Tempat Wisata

Gunung Api Purba Nglanggeran : Lokasi dan Tiket Masuk

Pada intinya Gunung Api Purba Nglanggeran ini ialah satu gunung api yang sempat aktif seperti pegunungan api yang lain. Tetapi hal itu terjadi sekitaran 60-70 juta tahun lalu dan sekarang ini Gunung Api Purba tidak aktif kembali.

Itu kenapa gunung ini di sebutkan gunung api purba karena gunung ini sebagai warisan purba yang sekarang ini tidak aktif karena rapuh oleh waktu.

Bila anda bertandang ke Gunung Api Purba ini, anda tidak menemui wujud gunung. Seperti secara umum yang berupa kerucut dan mempunyai kawah.

Tetapi Gunung Api Purba Nglanggeran sekarang ini mempunyai wujud seperti rangkaian batu-batuan raksasa tinggi. Membubung yang sudah banyak beberapa jenis flora dan di tempati beberapa jenis fauna di dalamnya.

Kabarnya Gunung Api Purba ini dahulunya ialah gunung yang ada di dasar lautan. Karena ada satu peristiwa alam tertentu dengan periode saat yang benar-benar lama. Tempat Gunung Api Purba ini selanjutnya terangkut ke atas dan jadi dataran juta-an tahun lalu.

Gunung Api Purba memiliki puncak yang sering di sebut Gunung Gedhe ketinggiannya mencapai 700 mtr. di permukaan laut dan semua tempat Gunung Api Purba ini mempunyai luas sekitaran 48 hektar.

Ada satu cerita atau narasi yang sekarang ini masih di percayai oleh masyarakat di tempat. Nglanggeran menurut masyarakat di tempat datang dari kata “nglanggar” atau dalam Bahasa Indonesia memiliki arti menyalahi.

Pada jaman dulu masyarakat sekitaran Gunung Api Purba mengundang seorang dalang ternama untuk acara sukuran karena panen yang berlimpah. Tetapi waktu itu ada banyak masyarakat yang asal-asalan.

Saat si dalang pergi sebentar untuk istirahat ada banyak masyarakat dengan menyengaja mainkan wayang yang di bawa si dalang, dengan asyiknya mereka bermain wayang sehingga wayang itu ada yang hancur dan di tinggal demikian saja.

Menyaksikan wayangnya hancur si dalang juga geram dan cari siapakah yang sudah menghancurkan wayangnya. Selanjutnya si dalang juga murka dan menyumpah beberapa masyarakat di tempat jadi wayang lalu di buang di teritori Bukit Nglanggeran.

Baca Juga :  Embung Batara Sriten : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Entahlah terkait dengan narasi ini atau mungkin tidak, sampai saat ini beberapa warga di tempat yakini jika Gunung Api Purba di jaga oleh makhluk namanya Kyai Ongko Wijoyo dan figur pewayangan Punokawan yakni Semar, Gareng, Petruk dan Bagong.

Daftar Isi :

Gunung Api Purba Nglanggeran

Selainnya itu tetap ada mistis yang menempel di Gunung Api Purba , yakni terdeapat sebuah Daerah Pitu atau Daerah Tujuh yang cuman bisa di tempati oleh 7 kepala keluarga.

Keyakinan ini telah ada dari dulu dan di percayai temurun sampai saat ini. Kabarnya bila jumlah kepala keluarga di Daerah Pitu ini lebih dari 7 karena itu kepala keluarga ke 8 akan terserang penyakit yang berbuntut kematian. Juga bila jumlah kepala keluarga kurang dari 7 maka ada pandemi penyakit yang hendak serang semua warga Daerah Pitu sampai bisa berbuntut pada kematian.

Itu kenapa Daerah Pitu cuman bisa di tempati oleh 7 kepala keluarga tidak kurang dan kurang. Bila ada anak dari salah satunya kepala keluarga menikah karena itu dia akan keluar Daerah Pitu dan tinggal di bawah atau di lereng Gunung Api Purba Nglanggeran.

Baca Juga :  Pantai Buyutan : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Untuk ke arah pucuk Gunung Api Purba anda harus jalan telusuri jalan setapak dengan batu-batuan yang cukup melawan dan pasti dengan tanjakan yang cukup melelahkan.

Di Gunung Api Purba ini anda bisa lakukan beragam kegiatan khususnya kegiatan adventure seperti hiking, camping dan panjat tebing atau rock climbing.

Lokasi

Lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran memang cukup jauh dari Kota Yogyakarta, tetapi akses ke arah Gunung Api Purba telah baik sekali dan bisa di lewati tipe kendaraan apa saja.

Alamat Gunung Api Purba ada di Dusun Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Wilayah Spesial Yogyakarta.

Jalur Ke arah Gunung Api Purba Nglanggeran

Jalur ke arah Gunung Api Purba bila anda dari arah Kota Yogyakarta anda harus ke arah Jalan Jogja-Wonosari. Sampai mengarah Bukit Bintang atau Kecamatan Patuk Gunungkidul.

Sesampai di simpang empat Pusat Info Pariwisata anda belok kiri terus turuti jalan sampai sepanjang kurang lebih 7 KM. Sepanjang jalan ini anda tidak jenuh karena anda akan menyaksikan panorama alam yang cantik dan ada panorama ciri khas. Berbentuk beberapa menara transmisi yang tinggi membubung yang memiliki arti anda telah dekat sama lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran.

Baca Juga :  Pantai Sipelot : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Jarak dari Jogja ke Gunung Api Purba Nglanggeran ialah 26,8 KM. Dan waktu pintas kendaraan motor dari Jogja ke Gunung Api Purba yaitu sekitar 57 menit atau 1 jam.

Harga Ticket dan Parkir Gunung Api Purba Nglanggeran

Harga ticket masuk Gunung Api Purba ini di bagi jadi 2 yakni Rp 15.000 di siang hari dan Rp 20.000 saat malam hari. Dan ongkos parkir untuk sepeda motor Rp 3.000 dan untuk mobil Rp 5.000.

Sarana

Sarana Gunung Api Purba Nglanggeran sekarang ini bisa di sebutkan mempunyai sarana yang sangat komplet. Untuk beberapa pelancong yang ingin berkunjung Gunung Api ini, salah satunya ialah:

  • Lajur Pendakian
  • Pemandu
  • Camping Ground
  • Home Stay
  • Toilet
  • Masjid
  • Pusat Kulineran dan Oleh-Oleh
  • Balai Tatap muka
  • Pos Kesehatan
  • Pusat Info
Cholida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Jasa Pariwisata heppitrip.com sewa bus pariwisata jogja terbaik.