PantaiTempat Wisata

Pantai Pa’badilang : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Pantai Pa’badilang ini berupa tanjung yang menjuru ke laut dengan tawarkan daya tarik tertentu perairan Selayar yang demikian ciri khas.

Kepulauan Selayar terhitung ke kabupaten di Propinsi Sulawesi Selatan dengan ibu-kota kabupaten Benteng. Antiknya, lokasi ini sebagai salah satu kabupaten yang terpisah dari dataran Pulau Sulawesi.

Berdasar riwayat yang dipercaya oleh warga di tempat, teritori ini dulu dikenali dengan panggilan Bone Pakukka, karena pantai ini dulu jadi tempat bertambat-nya beberapa perampok.

Kemudian, pantai ini mempunyai benteng yang disebut benteng pertahanan Kerajaan Ternate dalam hadapi gempuran lawan yang tiba di luar Kepulauan Selayar.

Benteng itu dibuat dari bebatuan karang yang sudah diatur hingga jadi benteng yang mempunyai lorong sebagai tempat mengincar serangan. Maka dari itu, pantai ini dikenali dengan panggilan Pa’badilang yang disebut kata dengan mempunyai makna tempat orang tembak.

Disamping itu, pantai ini dinamai Ujung Pa’badilang, yang maknanya dataran yang menjuru ke laut sebagai tempat orang tembak.

Ditambahkan lagi masih ada di lokasi pantai ini ada sebuah pusara yang di sakral-kan oleh warga sekitaran, yakni pusara Opu Ujung. Meski begitu tetapi pantai ini mempunyai keelokan tertentu untuk pelancong.

Daftar Isi :

Harga Ticket Masuk Pantai Pa’badilang

Secara umum, harga ticket agar bisa masuk pada sebuah tempat wisata akan berlainan di hari liburan, minggu atau hari biasa. Tetapi, di Pantai Pa’badilang ini harga ticket masuk pelancong berlaku sama, yakni dengan Rp 10.000 saja.

Maka bila Anda akan liburan ke Pantai Pa’badilang ini karena itu seharusnya persiapkan uang pecahan 10 beberapa ribu ya untuk bayar ticket masuk.

Jalur Ke arah Lokasi Pantai Pa’badilang

Alamat Pantai Pa’badilang ini persisnya ada di Dusun Bongaiya, Kecamatan Bontomatene, Kabupaten Kepulauan Selayar‎, Sulawesi Selatan 92854, Indonesia.

Baca Juga :  Pantai Bara : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Sama seperti yang telah disebutkan pada pengakuan riwayat di atas, jika Pantai Pa’badilang ini ada terpisah dari dataran Pulau Sulawesi.

Mempunyai jarak menempuh sekitaran 5 km dari Dermaga Pamatata dan 42 km dari Kota Benteng Selayar. Anda dapat lakukan perjalanan dengan memakai motor,mobil, kapal bahkan pesawat bergantung pada jalur yang hendak Anda tentukan.

Jika Anda memakai pesawat, maka turun di Lapangan terbang H. Aroeppala. Tetapi, seterusnya Anda harus tempuh perjalanan memakai kendaraan motor dalam jarak 52 km, yang dapat dilakukan dalam kurun waktu lebih kurang 77 menit.

Bila dari Kota Benteng Selayar karena itu bisa memakai kendaraan motor, dengan ambil arah timur ke arah jalan Jend. Ahmad Yani, selanjutnya belok kiri masih di jalan Ahmad Yani. Seterusnya mengambil kiri ke jalan Tien Soeharto dalam jarak sekitaran 500 mtr..

Kemudian, belok ke kanan ke jalan Pahlawan dengan telusuri jalan itu sekitaran 7 km, lalu mengambil lajur samping kiri dan jalan Patori-Kota Benteng.

Silakan telusuri jalan itu sekitaran 8,6 km, yang selanjutnya dilanjutkan ke Dusun Mekar Cantik dalam jarak 23 km. Selanjutnya belok ke kiri dan turuti saja jalan itu supaya sampai ke Pantai Pa’badilang.

Object Rekreasi Pantai Pa’badilang

Walau terletak pantai ini lumayan jauh, tetapi pantai ini pantai ini dapat Anda tentukan sebagai object lokasi rekreasi Anda sekalian menelusuri keelokan Pantai yang ada di Selayar.

