Air TerjunTempat Wisata

Curug Jenggala : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Rupanya Banyumas mempunyai tujuan rekreasi yang hits dan instagrammable semenjak tahun 2016. Tempat itu ialah Curug Jenggala, air terjun memikat hasil tatap muka dua saluran sungai.

Tempat wisata ini bisa di kenal dengan barisan tiga air terjun yang deras dan dek swafoto berupa hati. Air terjun ini dapat di ketemukan bila bertandang ke Desa Kalipagu, Kabupaten Banyumas.

Ticket Masuk

Pengunjung tak perlu cemas dengan ongkos ticket Curug Jenggala. Biaya ticket masuknya benar-benar dapat di jangkau dan berlaku untuk hari biasa atau hari liburan.

Ticket ini telah terhitung biaya masuk tempat wisata Kalipagu, sepert Curug Panganten dan Curug Muntu. Untuk harga tiket masuk ke curug ini yaitu Rp10.000

Jam Membuka

Tempat wisata air terjun ini dapat di datangi oleh kelompok umum tiap hari. Umumnya, Curug Jenggala ramai pada musim berlibur sebagai tujuan rekreasi keluarga.Jam Operasional yaitu buka setiap hari dari 07.00 sampai 15.30 WIB

Daya tarik Curug Jenggala Banyumas

Curug Jenggal ialah air terjun dengan tinggi lebih kurang 30 mtr. yang ada di Banyumas. Air terjun ini sebagai salah satunya serangkaian air terjun yang ada di teritori Gunung Slamet. Awalnya, Curug Jenggala mempunyai nama Curug Tempuan, sebagai wakil keadaannya sebagai tatap muka Sungai Banjaran dan Sungai Mertelu.

Baca Juga :  Bukit Tranggulasih : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Tempat rekreasi ini makin memikat beberapa pengunjung, khususnya dari kelompok anak muda, sesudah di atur jadi lokasi yang elok dan memikat buat berswafoto. Walau memerlukan waktu untuk diraih, tetapi akses jalan ke arah air terjun sekarang sangat rapi dan teratur. Rasa capek akan terlewatkan dengan panorama alam Gunung Slamet yang hijau dan terbangun.

Lajur Trackking yang Mempesona

Untuk ke lokasi air terjun, wisatawan harus lewat jalan setapak kurang lebih 800 mtr.. Jalan ini dapat di lewati dengan jalan kaki atau memakai jasa ojek. Kendaraan individu akan di parkir di pelataran rumah masyarakat di tempat.

Jalan setapak yang perlu di lintasi dari tempat parkir berbentuk jalan berlapis batu-batuan dengan rapi dengan lebar 1 mtr.. Tidak boleh cemas, karena perjalanan ini akan di manja oleh panorama sekitaran yang cantik. Dimulai dari lajur pipa air PLTA Ketenger, sawah dan kebun, dan Gunung Slamet yang membubung dari kejauhan. Berhati-hati saat mulai masuk teritori rimba, karena keadaan jalan akan makin curam, terjal, dan licin.

Pemandangan Asri

Sesudah telusuri jalan setapak, pengunjung akan datang di gapura Jenggala. Disini tinggal 150 mtr. kembali ke arah lokasi curug. Bila sempat, datangi Sendang Candrakirana saat sebelum meneruskan perjalanan. Sendang ini memiliki air terjun kecil serta memuat air langsung dari pegunungan, sehingga airnya jernih dan bersih.

Baca Juga :  Pantai Bandealit : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Curug Jenggala bisa diraih sesudah 150 mtr. telusuri jalan setapak yang berbatu. Pemandangan tiga air terjun di atas tebing langsung akan menyongsong pelancong. Bila ingin menyaksikan lebih dekat, pengunjung tinggal turun ke bawah lewat tangga batu dan jembatan.

Karena arus dan debet air yang tinggi, ada larangan untuk berenang atau bermain air di dekat air terjun. Tetapi, pengunjung masih tetap di bolehkan menikmatinya dari tepi sungai atau dari batu-batuan yang menyebar di sungai. Angin akan menghembuskan beberapa butiran air dan memberi udara sejuk.

Spot Swafoto Hits

Keunikan dari tempat wisata Curug Jenggala ialah dek berupa hati langsung menghadap ke air terjun di atas tebing. Bila berpose di dek ini, pengunjung akan memperoleh latar pemandangan Curug Jenggala keseluruhannya. Dek ini jadi tempat wajib buat mendokumentasikan kenangan berekreasi di sini.

Tempat yang lain yang pas jadi spot photo elok ialah jembatan cinta. Jembatan itu ada di bawah tebing dan melewati sungai yang di aliri air dari air terjun ini. Awalannya, jembatan ini cuman berbentuk jembatan bamboo simpel. Sesudah di perbaiki, jembatan besi berwarna-warna ini sekarang menjadi satu di antara icon Curug Jenggala yang lain yang sayang untuk dilewati.

Baca Juga :  Pantai Bingin : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Object Rekreasi Sekitaran

Sesudah senang meikmati keelokan Curug Jenggala, tidak ada kelirunya bertandang ke tempat wisata yang lain ada di sekelilingnya. Selainnya Sendang Candrakirana, ada dek swafoto yang lain yang berupa dua hati sama-sama bersusun. Dek ini tawarkan panorama langsung ke DAM PLTA Ketenger.

Tidak jauh dari DAM PLTA, ada curug yang lain yang tidak kalah cantik, yakni Curug Muntu. Curug yang lain yang ada di sekitaran Curug Jenggala ialah Curug Panganten dan Curug Cipokol yang menarik. Ada pula Pancuran Tujuh atau Pancuran Pitu, sebuah lokasi pemandian air panas alami dengan 7 pancurannya yang unik.

Sarana Curug Jenggala

Sarana yang ada di teritori tempat wisata ini yakni tempat parkir, toilet, ruangan tukar, masjid, dan kios-kios makanan. Ada bermacam tipe pemondokan di sekitaran teritori rekreasi. Untuk yang tidak kuat jalan kaki, bisa memakai ojek dengan biaya tertentu.

Lokasi Curug Jenggala

Curug Jenggala ialah sisi dari kompleks desa rekreasi Kalipagu. Lokasinya ada di Jalan Pangeran Limboro, Desa III Kalipagu, Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa tengah.

Waktu pintas dari Purwokerto ke arah tempat wisata ini sekitaran 30 – 45 menit memakai kendaraan individu. Jalurnya ialah Baturaden lewat Jalan Raya Baturaden sampai pertigaan Dusun Ketenger, selanjutnya belok ke Curug Bayan. Sampai di Curug Bayan, tentukan jalan naik ke arah Desa Kalipagu.

Tetap terhubung dengan kami:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Genjos Holiday

Genjos Holiday adalah perusahaan yang bergerak dibidang Tour & Travel di Yogyakarta. Kami melayani sewa mobil, bus dan paket wisata dengan harga yang terjangkau.

Related Articles