Tempat Wisata

Gumuk Pasir Parangkusumo : Lokasi dan Tiket Masuk

Salah satu kekhasan tujuan rekreasi di Jogja yang tidak di punyai wilayah lain di Indonesia ialah Gumuk Pasir Parangkusumo. Gumuk Pasir Parangkusumo ialah satu gundukan pasir yang umumnya berada di dekat pantai yang tercipta dengan alami dengan periode waktu lama.

Yang membuat spesial ialah Gumuk Pasir ini cuman ada 2 di Dunia yakni di Mexico dan satu kembali berada di teritori Pantai Parangkusumo Bantul Yogyakarta.

Gumuk Pasir ini sebagai peristiwa alam yang langka dan mengagumkan yang sekarang ini jadi tujuan rekreasi favorite di Jogja. Bagaimana tidak, jika anda berkunjung ke Gumuk Pasir ini anda akan merasa seolah ada di gurun pasir yang luas yang biasanya ada di belahan bumi timur tengah.

Kabarnya kehadiran Gumuk Pasir ini terkait langsung dengan kehadiran Gunung Merapi yang ada di samping utara kota Yogyakarta.

Bagaimana dapat begitu? Walau sebenarnya Gumuk Pasir ini ada di pesisir wilayah Yogyakarta tetapi kenapa di kuasai Gunung Merapi? Rupanya hal itu kabarnya di sebabkan karena zaman dulu Gunung Merapi pernah meledak dengan kemampuan super hebat hingga muatan vulkanik berbentuk pasir atau debu bersebaran dan menyebar di semua penjuru Yogyakarta.

Makin lama karena Gunung Merapi ada di samping utara yang kondisi tanahnya semakin tinggi muatan vulkanik oleh hujan dan saluran sungai sampai bersumber di Pantai Selatan.

Sesudah sesampai di Pantai Selatan muatan vulkanik itu beradu dengan garangnya ombak Pantai Selatan yang populer garang hingga muatan vulkanik itu jadi sejumlah partikel kecil dan pada akhirnya terikut angin ke arah wilayah di mana saat ini Gumuk Pasir Parangkusumo ada.

Sudah pasti peristiwa alam itu berjalan benar-benar lama bahkan juga sampai sekarang ini.

Daftar Isi :

Baca Juga :  Pantai Kastela : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo yang dahulunya cuman di lihat sebagai timbunan atau gundukan pasir yang tidak bermanfaat sekarang sudah menjelma menjadi satu di antara tujuan rekreasi favorite di Jogja.

Di Gumuk Pasir ini anda bisa lakukan beragam kegiatan seperti keinginan. Salah satunya kegiatan modern yang banyak mulai dicari wisatawa ialah bermain sand boarding atau melaju di gundukan pasir memakai papan.

Permainan atau olahraga ini seperti snow boarding tetapi dengan media pasir. Disamping itu bila kamu hoby photografi di Gumuk Pasir in adalah lokasi yang pas untuk memburu gambar khususnya saat sore hari untuk memburu sunset.

Sering di temui pasangan yang lakukan photo pre-wedding di Gumuk Pasir ini karena mempunyai keunikannya tertentu.

Selainnya panorama bentangan padang pasir yang mengagumkan, bila anda telah berasa jemu dan ingin berkunjung tujuan rekreasi yang lain anda tak perlu cemas karena Gumuk Pasir ini ada di Pantai Parangtritis yang sangat terkenal dan Pantai Parangkusumo dan Pantai Depok yang populer dengan olahan seafood yang memikat.

Baca Juga :  Curug Pulosari : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Hingga bila anda telah senang berkeliling-keliling di teritori Gumuk Pasir ini anda bisa isi perut dan coba sedapnya olahan seafood ciri khas Pantai Depok yang pasti benar-benar fresh karena datang dari tangkapan nelayan di tempat.

Atau bila anda inginkan suatu hal yang melawan adrenalin, anda bisa berusaha untuk tandem paralayang di Bukit Paralayang Parangtritis.

Bisa menjadi pengalaman yang paling membahagiakan mendebarkan saat anda coba paralayang di sini karena panoramanya ialah samudera hindia yang paling luas dan bentangan bibir pantai selatan yang panjang.

Lokasi

Lokasi Gumuk Pasir ini benar-benar gampang di capai karena ada di teritori rekreasi terkenal Pantai Parangtritis. Memang lokasi Gumuk Pasir ini cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta tetapi untuk jalan atau aksesbilitas ke arah Gumuk Pasir ini sangat bagus dan mudah untuk di lewati.

Alamat Gumuk Pasir Parangkusumo ada di Dusun Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Wilayah Spesial Yogyakarta.

Jalur Ke arah Gumuk Pasir Parangkusumo

Jalur ke arah Gumuk Pasir lumayan gampang untuk di raih. Bila anda dari arah Kota Yogyakarta karena itu anda harus ke arah Jalan Parangtritis dengan ke arah selatan.

Baca Juga :  Curug Luhur : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Apabila sudah melalui Jalan Parangtritis maknanya perjalanan anda telah pas anda tinggal ikuti Jalan Parangtritis. Lempeng langsung ke samping selatan sampai menemui jembatan yang paling panjang. Kemudian anda akan menemui pos retribusi atau loket pembayaran retribusi Pantai Parangtritis.

Saat sebelum pos retribusi anda belok ke kanan dan akan menemui papan nama Gumuk Pasir Parangkusumo. Turuti jalan terus yang ada sampai anda akan sampai di Gumuk Pasir Parangkusumo.

Jarak dari Kota Jogja ke Gumuk Pasir ialah 28 KM. Dan waktu pintas normal kendaraan motor dari Kota Jogja ke arah Gumuk Pasir sekitaran 54 menit atau 1 jam.

Harga Ticket Masuk

Harga ticket masuk Gumuk Pasir Parangkusumo ialah Rp 5.000. Dan ongkos parkir untuk sepeda motor Rp 2.000 dan untuk mobil Rp 5.000.

Sarana

Sarana Gumuk Pasir Parangkusumo sekarang ini bisa di sebutkan mempunyai sarana seadanya. Untuk beberapa pelancong yang ingin berkunjung Gumuk Pasir, salah satunya ialah:

  • Warung Makan
  • Tempat Parkir
  • Toilet
  • Spot Photo
Cholida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Jasa Pariwisata heppitrip.com menyediakan sewa bus jogja murah.