akan disongsong oleh temanan kera ekor panjang. Ini menjadi satu diantara daya magnet pantai ini, karena pelancong dapat menyaksikan kera-kera yang berkeliaran secara bebas.

Baca Juga :  Pantai Pandean : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Nach, karena ada kera-kera yang berkeliaran, tidak boleh mengusik satwa itu ya supaya mereka masih tetap nyaman dan seharusnya waspada dalam bawa barang bawaan Anda. Karena kadang kera-kera ini akan usil dan ambil makanan Anda.

3. Pelabuhan Mangrove

Teritori pantai ini dikitari dengan pohon-pohonan hijau yang subur, pohon-pohonan ini sebagai tanaman mangrove yang memberi kesan-kesan sejuk. Karena ada pohon-pohonan ini juga Anda bisa sekadar jalan-jalan telusuri teritori ini persisnya pada sisi bagian barat pantai. Karena di teritori ini ada sebuah jembatan sampai ke pantai.

Hingga, pelancong tidak cuman nikmati kesejukannya saja, Anda juga dapat manfaatkan pohon mangrove dan jembatan ini sebagai salah satunya spot photo. Hasilnya akan demikian alami bila diambil dalam bidikan camera yang tepat.

4. Snorkeling

Pantai Bama ini tetap terlindungi kelestarian alamnya, jadi tidak bingung bila dalam perairan pantai ini masih simpan keelokan biota laut yang demikian kaya dan bermacam.

Perairan ini juga demikian jernih dan mempunyai ombak yang agak miring. Maka dari itu, Anda dapat coba beraktivitas snorkeling.

Bersnorkling dengan menyelam ke dasar laut untuk saksikan langsung keelokan biota laut yang ada benar-benar hebat lho, tetapi penyelam dilarang sentuh terumbu karang dalam perairan ini ya karena benar-benar diproteksi kealamiannya.

Anda juga dapat sewa perlengkapan snorkeling di teritori pantai ini karena telah di siapkan untuk beberapa pelancong yang hendak menyelam.

5. Menyaksikan Sunrise Dan Sunset di Pantai Bama

Pemandangan yang bisa Anda dapatkan dengan alami di pantai ini yakni sunset dan sunrise. Dengan menyaksikan matahari mulai ada pada pagi hari atau justru saat matahari mulai terbenam pada bagian barat, semua dapat Anda tonton sekalian rasakan situasi pantai yang demikian damai.

Baca Juga :  Pantai Maruni : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Tetapi, untuk menyaksikan pemandangan sunrise atau sunset, karena itu Anda harus melapor ke petugas lebih dulu, ingat pantai ini satu pintu dengan Taman Nasional Baluran dan jam operasional taman cuman start pukul 07.30 WIB sampai 16.00 WIB saja.

Sarana Pantai Bama

Pantai Bama ini sedikit di datangi oleh beberapa pelancong saat beberapa hari biasa, tetapi bertambah ramai bila saat musim liburan datang. Meski begitu, pengurus telah membuat dan sediakan sarana simpatisan untuk pelancong yang tiba lho, karena ada :

1. Kamar Mandi

Ada di teritori pantai ini karena itu Anda akan mendapati beberapa toilet sama air yang bersih. Toilet ini di siapkan untuk beberapa pengunjung yang bertandang di pantai ini, hingga Anda juga bisa juga memakai toilet ini bila memang membutuhkannya.

2. Warung Makan

Hal unik akan di ketemukan di Pantai Bama ini lho, sudah ada warung makan dengan beberapa opsi menu makanan untuk pelancong. Tetapi tempatnya demikian unik karena terbatasi dengan pagar strimin. Ini di gunakan dengan arah terbebas dari kera-kera yang tiba untuk ambil makanan. Cukup unik ya?

3. Masjid

Sarana beberapa tempat melaksanakan ibadah seperti masjid juga ada. Keadaannya juga baik karena bangunan tetap dengan alas keramik. Tetapi seharusnya Anda bawa perlengkapan alat sholat sendiri ya supaya semakin nyaman saat memakainya.

Ya, itu info berkaitan dengan tempat wisata Pantai Bama yang satu teritori dengan Taman Nasional Baluran. Bagus sekali kan? Yok selekasnya mengatur agenda liburan Anda di Situbondo ini untuk bertandang di tempat wisata ini.

Baca juga konten kami di:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles