MobilTips Mobil

Awas Kena Tipu! Kenali Ciri Mobil Bekas Tabrakan

Mobil bekas tabrakan memiliki ciri yang bisa dikenali. Hal ini tentu sangat penting untuk diketahui bagi Anda yang berniat untuk membelinya.

Apa ya alasannya? Karena terkadang mobil bekas yang dijual di pasaran tidak disertai informasi yang jujur mengenai kondisi mobil tersebut.

Contohnya mobil A dikatakan memiliki kondisi yang baik. Padahal sebenarnya mobil tersebut pernah terkena banjir, mengalami kerusakan mesin, atau sampai pernah mengalami tabrakan.

Para pedagang mobil nakal akan menyembunyikan hal tersebut supaya mobil dagangannya cepat laku. Namun untuk mobil yang bekas tabrakan, ini memiliki ciri yang bisa dikenali dengan mudah.

Agar Anda tidak terkena tipu, berikut beberapa ciri mobil yang bekas tabrakan. Tujuannya supaya Anda tahu dan berhati-hati serta tidak membeli mobil tersebut ke depannya.

Ciri Mobil Bekas Tabrakan

Celah Nat Tidak Rata

Ciri mobil bekas tabrakan yang pertama yaitu celah nat yang tidak rata pada mobil. Maksud celah di sini terdiri dari bagian nat kap mesin, bumper depan atau belakang, nat pintu, dan bagasi.

Anda harus memperhatikan celah-celah pada bagian tersebut. Mobil yang pernah mengalami tabrakan biasanya tidak akan presisi di bagian celah ini.

Cara untuk mengetahuinya yaitu memperhatikan celah-celah pada sisi kiri kanan dan atas bawah bagian tersebut. Contohnya pada kap mesin, usahakan celah kiri dan kanan harusnya masih sama rapatnya.

Jika pada bagian kiri terlihat lebih sempit atau lebih besar celahnya, Anda mesti curiga. Langsung tanyakan pada penjual mobil apakah mobil tersebut pernah mengalami tabrakan atau tidak.

Lalu pada bagian pintu dan bagasi biasanya celah ini akan mudah terlihat. Dengan cara lihat pada bagian pintu dan bagasi mobil dalam kadaan tertutup.

Baca Juga :  Lima Komponen Mesin Mobil dan Jenis Perbaikannya yang Mahal

Jika celah tersebut besar hanya di satu sisi, bisa dipastikan bagian tersebut pernah diperbaiki. Ada kemungkinan juga kalau bagasi dan ppintu tersebut pernah mengalami kerusakan.

Jangan lupa lihat juga bagian balik kap mesin. Mobil yang belum pernah mengalami kecelakaan pada bagian dalam kap mesin akan tetap lurus dan presisi.

Warna Cat Belang

Saat sedang mengecek mobil bekas, Anda sebaiknya juga membuka kap mesin dan memeriksanya. Jika pada area tersebut catnya sudah belang atau berbeda, maka Anda harus curiga.

Pada umumnya, cat pabrikan warnanya tidak akan berbeda. Jika warnanya menjadi belang, kemungkinan besar mobil itu pernah menabrak.

Area yang dimaksud adalah pada tulangan atau fender di bagian dalam yang warnanya sama seperti bodi. Bagian ini umumnya mempunyai warrna kecoklatan karena kotor pemakaian.

instagram.com/jualbelimobilbekastabrakan

Namun jika area ruang mesin terlihat seperti baru, ini bisa menjadi satu ciri mobil tersebut pernah tabrakan. Selain bagian mesin, warna yang belang juga bisa terlihat di beberapa titik lainnya, seperti bagasi, dek dek bagian bawah, dan pintu.

Warna baut yang tertutupi cat senada bodi juga bisa menjadi ciri lain. Karena seharusnya baut-baut di bagian ruang mesin mempunyai warna yang beda.

Jika ada beberapa baut yang tertutup cat senada bodi, bisa jadi pada bagian tersebut sudah pernah mengalami perbaikan. Namun dari pada berprasangka buruk, Anda lebih baiknya menanyakan langsung kepada penjual.

