PantaiTempat Wisata

Pantai Labuana : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Pantai Labuana adalah salah satu pantai yang mempunyai pemandangan cantik yang berada di daerah Sirenje, Propinsi Sulawesi tengah. Pantai ini populer akan keelokan alaminya hingga menjadi satu diantara sasaran beberapa pelancong untuk liburan.

Letak Pantai Labuana sendiri menghampar antara dua dusun yakni Dusun Lende Tovea yang berada di Kecamatan Sirenja dan Dusun Lambogia yang berada di Kecamatan Balaesang. Tetapi Dusun Lende Tovea sebagai daerah pantai yang lebih ramai didatangi beberapa pelancong.

Hal itu karena panorama pantai yang lebih cantik jika dicicipi dari Dusun Tovea. Bentangan pasir putihnya yang elok ditambahkan lagi kehadiran pohon ketapang yang teduh di pinggir pantai membuat panorama Pantai Labuana semakin bertambah eksotik.

Daftar Isi :

Harga Ticket Masuk Pantai Labuana

Menurut info untuk dapat masuk daerah teritori rekreasi ini Anda tidak harus mengambil kantong dalam-dalam, Anda cukup hanya bayar ticket sejumlah Rp 3000 sampai Rp 5000 untuk pengunjung dengan beroda 2 atau beroda 4.

Disamping itu bakal ada ongkos tambahan untuk baiaya parkir sejumlah Rp 3000 untuk sepeda mobil dan motor sejumlah Rp 5000. Retribusi masuk ini diperlengkapi dengan karcis yang sudah diberi tanda tangan oleh kades, sementara parkir tanpa info tercatat.

Jalur Ke arah Pantai Labuana

Sama seperti yang sudah diterangkan di atas, pantai Labuana berada antara dua dusun yakni Dusun Lende Tovea dan Dusun Lambogia yang ke-2 nya masih juga dalam satu daerah Kabupaten Donggala.

Bila Anda tiba dari Ibu-kota Propinsi Sulawesi tengah yaitu Kota Palu, karena itu Anda akan memerlukan waktu sekitaran 2 sampai 3 jam lama waktunya untuk sampai di tujuan lokasi. Dan Anda akan tempuh jarak sekitaran 110 km ke arah ke utara.

Walau tempuh perjalanan yang lumayan jauh tetapi Anda akan memperoleh pengalaman yang memikat. Karena di sejauh perjalanan Anda akan disajikan dengan panorama pesisir pantai yang menghadap langsung ke Selat Makasar

Objek Rekreasi Pantai Labuana

Saat di pantai ini Anda bisa nikmati beragam objek rekreasi pantai yang memikat. Anda dapat lakukan beragam kegiatan untuk isi berlibur Anda.

Baca Juga :  Pantai Echo : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

1. Nikmati Keelokan Pantai Labuana

Pantai Labuana ini melingkari teluk Baesang di Selat Makasar yang pancarkan sinar putih karena hempasan cahaya matahari sampai sedalam 50 mtr., di mana dasar laut pantai ini masih kelihatan terang.

Bentangan pasir putihnya yang halus, rumput-rumputan yang lembut dan bebatuan karang yang memperlihatkan diri makin menambahkan kecantikan Pantai Labuana ini. Lepas dari laut-nya yang dangkal, terhampar perairan teluk yang biru.

Ada enam titik kumpul Pantai Labuana ini yang dapat pelancong gunakan untuk jadi tempat santai dan beraktivitas, tetapi sama seperti yang sudah disebut sebelumnya pengunjung lebih sukai pilih tempat yang ada di Dusun Lende Tovea.

Selain pantainya yang lebih agak miring, daerah ini banyak memiliki pohon ketapang yang teduh. Ini membuat beberapa pelancong bisa memakainya sebagai tempat berlindung. Anda bisa juga nikmati segarnya kelapa muda di Pantai ini.

2. Berenang dan Bermain Pasir

Karena Pantai ini mempunyai perairan yang agak miring ombak yang relatif tenang, karena itu pantai ini benar-benar pas untuk jadi tempat berenang.

Air laut yang jernih dan berwarna yang biru akan memikat Anda untuk rasakan kesegaran airnya dengan berenang atau sekadar bermain air di tepiannya.

