PantaiTempat Wisata

Pantai Pecatu : Lokasi dan Failitas

Pantai Pecatu atau Pantai Gua Manik disebutkan Gua Manik Pecatu Park ialah pantai yang berada di Dusun Banyumanis persisnya di samping selatan dari Benteng Portugis.Pantai Rekreasi Guamanik ada di samping selatan Benteng Portugis.

Terletak benar-benar bersisihan bahkan juga pantainya bersatu cuman di pisah oleh sebuah sungai kecil. Di ujung selatan pantai ada bukit lumayan tinggi yang banyak pohon-pohonan liar.

Pengunjung bisa beraktivitas di pantai, trackking melingkari bukit, atau jalan naik ke  bukit untuk menyaksikan panorama seperti Benteng Portugis dan Pulau Mandalika.

Daftar Isi :

Etimologi

Pantai Pecatu populer bernama Pantai Gua Manik. Asal mula Pantai ini di beri nama Pantai Gua Manik, peluang pantai ini berada di dusun Gua Manik, bukan lantaran pada tempat itu ada gua, karena pantai itu tidak ada gua sama sekalipun.

Riwayat

Gua Manik Pecatu Park di rintis pada April 2010, dengan arah selamatkan dan pendayagunaan asset, pendayagunaan ekonomi warga, membuat lapangan pekerjaan.

Sebelumnya tempat ini di pakai sebagai pendukung therapy untuk pasien kusta yang berada di Rumah Sakit Kusta Donorojo atau RSUD Jawa tengah dr Rehatta. S

aat ini pengaturan telah di laksanakan supaya pelancong bisa nikmati keelokan alam sekalian berhubungan dengan ex pasien kusta hingga mereka tidak berasa di asingkan.

Areanya lumayan luas sebagai tanah punya Provinsi Jawa tengah dan di pakai untuk menanam tebu dan beberapa sebagai perkebunan tanaman pace untuk jamu atau obat.

Mitos

Menurut orang kuno nama Manik memiliki arti sisi mata yang terdalam. Maknanya, jika ingin menyaksikan gua itu harus dengan mata batin. Opini lain menjelaskan pada jaman dulu ada ratu yang namanya Johar Manik bertapa pada tempat itu. Tapi belum tentu ceritanya.

Mitosnya, di Gua Manik ada gua kecil yang tidak bisa di saksikan oleh mata telanjang. Tetapi pengurus Gua Manik menjelaskan jika ingin menyaksikan gua itu harus puasa 40 hari.

Baca Juga :  Pantai Yeh Leh : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Puasa ini menurut orang Jawa ialah puasa “muteh”, atinya puasa yang cuman makan nasi putih dan minumannya air putih, konon gua itu memiliki mulut yang kecil tapi dalamnya luas.

Lokasi Pantai Pecatu

Pantai yang berada di Dusun Banyumanis, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, yang ada di samping Pantai Benteng Portugis, pantas untuk jadi opsi alternative tempat liburan.

Dengan tempat wisata Benteng Portugis, pantai Guamanik cuman di pisah anak sungai[5] kecil. Untuk ke arah pantai ini, di butuhkan waktu sekitaran 1 sampai 1,5 jam dari pusat perkotaan Jepara.

Lokasinya lumayan gampang di ketemukan, karena pintu masuknya ada tidak jauh dari Rumah Sakit Kusta Donorojo. Sekitaran 50 mtr. dari rumah sakit, kita akan di songsong dengan gapura istimewa tertulis “Pantai Guamanik”.

Jalur ke arah Pantai Pecatu

Pantai Pecatu Gua Manik berada di Dusun Banyumanis, Kecamtan Donorojo, kabupaten Jepara. Pantai ini baru di buka untuk pelancong di tahun 2010.

Tidak sangsi, pantai ini belum terlampau tidak seperti Pantai Kartini atau Pantai Tirto Samodra, sehingga kita dapat sepuasnya nikmati keelokan pantai tak perlu kebingungan cari lokasi yang nyaman.

Baca Juga :  Pantai Apra Sindangbarang : Lokasi dan Tiket Masuk

Siapa saja yang perlu refreshing hati dan pemikiran, tempat ini benar-benar pas di datangi. Untuk berkunjung Pantai Gua Manik lumayan gampang, yakni:

Dari Arah Jakarta / Semarang

bila kita tiba dari arah Jakarta / Semarang, kita dapat naik bis jalur Jepara. Setelah tiba di Terminal Jepara, naik bis jalur Pati dan turun di Ikat Oyot. Di sini banyak tersedia ojek yang siap mengantarkan ke Pantai Pecatu Gua Manik.

Dari Arah Surabaya

Dan dari arah Surabaya, naik bis jalur Semarang atau Pati dan turun di Terminal Pati, lalu naik bis jalur Jepara dan turun di Ikat Oyot. Lantas di teruskan dengan naik ojek untuk ke arah Pantai Pecatu Gua Manik, lumayan gampang bukan.

Bila ingin bermalam, ada guest house yang berada pas di pinggir pantai. Kita tinggal mengontak faksi rumah sakit yang terletak dekat sama pantai untuk sewa guest house ini.

Untuk nikmati matahari keluar (sunrise) dan matahari tenggelam (sunset) dengan optimal, seharusnya pelancong meluangkan diri bermalam di Dusun Banyumanis. Ditanggung tidak akan sedih.

Baca Juga :  Pantai Canggu : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Pemandangan

Pantai Guamanik Pecatu, pantai dengan latar belakang bukit-bukit yang paling cantik. Di pantai ini anda bisa juga menyaksikan dan nikmati keelokan laut yang di hias dengan bentangan pasir putih yang demikian bersih dan elok.

Dan di sini anda dapat lakukan beragam kegiatan seperti bermain di pantai. Jalan-jalan melingkari bukit atau bahkan juga treking naiki bukit-bukit untuk menyaksikan keelokan panorama Benteng Portugis dan Pulau Mandalika.

Fasilitas Pantai Pecatu

Dipantai ada tempat motor cross dan ada gazebo-gazebo ciri khas Jawa beberapa warung lesehan, hingga anda akan berasa di manja dengan keelokan alam dan sarana yang berada di Pantai Guamanik Pacatu itu .

Maka pantai ini benar-benar pas buat anda liburan. Beberapa pengunjung yang tiba ke pantai ini di mulai dari yang dewasa, remaja, dan anak-anak.

Pemandangan yang cantik yang di sajikan oleh Pantai Guamanik Pecatu dan beragam jenis sarana permainan dan kulinerannya. Sebagai ciri khas tempat ini bisa menjadi daya magnet tertentu untuk beberapa pelancong yang ingin bertandang di Pantai Guamanik Pecatu.

Cholida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Jasa Pariwisata heppitrip.com sewa bus pariwisata jogja terbaik.