Baca Juga :  The All New Subaru Crosstrek 2023 Simak Spesifikasi Lengkapnya!

Dudukan Karet Bergelombang

Ciri selanjutnya dari mobil bekas tabrakan ialah terdapat gelombang pada tempat dudukan karet. Cara untuk mengetahuinya cukup mudah, Anda bisa lakukan dengan cara menarik karet-karet yang tersedia pada bagian bodi mobil, seperti bagasi, kap mesin, dan pintu.

Namun Anda harus meminta izin dahulu kepada pemilik mobil untuk mengathui kondisi di balik karet tersebut. Jika ada gelombang di balik karet tersebut, sebaiknya urungkan untuk membelinya.

Karena seharusnya bagian tersebut mempunyai tampilan yang presisi, lurus, dan tidak bergelombang. Jika terdapat gelombang, kemungkinan yang terjadi bahwa mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan yang besar hingga butuh untuk diperbaiki.

Cra ini jarang diketahui oleh pembeli secara umum. Biasanya para pedagang lama menggunakan cara ini utnuk mengetahui apakah mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan atau tidak.

Ciri Mobil Bekas Tabrakan Terdapat Karat

Mobil yang pernah mengalami tabrakan akan meninggalkan ciri yangtak bisa dibohongi selain gelombang, Ciri lainnya yaitu adanya karat yang munvul namun tidak pada bagian yang seharusnya.

Misalnya di bagian bawah mesin, dekat tempat aki, dekat sokbreker, dan area mesin lainnya. Untuk mobil yang usianya belum genap 7 tahun, sebaiknya Anda perlu menaruh curiga dengan adanya karat tersebut.

Itu karena, pabrikan mobil sudah memberikan lapisan anti karat pada mobil keluaran terbaru.

Namun jika pada bagian tersebut sudah berkarat, bisa jadi mobil pernah mengalami tabrakan atau terendam banjir.

Baca Juga :  4 Keuntungan Gaul Sama Komunitas Mobil

Jangan lupa cek juga pada bagian interior mobil seperti lantai dek, pedal, hingga ke baut-baut di berbagai sudut.

Jika terdapat karat pada bagian tersebut, sebaiknya Anda cari penjual lainnya. Yang kondisi mobilnya tidak ada karat.

Berdiri Mobil Tak Enak Dilihat

Mobil yang belum pernah mengalami tabrakan akan memiliki cara ‘berdiri’ yang enak dilihat. Semua bagian terlihat simetris tanpa keanehan.

Namun lain halnya dengan mobil yang bekas tabrakan, terlihat dari cara ‘berdirinya’ yang kurang sedap untuk dilihat. Anda bisa menilainya dari jarak sekitar 4 meter dari mobil dengan posisi sedikit menyamping.

instagram.com/jualbelimobilbekastabrakan

Lalu lihat dengan teliti posisi mobil tersebut diam atau berdiri. Mobil yang kondisinya masih bagus, akan mempunyai aura baik dan meyakinkan untuk dibeli.

Karena sebaliknya, mobil yang pernah mengalami kecelakaa

Dengan melihatnya menyamping agak ke depan atau belakang, Anda juga bisa melihat kondisi pintu apakah terdapat bagian yang gelombang atau tidak. Cara ini cukup ampuh untuk melihat mobil yang berdirinya masih oke atau tidak.

Periksa Engsel

Ciri dari mobil bekas tabrakan yang terakhir dapat terlihat dari bagian engsel pintu. Engsel pada pintu mobil seharusnya tidak berwarna senada dengan warna bodi.

Engsel bawaan dari pabrik biasanya mempunyai warna agak kekuningan seperti engsel pada pintu rumah atau berwarna perak. Namun, pada mobil bekas tabrakan, biasanya engsel akan berwarna sama dengan bodi.

Nah itu lah beberapa informasi mengenai ciri mobil bekas tabrakan yang diharapkan bisa membantu Anda saat ingin membeli mobil bekas. Tetaplah berhati-hati sebelum membeli!

Baca juga konten kami di:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles