Tempat Wisata

Goa Rancang Kencono : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Goa Rancang Kencono adalah goa yang terletak di Gunung Kidul. Keberadaa goa ini simpan banyak mistis karena dahulu di goa ini sempat ada manusia semenjak beberapa ratus tahun bahkan beberapa ribu tahun.

Goa Rancang Kencono berupa vertikal yang ada di pegunungan kapur Gunung Kidul. Goa Rancang ini di pakai pada semenjak jaman Megalitikum, jaman Kerajaan Mataram Islam, dan jaman perjuangan sesudah kemerdekaan indonesia.

Disini mempunyai panorama stalaktit yang cantik dan simpan banyak narasi riwayat yang memikat.

Oleh karenanya Goa Rancang ini di jadikan objek wiasta alam dan dapat menjadi untuk menuntut pengetahuan.

Riwayat Goa Rancang Kencono

Riwayat dari Goa Rancang ada dalam buku Mozaik Pustaka Budaya Yogyakarta yang di buat oleh Balai Konservasi Warisan Purbakala Yogyakarta di tahun 2003.

Menurut seorang periset yang sempat mempelajari goa ini sebuah goa purba. Hal itu bisa di buktikan karena adanya artefak batu dan tulang yang berusia ribuan tahun.

Cerita pelarian Laskar Mataram untuk lakukan perlawanan penjajah Belanda sekitaran di tahun 1720 di Goa Rancang Kencono ini. Di tahun itu terjadi pengusiran penjajah Belanda yang sudah di lakukan oleh kerajaan yang berada di Jawa, salah satunya kerajaau itu yakni Kerajaan Mataram.

Baca Juga :  Pantai Cahaya Kendal : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Goa ini sebagai salah satunya tempat persembunyian Laskar Mataram.

Dahulu goa ini kerap di pakai sebagai tempat bersemedi dan membuat taktik perang untuk menantang penjajah dari Belanda. Karena hal itu jadi asal mula penamaan Goa Rancang Kencono, kata rancang dari bahasa Jawa maknanya gagasan dan kencono maknanya emas atau mulia .

Maka Goa Rancang bisa di simpulkan untuk tempat membuat atau berencana tindakan yang bagus atau mulia.

Untuk dapat masuk ke Goa ini anda harus melalui anak tangga karena goa ini ada di bawah tanah. Di samping anak tangga itu ada sebuah pohon Klumpit yang tumbuh tinggi sampai melewati atap goa.

Kehadiran pohon ini menjadi satu di antara kekhasan dari goa ini. Dalam Goa Rancang Kencono ada 3 buah ruang. Pada ruang pertama ini mempunyai luas sekitaran 20 m x 20 m. Di ruang pertama ini biasa di pakai sebagai tempat bergabung masyarakat yang saat ini telah di jadikan lapangan untuk bermain badminton masyarakat sekitaran.

Pada ruang ke-2 ini kelihatan lebih sempit dan gelap dibanding ruang yang ke-2 . Di ruang ke-2 ada sebuah arca yang memiliki bentuk arca nandi yang di sebut kendaraan Dewa Siwa. Ruang ini umumnya di pakai untuk semedi.

Di ruang seterusnya anda harus jalan merayap karena jalan ke arah ruang ke-3 ini terlampau sempit. Di ruang itu ada lukisan bendera merah putih, simbol garuda, dan ada tulisan “Prasetya Bhinnekaku” yang di sebut tulisan untuk menyemangati Laskar Mataram yang berperang.

Baca Juga :  Pulepayung : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Lokasi

Lokasi rekreasi alam Goa Rancang Kencono lumayan gampang di capai dan di ketemukan, karena lokasi Goa ini ada dekat sama objek rekreasi Air Terjun Sri Gethuk. Alamat persisnya ada di Desa Mungguran II, Bleberan, Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Wilayah Spesial Yogyakarta.

Jalur Ke arah Goa Rancang Kencono

Jalur ke arah objek rekreasi Goa Rancang Kencono lumayan gampang diraih karena jalan ke arah rekreasi Goa Rancang telah di perbarui hingga dapat untuk di lalui.

Bila anda dari pusat 0 km kota Yogyakarta ke arah timur melalui jl panembahan senopati, lalu belok ke arah selatan melalui jl brigjend katamso lempeng lagi hingga pertigaan.

Lalu belok ke arah timur melalui jl kolonel sugiyono lempeng lagi hingga pertigaan. Kemudian belok ke arah selatan melalui jl sisingamangaraja lempeng lagi hingga melalui jl imogiri barat lempeng lagi hingga perempatan ringroad selatan belok ke arah timur melalui jl national rte 3 lempeng lagi hingga perempatan.

Lalu belok ke arah selatan melalui jl imogiri timur lempeng lagi hingga pertigaan ke arah timur terus jalan sampai pertigaan belok ke arah selatan melalui jl pleret sampai pertigaan belok ke arah timur melalui jl sugeng riyadi sampai pertigaan belok ke arah timur melalui jl segoroyoso, turuti jalan itu sampai melalui jl air terjun sri gethuk karena itu anda akan sampai ke objek rekreasi Goa Rancang.

Baca Juga :  Pantai Mbehi : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Jarak yang di temuh dari pusat perkotaan Jogja ke Goa Rancang lumayan jauh yakni sekitaran 35,3 km dan waktu pintas kendaraan normal beroda 2 dari pusat Kota Jogja ke Goa Rancang Kencono sekitaran 1 jam 12 menit.

Harga Ticket dan Parkir Goa Rancang Kencono

Harga ticket masuk objek rekreasi Goa Ranceng Kencono lumayan murah pelancong yang bertandang cuman akan di kenai ongkos Rp. 35.000 per-orang. Harga itu terhitung tiket ke Air Terjun Sri Gethuk. Pada harga itu anda bisa menelusuri gua dengan senang.

Dan untuk harga ticket parkir untuk pelancong yang bawa kendaraan individu tak perlu kuatir karena di teritori Goa Rancang Kencono ada tempat parkir yang lega dengan bayar Rp. 2000 untuk kendaraan beroda 2 dan Rp. 5000 untuk kendaraan mobil.

Sarana

Sarana yang berada di rekreasi Goa Rancang sekarang ini telah di perkembangkan oleh warga dengan support pemda. Goa Rancang Kencono mempunyai sarana yang komplet. Goa Rancang ini mempunyai sarana simpatisan yang bisa membuat beberapa pelancong yang bertandang berasa nyaman, sarana simpatisan salah satunya:

  • Ada toilet
  • Masjid
  • Tempat parkir yang lega
  • Tempat camping
Tetap terhubung dengan kami:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Genjos Holiday

Genjos Holiday adalah perusahaan yang bergerak dibidang Tour & Travel di Yogyakarta. Kami melayani sewa mobil, bus dan paket wisata dengan harga yang terjangkau.

Related Articles