Curug bayan : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Curug Bayan – Berekreasi di air terjun memang menyenangkan. Di tambah pada musim kemarau, yang di Indonesia sendiri panasnya kerap tidak tertahan.

Mengguyuri diri dengan saluran air terjun dan menceburkan diri ke kolamnya benar-benar beri kesegaran. Sama seperti yang dirasa oleh pelancong yang bertandang ke Curug Bayan di Banyumas.

Saluran air terjunnya memanglah tidak terlampau tinggi, tetapi kesegarannya jangan di sepelekan. Tempat wisata ini dekat sama Rekreasi Baturaden.

Air terjun ini jadi tujuan khusus untuk warga yang ingin beri kesegaran diri. Karena, di Purwokerto dan sekelilingnya tidak ada pantai, hingga pelariannya ialah air terjun.

Harga Ticket Masuk Curug Bayan

Untuk nikmati tempat wisata ini sangat dapat di jangkau. Di dekatnya ada juga villa yang bisa diinapi oleh pelancong. Harga ticket masuk yaitu Rp5.000

Jam Operasional

Tempat wisata ini bisa di cicipi dari pagi sampai petang. Tetapi, khusus untuk pengunjung yang bermalam di villa bisa nikmati tempat wisata sepanjang 24 jam. Buka setiap hari dari jam 07.30 sampai 16.30 WIB.

Daya tarik Keelokan Curug Bayan

Curug Bayan berada lebih kurang 3 km dari Rekreasi Alam Baturaden. Yang populer di Kabupaten Purwokerto. Lokasinya juga benar-benar dekat pada jalan raya, hingga tak perlu trackking untuk ke arah air terjun. Alamnya demikian asri, di tambahkan keelokan dam warisan Jepang dan Belanda yang tetap berdiri kuat.

Baca Juga :  Pantai Porok : Lokasi, Spot Foto dan Harga Tiket Masuk

Air terjun ini mempunyai ketinggian lebih kurang 7 mtr. saja, tetapi daya tariknya masih tetap mengagumkan. Di bawahnya ada kolam dengan luas 200-300 mtr. persegi dengan kedalaman 2-5 mtr.. Air terjunnya demikian jernih hingga dasar kolam berbentuk bebatuan bisa kelihatan dengan benar-benar terang. Pengunjung bisa berenang dan bermain air di kolam itu dengan bebas.

Pada musim kemarau, ialah saat yang pas untuk bermain air di sini. Karena, volume air tidak begitu tinggi dan saluran air benar-benar jernih. Bahkan juga, batu-batuan dasar kolam ikut menyembul ke atas dengan gagahnya. Menyembulnya batu-batuan ini jadi seni tertentu di panorama Curug Bayan.

Keelokan Alam Memikat di Curug Bayan

Tidak terlalu berlebih bila menyebutkan Curug Bayan sebagai lokasi yang asri. Karena, di sekitaran air terjun ada banyak banyak dengan beberapa pohon. Pohon-pohonan ini penuhi background air terjun, seakan mengelilingi air terjun dengan keteduhannya. Cukup banyak juga tanaman rambat dan semak-semak yang melekat pada dinding batu.

Bila umumnya kolam air terjun cuman ada satu di bawahnya, tidak begitu di Curug Bayan. Beberapa kolam di bikin di bawah air terjun dengan sekat-sekat khusus. Yang mana, sekat-sekat ini sebagai pembanding kedalaman kolam. Walau ada yang dangkal, tetap harus waspada karena saluran dari air terjun cukup deras.

Baca Juga :  Pantai Tanjung Layar : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Kolamnya sendiri datang dari air terjun, hingga airnya demikian sejuk. Nikmati kesejukan dari air terjun dan panorama hijau yang menentramkan. Jadi penenang untuk hilangkan kepenatan kegiatan setiap hari.

Menginap Nyaman di Curug Bayan

Di Curug Bayan ada villa namanya Wisma Curug Bayan. Villa ini betul-betul ada tepat di bawah lokasi air terjun. Hingga, buka jendela villa akan langsung memperoleh panorama cantiknya air terjun. Dan bisa merasakan kesegaran dari kolam dan teduhnya pepihonan yang tumbuh di sekitaran.

Villa di sini di bikin berbahan kayu, yang dibuat bertingkat dengan mode pentas. Villa ini mempunyai dua tingkat, tetapi seakan tiga karena pada bagian bawahnya sebagai tiang penyangga. Di lantai pertama berbentuk ruangan terbuka yang terbatasi dengan kayu di sekitarnya, sebagai tempat bergabung. Baru pada bagian teratas sebagai kamar-kamar untuk menginap.

Kamar di sini ada beragam ukuran dan biaya yang bervariatif. Ada ruang individu untuk keluarga atau pasangan yang ingin nikmati alam Curug Bayan. Ada pula villa yang memiliki ukuran luas untuk bermalam kelompok, seperti aktivitas mahasiswa.

Spot Photo

Alam cantik sayang sekali bila tidak didokumentasikan dengan berpose. Pengunjung bisa rasakan ketenangan tempat wisata ini sekalian mendokumentasikan peristiwa. Berpose dengan background air terjun jadi sasaran beberapa pelancong. Walau tidak tinggi, tetapi air terjunnya masih tetap kelihatan dari terlalu jauh.

Baca Juga :  Pantai Wane : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Batu-batuan yang menyembul di atas kolam bisa menjadi spot yang cantik. Pengunjung bisa naiki batu-batuan besar yang ada. Selanjutnya berfoto dengan background air terjun yang kelihatan lebih terang.

Tidak jauh dari air terjun, ada pentas dari kayu. Pentas kecil ini muat untuk 2 orang, yang disanggah di atas batu. Di mana, umumnya tempat ini jadi favorite pasangan untuk mendokumentasikan photo.

Segarnya Berenang di Curug Bayan

Dinginnya air terjun bukan permasalahan untuk mempersejuk diri didalamnya. Pengunjung bisa dengan bebas berenang di kolam. Tentu saja harus beradaptasi dengan kedalaman kolam.

Disamping itu, pengunjung bebas bawa ban pelampung untuk berenang. Karena di sini tidak sediakan sewa pelampung, jadi seharusnya bawa sendiri. Pasti lebih hebat dan membahagiakan, apa lagi bermain dengan keluarga dan teman-teman.

Sarana

Sarana bisa disebutkan masih tradisionil, seperti toilet dan masjid. Untuk menghangatkan diri, pengunjung dapat nikmati makanan di beberapa warung kecil sekitar. Banyak yang jual mendoan ciri khas Purwokerto, yang harus dicoba saat berkunjung Curug Bayan.

Lokasi Curug Bayan

Tempat wisata ini berada di Desa Kalipagu, Dusun Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas. Memiliki jarak sekitaran 34 km dari pusat Kota Banyumas, air terjun ini bisa dilakukan dalam kurun waktu 1 jam berkendaraan.