PantaiTempat Wisata

Curug Seribu : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Curug Seribu salah satunya air terjun paling besar di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Dengan tinggi air terjun sekitaran 100 mtr. menjadikan sebagai curug paling tinggi di Bogor. Air terjun ini mempunyai panorama mengagumkan dengan beberapa pohon besar penuhi sekitarnya.

Air terjun ini ada pada ketinggian di antara 750-1.050 mdpl. Diberi nama Curug Seribu karena dinding batu air terjun dikellingi banyak air terjun kecil. Sumber airnya datang dari Gunung Salak dan mengucur ikuti arah Sungai Cikuluwung.

Harga Tiket Masuk

Air terjun ini berada teritori Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Oleh karena itu pengunjung perlu bayar ticket TNGHS lalu Curug Seribu. Ticket Reguler Curug Rp10.000

Jam Buka

Teritori rekreasi air terjun ini bekerja tiap hari baik hari biasa atau akhir minggu. Dengan jam membuka dari pagi sampai sore hari. Dan untuk teritori Gunung Salak Endah mempunyai jam operasional 24 Jam. Senin – Minggu 08.00 – 16.00

Aktivitas Wisata Di Curug Seribu

Beberapa anggapan ada mengenai pemberian nama air terjun ini. Opini umum ialah karena teritori ini banyak memiliki curug kecil yang lain.

Baca Juga :  Pantai Tapak Antu : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Tetapi opini lain mengatakan nama ‘seribu’ diambil dari jarak lokasi sekitaran 1000 mtr. dari pintu masuk. Atau karena pelancong harus menuruni sekitaran 1000 anak tangga untuk capai lokasi itu.

Trekking

Curug Seribu berada di lembah dalam, antara dua punggungan bukit. Untuk meraihnya, pelancong harus jalan kaki sepanjang tiga km dari tempat parkir menuruni lembah. Perjalanan sekitaran 60 menit ke arah lokasi air terjun cukup melawan.

Walau harus tempuh perjalanan curam, tetapi pemandangan rimba disekitaran lajur hebat cantik. Lajurnya berbentuk jalan setapak yang awalnya masih bagus sampai jalan berbatu yang curam. Di perjalanan pelancong akan menjumpai beberapa mata air fresh dan benar-benar jernih yang bisa langsung diminum.

Sering kelihatan gerombolan kera rimba yang bergelantung di sejauh perjalanan. Suara serangga dan burung-burung ikut memberi warna situasi. Sesudah jalan batu-batuan semakin curam, akan kedengar deru suara air terjun.

Menikmati Pemandangan Air Terjun

Sesampai di air terjun, pelancong akan menyaksikan air terjun dengan ketinggian 100 mtr.. Curug Seribu demikian besar dan dikitari lembah yang paling curam. Suara arusnya bergelora menusuk saluran sungai di bawahnya.

Baca Juga :  Pantai Tanjung Kait : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Dalam jarak yang belum terlampau dekat, pelancong dapat rasakan terpaan anginnya. Angin itu bawa recikan air terjun dan membuat tingginya kelembapan tempat itu.

Air terjun ini ada di tengah kepungan pohon-pohonan besar, membuat kelihatan terselinap. Pohon-pohonan rimbun disebelah kanan, kiri dan atas tempatnya memberi sebuah kesan-kesan mistik. Kerimbunan itu sekaligus juga membuat situasi sekitaran air terjun sangat terasa teduh dan bersuhu dingin.

Berenang dan Bermain Air

Saluran air Curug Seribu mengambil sumber dari Gunung Salak. Itu kenapa airnya benar-benar dingin. Tetapi air itu mempunyai kesegaran yang membuat pelancong ikhlas berbasah-kuyup.

Pelancong tidak di anjurkan untuk berenang langsung di bawah air terjun. Air terjun ini mempunyai arus yang paling deras. Kegiatan seperti berenang atau bermain air bisa di laksanakan di lokasi yang cukup jauh dari curah air terjun.

Pengurus sudah memasangkan pertanda sebagai peringatan batas tempat untuk kegiatan wisata. Sebuah tali panjang di bentangkan sebagai pertanda pelancong jangan melalui batasan itu.

Berfoto

Sepanjang perjalanan ke arah air terjun banyak beberapa spot yang memikat buat berpose untuk pelancong. Panorama yang asri di awali dari pohon-pohonan pinus di kanan kiri jalan awalnya lajur. Makin dekati air terjun, latar photo menarik setelah itu pemandangan rimba dan bukit-bukit.

Baca Juga :  Curug Cigamea : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Sesampai di air terjun, pelancong bisa berpose dengan background saluran air deras yang di kitari pohon-pohonan. Beberapa pengunjung membuat fose sedramatis kemungkinan dengan situasi mistik Curug Seribu. Air terjun ini benar-benar cantik dan kelihatan seperti jatuh dari langit karena ketinggiannya.

Pelancong bisa juga berpose pada bagian sungai yang dangkal. Batu-batuan yang ada di sekitaran air terjun mempunyai wujud unik, hingga pas jadi latar berswafoto. Tiap sudutnya tampilkan situasi air terjun yang paling alami seperti belum tersentuh.

Fasilitas Curug Seribu

Di objek rekreasi Curug Seribu ada banyak sarana yang ada untuk pelancong. Di antaranya MCK, shelter, dan tempat makan.

Untuk argumen keamanan, di sekitaran air terjun di buat pos jaga. Perannya sebagai tempat pengawasan debet saluran air.

Tempat parkir ada dengan kemampuan beberapa puluh motor. Sekitaran 100 mtr. dari lokasi parkir, ada jejeran penjual minuman dan makanan.

Lokasi Curug Seribu

Rekreasi air terjun ini ada dalam Teritori Rekreasi Gunung Salak Endah, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810. Atau sekitaran 1,5 Jam berkendaraan dari kota Bogor.

Tetap terhubung dengan kami:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Genjos Holiday

Genjos Holiday adalah perusahaan yang bergerak dibidang Tour & Travel di Yogyakarta. Kami melayani sewa mobil, bus dan paket wisata dengan harga yang terjangkau.

Related Articles