Air Terjun Sidoharjo : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Air Terjun Sidoharjo, untuk yang paling akhir bertandang ke tempat wisata itu pada tahun 2018, pasti akan berlainan dengan keadaan pada tahun 2021, khususnya akses jalannya yang telah alami pembaruan.

Karena keadaan kolamnya tidak dalam. Tapi saat di perjalanan memang seharusnya terus dalam pemantauan, dan selalu dijaga oleh orangtua.

Tidak berarti cocok di lokasi khusus, ataupun waktu bermain air di kolam Air Terjun ini tidak dipantau. Prioritaskan keselamatan anda dalam beriwsata.

Seperti tempat wisata yang lain, Air Terjun Sidoharjo mempunyai nama lain. Yakni :

  • Curug Sidoharjo
  • Air Terjun Perawan
  • Curug Perawan

Diberi nama curug atau air terjun perawan, kabarnya yang mendapati pertama kalinya Air Terjun Sidoharjo ialah seorang perawan.

Jalan Ke arah Air Terjun Sidoharjo Atau Air Terjun Perawan

Untuk pelancong yang memakai mobil untuk ke arah tempat wisata Air Terjun ini, karena itu harus jalan kaki sedikit cukup jauh dibanding dengan memakai motor.

Untuk yang memakai motor, perjalanan dapat diteruskan lewat jalan yang cuman cocok untuk dua motor saja (Segi kiri, dan kanan).

Pemakai kendaraan tipe motor harus benar-benar waspada di lajur itu. Walau keadaan jalannya telah bagus, tapi di sebelahnya sebagai pinggiran jurang.

Baca Juga :  Pantai Pulau Geleang : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Ya…. Ngeri-ngeri lezat getho lah. Takut karena jurangnya, lezatnya karena panorama alam sepanjang perjalanan sangatlah baik, dan udara sekitaran yang bersih.

Tapi, kendaraan tipe motorpun tidak dapat sampai sampai lokasi khusus Air Terjun. Beberapa pengunjung harus meneruskan trackking, walau tidak begitu jauh.

Saat mengawali trackking, beberapa pengunjung akan menyaksikan undakan seperti air terjun mini. Tetapi itu bukan Air Terjun Sidoharjo.

Teruskan saja perjalanan di lajur yang telah disiapkan. Lajur trackkingnya, sekarang ini telah bagus, dan teratur baik. Bisa dibuktikan, di sisi kiri ke arah lokasi khusus, yang berbentuk pinggiran telah dipasang pagar pemisah, atau pagar keamanan.

Saat wisatawan masih berada di lajur trackking, Air Terjun Sidoharjo sudah bisa kelihatan. Karena Air Terjun ini sebagai salah – satu air terjun paling tinggi yang berada di Jogja.

Daya Tarik

Minimal, ada dua hal pokok dari tempat wisata Air Terjun ini sebagai daya tarik keelokan yang sanggup mencatatkangkan beberapa pelancong. Yakni :

1. Air Terjun

Daya magnet yang pertama, sudah pasti daya tarik keelokan Curug Sidoharjo, atau di sebutkan Air Terjun Perawan.

Air Terjun ini sebagai air terjun yang paling di kuasai oleh musim. Saat lawatan di pucuk musim kemarau, karena itu air terjunnya akan kering, nyaris tidak ada.

Namun kebalikannya, saat musim hujan airnya akan cukup deras, mengucur cantik dari tebing yang tinggi sekali, langsung ke arah kolam khusus.

Baca Juga :  Watu Ngadek : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Aku setuju bila Air Terjun ini sebagai salah – satu air terjun paling tinggi yang berada di Jogja.

Satu versus menjelaskan 30 mtr., versus yang lain menjelaskan 40 mtr., dan 70 mtr.. Yang terang, Air Terjun ini memang sangat tinggi.

Kolam khusus dari Air Terjun ini tidak dalam. Bahkan juga lokasi khusus Air Terjun menjadi tujuan rekreasi keluarga, walau faktor keamanan tetap harus diprioritaskan.

2. Daya tarik Keelokan Alam Sekitaran

Daya tarik alam sekitaran Air Terjun Sidoharjo yaitu hijaunya pohon-pohonan, air yang jernih, udara yang sejuk, dan pemandangan pegunungan, ialah hidangan daya tarik keelokan alam sekitaran.

Bahkan juga, di lokasi yang tidak jauh dari Air Terjun, ada bentangan tempat sawah yang paling menganakemaskan mata. Karena di tempat itu ada sebuah embung, seperti danau bikinan.

Nama embungnya ialah Embung Canggal. Lokasi itu, menjadi latar photo yang eksotik untuk beberapa pengunjung yang menyukai exist di sosial media.

Lokasi

Air Terjun ini berada di Desa Madigondo, Kelurahan Sidoharjo, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Wilayah Spesial Yogyakarta.

Jalur Ke arah Air Terjun Sidoharjo

Jalur ke arah Air Terjun bila dari Yogyakarta dengan ke arah Jl. KH. Ahmad Dahlan lalu ke arah Jl, Godean. Saat berjumpa perempatan jalan tujukan ke arah utara ke Jl. Gedongan.

Seterusnya terus turuti lajur yang ada sampai datang di perempatan Nanggulan. Beloklah ke utara sampai di perempatan Dekso, ambil arah ke arah Samigaluh sampai datang di MTs Sidoharjo. Untuk seterusnya kamu akan selekasnya ke arah teritori Air Terjun Sidoharjo.

Baca Juga :  Pantai Sunset Laendra : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Layanan Transportasi Pariwisata Jogja

Berikut beberapa pilihan layanan transportasi untuk kebutuhan wisatawan di Jogja yang kami sediakan..

Sewa Bus Jogja

  • Medium Bus
  • Big Bus
  • Bus SHD
  • Elf Short
  • Elf Long
  • Hiace Commuter
  • Hiace Premio

sewa mobil jogja

Sewa Mobil Jogja

  • Avanza
  • Innova
  • Innova Reborn
  • Alphard
  • Vellfire
  • Fortuner
  • Dll

Jam Membuka Air Terjun Sidoharjo

Jam operasional Air Terjun ini di buka tiap hari sepanjang 24 jam non-stop. Tetapi seharusnya jauhi tiba saat hari mulai gelap, karena lokasinya masih kurang penerang jalan.

Harga Tiket Masuk

Saat akan ke arah Air Terjun kamu harus bayar sejumlah Rp. 3.000 per-orang, uang itu di tujukan untuk uang jasa kebersihan.

Dan untuk ongkos parkir, cukup bayar Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Sarana

Sarana umum yang berada di Air Terjun Sidoharjo belum mencukupi dengan optimal, karena keadaannya yang perawan jadi cuman ada bentangan keelokan alam saja.

Panduan Rekreasi

  • Bawa perbekalan minuman dan makanan yang cukup.
  • Hati-hatilah saat trackking ke arah lokasi.
  • Seharusnya tiba pada pagi hari agar semakin lama nikmati
  • keelokan Air Terjun.
  • Menjaga selalu kebersihan tempat Air Terjun.
  • Jauhi tindakan yang bisa bikin rugi diri kita atau seseorang.