Saat di pantai ini Anda bisa nikmati banyak objek rekreasi dan lakukan aktivitas menarik yang lain. Beberapa hal bagus yang berada di pantai ini salah satunya:

1. Panorama Pantai yang Memikat

Ada di pantai ini memang lumayan sepi, karena mungkin ada di pulau yang terpisah dengan propinsi apa lagi dalam jarak yang lumayan jauh. Tapi, Anda justru memperoleh ketenangan dari keramaian dengan masih ada panorama pantai yang demikian alami.

Baca Juga :  Pantai Melawai : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Air laut pantai ini mempunyai warna biru dan jernih yang kelihatan demikian beri kesegaran. Ditambah lagi awan biru dan putih dan mempunyai keelokan pohon-pohonan dan ada batu karang yang jadikan panorama ini seperti pada sebuah lukisan.

Dengan begitu, Anda bisa nikmati situasi sepi yang tenang dan nyaman.

2. Pasir Putih

Walau mempunyai bebatuan karang yang ada di segi pantai. Tetapi Anda masih tetap dapat memperoleh dan rasakan pasir pantai, karena pantai ini mempunyai bentangan pasir putih yang bersih. Dengan begitu, Anda dapat memakainya sekedar untuk bermain pasir.

Maka dari itu, bila ingin bertandang ke pantai ini dapat ajak anak-anak agar jadi rekan bermain pasir yang halus ini.

Disamping itu, janganlah lupa bawa perlengkapan bermain pasir seperti sekop atau ember agar dapat membuat pasir jadi istana atau sekadar memendamkan tubuh.

3. Berenang

Karena pantai ini mempunyai keunikan perairan sama air laut dengan gradasi warna biru muda dan gelap, seakan sanggup menghipnotis beberapa pelancong untuk coba perairan ini. Karena itu, Anda dapat beraktivitas berenang di perairan ini.

Tetapi, kami merekomendasikan supaya janganlah lupa bawa pakaian tukar ya agar dapat di pakai untuk berenang dan seharusnya berenang di lautan yang dangkal saja. Ini supaya meminimalkan peristiwa yang tidak kita harapkan.

4. Menyelam

Pantai Pa’badilang ini beberapa lalu sempat jadi pembicaraan warga. Bagaimana tidak bila pantai ini sebagai pantai yang terdekat dengan kejadian tenggelam-nya kapal Lestari maju yang mengambil korban jiwa.

Baca Juga :  Pantai Apparalang : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Tetapi, sesudah beberapa saat berakhir, bangkai kapal itu dan beberapa mobil masih ada dalam perairan Pantai Pa’badilang. Ini justru jadi daya magnet rekreasi tertentu untuk menyaksikan bangka kapal dan mobil di dasar laut dengan beraktivitas menyelam.

Sarana Pantai Pa’badilang

Sebetulnya pantai ini akan ramai di saat liburan panjang datang, karena beberapa pelancong pilih liburan di pantai ini. Karena itu, sarana juga ada untuk memberikan dukungan aktivitas pariwisata, misalnya:

1. Kamar Mandi dan Toilet

Sarana toilet ini telah ada dan bisa di pakai sebagai fasilitas mandi, tetapi banyaknya sedikit. Keadaannya juga kurang terurus, hingga fasilitas ini di harap pembaruan dan perawatan agar mendukung fasilitas dan prasarana teritori rekreasi Pantai Pa’badilang.

2. Gazebo

Gazebo ini biasa di pakai untuk santai dan istirahat saat liburan di pantai ini dan banyaknya juga cukup layani keperluan pengunjung. Tetapi ya kembali lagi beberapa keadaan gazebo ini telah hancur bahkan juga tidak bisa di pakai.

Karena pantai ini cukup sepi dan akan ramai di saat waktu tertentu saja, karena itu seharusnya bila Anda akan bertandang ke Pantai Pa’badilang ini janganlah lupa untuk menyiapkan perbekalan dan kepentingan liburan Anda ya. Apa lagi pantai ini berada lumayan jauh dari pusat perkotaan.

Bawa makanan, pakaian tukar, beberapa obat dan kepentingan individu yang lain. Ini bisa mempermudah Ada saat ada di Pantai Pa’badilang, hingga berlibur Anda akan berasa komplet dan membahagiakan.

Bila Anda sedang ada di Sulawesi Selatan, Anda bisa berkunjung Pantai Pa’badilang yang alami ini. Anda dapat berkunjung Pantai Lemo yang ada di Sulawesi Selatan ini.

Cholida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles