Tempat Wisata

Goa Tanding : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Asal mula nama Goa Tanding ini ialah saat ada warga Bejiharjo yang ingin membuat sumur air yang namanya Harto Tanding tapi telah lumayan lama mengeruk sumur tetapi tidak juga mendapatkan air yang keluar.

Dan niat mbah Harto Tanding ini ingin mengeruk makin dalam selanjutnya saat linggis yang disebut alat untuk mengeruk sumur. Mbah Harto Tanding ini tembus rongga yang ada di perut bumis, dan secara tidak menyengaja Goa ini diketemukan oleh mbah Harto dan keluarganya.

Awalannya Goa Tanding ini tidak ada akses untuk masuk keluar selainnya melalui sumur mabh Harto.

Karena keadaan goa dalam tanah ini lumayan luas dan melewati Goa Pindul yang telah lama populer di kelompok masyarakat pada akhirnya goa ini diberi nama “Goa Tanding”.

Nama Tanding ini sendiri diambil dari nama mbah Harto Tanding yang mendapati jalan pertama kalinya ke arah goa bawah tanah ini.

Di Goa Tanding ini beberapa pengunjung bias telusuri sungai bawah tanah memakai perahu karet dan bias di naiki secara bergerombol. Goa Tanding ini sendiri mempunyai kedalaman air yang capai 4 mtr. dan tinggi dari permukaan air hingga atap goa capai 5 mtr. sampai 16 mtr..

Baca Juga :  Pantai Bolu Bolu : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Dan untuk lebar goa ini mempunyai lebih kurang 4 mtr. sampai 9 mtr. sesuai kontur goa dan benar-benar bervariatif. Goa Tanding ini memiliki panjang atau jarak susur capai 460 mtr. dan untuk lama penyusuran di goa ini lebih kurang 1 jam 30 menit.

Saat beberapa pengunjung telusuri sungai bawah tanah di goa ini, pengunjung akan menyaksikan barisan stalaktit dan stalagmite eksotik yang bergelantung di atas atap Goa Tanding.

Bahkan juga kehadiran dari stalaktit dan stalagmit di sini rupanya masihlah aktif, pengunjung bisa menunjukkan itu dengan menyoroti lampu senter ke stalaktit dan stalagmit selanjutnya peara pengunjung bisa melihat keelokan dari kerlap-kerlip kristal.

Lokasi Goa Tanding

Lokasi Gua Tanding ini telah terhitung gampang untuk dicapai oleh beberapa pengunjung karena jalan untuk ke arah Gua Tanding ini telah bagus, pantas dan cukuplah aman untuk dilalui. Tetapi lokasi Goa ini lumayan jauh dari pusat perkotaan Yogyakarta.

Baca Juga :  Tlogo Putri Kaliurang : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Alamat Gua Tanding ini persisnya ada di Desa Ajang II, Dusun Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Jalur Ke arah Goa Tanding

Jalur ke arah Gua Pindul ini benar-benar gampang untuk dicapai. Bila anda dari Jogja ke arah timur Jl KH. Ahmad Dahlan ke Jl Pangurakan.

Lalu terus jalan melalui Jalan Kusumanegara, sampai di perempatan ke selatan melalui Jalan gedongkuning. Lalu terus jalan sampai di perempatan ke timur melalui Jalan Wonosari.

Selanjutnya lempeng terus melalui Jalan Nasional III, sampai di pertigaan belok ke barat. Lalu turuti jalan terus yang ada, sampai di pertigaan ke timur melalui Jalan Nasional III.

Selanjutnya terus jalan sampai di pertigaan ke timur melalui Jalan Alternative Karangmojo. Lalu turuti jalan yang ada sampai di perempatan ke timur melalui Jalan Goa Pindul pos-2.

Sampai di perempatan kea rah timur ke Jalan Goa Pindul pos-1, turuti jalan terus yang ada sampai anda akan sampai di Goa Tanding.

Jarak dari pusat perkotaan Yogyakarta ke Gua Tanding cukup jauh yakni sekitaran 41,6 km. Dan waktu pintas normal kendaraan motor dari pusat Kota Yogyakarta ke arah Gua Tanding sekitaran 1 jam 20 menit.

Baca Juga :  Tempat Rekreasi di Jambi

Harga Ticket dan Parkir Goa Tanding

Harga ticket retribusi masuk ke teritori Gua Tanding cuman di kenai Rp 10.000/orang.

Untuk nikmati susur sungai di Goa ini pengunjung harus keluarkan uang sejumlah Rp 150.000/orang. Untuk pelancong local dan Rp 200.000/orang untuk pelancong luar negeri.

Dan untuk biaya parkir di rekreasi Goa ini bebas ongkos atau cuma-cuma.

Sarana

Sarana di Gua Tanding ini telah cukup komplet untuk beberapa pengunjung yang ingin ke Gua Tanding, salah satunya ialah:

  • Helm
  • Kapal Karet
  • Jaket Pelampung
  • Asuransi
  • Pemandu Rekreasi
  • Penitipan Barang
  • Minum
  • Makan
  • Tempat PArkir
  • Kamar Mandi
  • Masjid
Tetap terhubung dengan kami:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Genjos Holiday

Genjos Holiday adalah perusahaan yang bergerak dibidang Tour & Travel di Yogyakarta. Kami melayani sewa mobil, bus dan paket wisata dengan harga yang terjangkau.

Related Articles