Bentangan pasir putihnya yang elok dan tekstur-nya yang halus membuat Pantai Labuana pas untuk jadi tempat bermain pasir seperti voli pantai, bermain istana pasir atau permainan pasir yang lain.

Baca Juga :  Pantai Tanjung Gelam : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

3. Nikmati Sunset

Bila Anda bertandang ke pantai ini sampai saat waktu terbenam-nya matahari, karena itu Anda akan menyaksikan panorama yang cantik.

Waktu sunset ini warna langit akan kuning keemasan dengan sinar yang jelas dan silau, membuat pemandangan waktu itu betul-betul cantik.

Sunset di pantai ini sebagai panorama yang cantik untuk jadi latar belakang foto Anda.

4. Pelabuhan di Pantai Labuana

Di Pantai Labuana ada sebuah pelabuhan yang memiliki bentuk menjuru ke teluk dan mempunyai panjang 50 mtr.. Sebelumnya pelabuhan ini di bikin untuk perahu-perahu besar supaya bisa mendekat ke pinggiran karena kontur Pantai Labuana yang dangkal.

Tetapi bersamaan dengan berjalannya waktu pelabuhan itu tidak cuma di pakai sebagai lajur untuk kapal tetapi sebagai spot photo yang instagramable.

Lokasi di pelabuhan ini yang paling pas untuk Anda yang hoby photografi dan sebagai latar belakang landscape pesisir pantai.

5. Memancing

Untuk Anda yang hoby memancing, Anda dapat beraktivitas itu di Pantai ini. Anda bisa memancing di tempat pelabuhan di mana banyak warga di tempat yang lakukan aktivitas itu di sejauh tempat pelabuhan.

6. Kemping

Struktur pantai yang agak miring dan halus di tempat Pantai Labuana juga pas untuk jadi tempat kemping.

Nikmati udara pantai yang sejuk di bawah rimbun-nya pohon ketapang dan nikmati sepoi-sepoi-nya angin pesisir pantai akan jadikan pengalaman yang tidak terlewatkan untuk Anda.

Tetapi Anda harus bawa peralatan kemping sendiri karena di Pantai ini belum ada persewaan peralatan kemping.

Baca Juga :  Pantai Sivalenta : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Sarana di Pantai Labuana

Pantai ini semakin ramai di datangi pelancong dalam tahun-tahun ini ini. Pelancong memperoleh info dari sosial media lalu menyebar dari mulut ke dalam mulut. Masyarakat di tempat menyongsong peralihan yang terjadi pada dusun mereka.

Dan semenjak Pantai Labuana banyak di datangi pelancong, masyarakat di tempat mulai manfaatkan hal itu dengan buka kios makanan, minuman bahkan juga air kelapa muda. Anda bisa juga memperoleh secara mudah ikan fresh pada harga yang murah.

Sampai sekarang, objek rekreasi Pantai ini di atur oleh pemerintahan dusun, tetapi demikian Pantai Labuana di perlengkapi sarana yang standard, cuman ada dua kamar kecil. Tidak ada cottage atau sejenisnya untuk santai beberapa pelancong.

Dari sisi akses jalan, lajur ke arah tempat teritori rekreasi ini perlu agar semakin di atur. Lokasi Pantai ini memiliki jarak lebih kurang 5 km dari Lajur Trans Sulawesi kutub Palu-Tolitoli, Kabupaten Toli-Toli.

Nyaris setengah jalur yang menyisir pantai ini masih berbentuk jalan tanah dan ada dua titik yang cukup mencelakakan pengendara berbentuk tanjakan dan turunan sepanjang 50 mtr.. Jalur itu sedikit susah di lalui bila hujan turun.

Beritanya beberapa titik di pantai barat terhitung Pantai Labuana semakin lebih di perkembangkan jadi tujuan rekreasi oleh dinas di tempat atau faksi ke-3 supaya lebih berkembang.

Di Pantai ini Anda dapat pilih bermacam sarana dengan manfaatkan bentangan pasir putihnya dan jernihnya air laut Pantai Labuana.

Bila Anda sedang ada di Donggala, janganlah lupa untuk berkunjung di pantai ini. Anda bisa juga berkunjung rekreasi Pantai yang lain seperti Pantai Pantai Sivalenta.

Cholida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles