Mobil

Daihatsu Ayla 2023 Konsumsi BBM Pada Pemakaian di Perkotaan dan Perbukitan

Daihatsu Ayla generasi kedua telah mengalami banyak perubahan. Selain itu, jantung pacu, di mana Ayla kini menggunakan mesin 1.2 tiga silinder yang lebih kecil dari model generasi pertama yang menggunakan empat silinder.

Namun pergantian mesin ini juga menjadi salah satu cara Daihatsu untuk membuat Daihatsu Ayla 2023 semakin irit bahan bakar.

Untuk mendemonstrasikan efisiensi bahan bakar terbaru Daihatsu Ayla, Autofun Indonesia berpartisipasi dalam Media Test Drive Daerah Istimewa Yogyakarta yang diselenggarakan oleh PT Astra Daihatsu Motor.

Untuk menguji hatchback mungil di segmen Low Cost Green Cars (LCGC), kami akan menggunakan setidaknya Daihatsu Ayla 1.2 R CVT ADS, di mana versi ini merupakan yang tertinggi.

Oia, mobil ini memuat empat orang dewasa dan empat koper ukuran 20″ di bagasi.

Adapun rutenya, mulai dari tempat wisata, seni budaya dan aneka kuliner, dari Kulon Progo hingga Karang Pramuka di Kaliurang. Lalu kemudian tempat selanjutnya mengarah ke Jalan Magelang, Pasar Beringharjo, Candi Plaosan, Candi Ratu-Boko, dan Candi Prambanan.

Daftar Isi :

Daihatsu Ayla Diuji Seperti Mobil Harian

Untuk menguji Daihatsu Ayla, kami tidak menggunakan sistem yang pengiritan seperti yang kami lakukan pada mobil lain, dimana AC kami matikan dan hanya dikendarai dengan kecepatan rendah. Di sisi lain, Ayla kami kendarai layaknya mobil biasa sehari-hari tanpa eco-mode.

Jalanan sebagian lurus dan juga memiliki tanjakan yang curam, meskipun mobil juga cenderung melaju kencang saat jalan lurus kosong atau melambat saat terjadi kemacetan di lampu merah.

Selain itu, ada juga beberapa jalur yang cukup terjal dan menanjak menuju Kaliurang dan juga menuju Candi Ratu Boko di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Oleh karena itu, saat mengendarai Daihatsu Ayla, kami dapat menyimpulkan beberapa hal seperti handling dan performanya.

Handling

Dari segi handling, mobil ini terasa ringan, meski di jalanan sempit terasa lincah berkat radius putar hanya 4,4 meter. Belum lagi Ayla terbaru sebagai LCGC bisa dikatakan cukup nyaman di berbagai kondisi jalan, meski dinaungi empat orang dewasa.

Baca Juga :  Inilah Tips Hemat Bahan Bakar Mobil Ketika Mudik Lebaran!

Ya, ternyata ini tidak lebih dari menggunakan suspensi depan MacPherson Strut dengan Coil Spring dan belakang Torsion Axle Beam dengan Coil Spring. Keduanya juga memiliki stabilizer untuk meningkatkan stabilitas saat berkendara di permukaan jalan yang berbeda.

Belum lagi mobil ini memiliki ground clearance 160mm, sehingga beberapa jalanan bergelombang masih bisa terlalui dengan mudah.

Performa

Untuk menguji performa mesin WA-VE, berkapasitas 1,2 liter, tiga silinder, DOHC dual VVT-i, mobil ini masih bisa melewati berbagai rintangan meski harus melalui tanjakan. Ya, kami tidak merasakan masalah yang berarti.

Penggunaan Dual Mode Continuously Variable Transmission (D-CVT) dengan rasio transmisi dari 2800 hingga 0,425 juga sangat masuk akal. Selain itu, akselerasi mobil ini juga terasa lebih halus. Padahal, mesin tiga silinder itu masih memiliki rasa getar. Tapi itu tidak terlalu mengkhawatirkan, sangat normal.

Saat harus berhenti di tanjakan, kita tidak perlu khawatir. Pasalnya, Daihatsu Ayla memiliki Hill Start Assist (HSA) yang mencegah mobil terguling ke belakang dalam jangka waktu tertentu saat diam. Hal ini tentu saja membuat pengemudi lebih aman dan nyaman di jalan.

Baca Juga :  Inilah Spesifikasi Dan Harga Daihatsu Sigra Terbaru 2023!

Konsumsi BBM Daihatsu Ayla 2023

Selama perjalanan di Yogyakarta kami menempuh total sekitar 153 km. Nah, rata-rata konsumsi bahan bakar yang tercatat di fungsi indikator MID atau Multi Information Display (MID) adalah 13,6 kilometer per liter.

Tentunya untuk mobil yang melaju di dalam kota dan di tanjakan, angka tersebut cukup mengejutkan, karena dikendarai seperti pada kondisi jalan biasa, tanpa memikirkan eco-mode.

Bahkan, Daihatsu mengklaim telah melakukan berbagai uji performa pada Daihatsu Ayla. Alhasil, catatan uji dyno dan internal Ayla bisa mencapai lebih dari 20 kilometer per liter.

Namun perlu Anda perhatikan bahwa pertanyaan apakah sebuah mobil boros bahan bakar atau tidak tidak hanya bergantung pada mobil tersebut, tetapi juga pada keterampilan pengemudi yang terlalu kasar dan juga pada kondisi lingkungan, baik jalan maupun cuaca.

Kekurangan Daihatsu Ayla 2023

Saat mobil ini berisi tiga orang dewasa di baris kedua, terasa sempit dan tidak nyaman. Apalagi daya tarik awal mobil ini masih belum terlalu menarik atau sangat responsif. Namun setelah beberapa detik mobil masih stabil dan sangat bermanuver.

Baca Juga :  Berapa Kira-Kira Pajak Pajero Sport? Yuk Simak!

Penumpang dewasa tidak nyaman duduk di baris kedua terlalu lama. Karena masih terasa kurang empuk. Baris kedua kurang aman untuk penumpang dewasa karena tidak memiliki sandaran kepala yang memadai. Terlebih lagi mereka yang tingginya lebih dari 165 cm.

Cholida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Dapatkan Promo Paket Wisata Jogja dan juga Sewa Bus Jogja di HeppiTrip.com