PantaiTempat Wisata

Pantai Kastela : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Saat ada di teritori Pantai Kastela, Anda akan disongsong oleh sebuah bangunan tersisa warisan penjajahan sekitaran era ke-15. Bangunan ini namanya Benteng Kastela. Keadaannya juga sudah remuk. Meski begitu benteng ini masih menunjukkan keelokannya.

Berdasar catatan riwayat, bangunan itu sudah dibuat sepanjang 20 tahun dengan bertahap. Benteng ini jadi saksi bisu pembunuhan Sultan Khairun Jamil oleh Antonio Pimental di saat kepimpinan Portugis ke-18.

Selanjutnya, Benteng Kastela sempat terkuasai Spanyol pada era ke-16. Menurut pembicaraan masyarakat Kastela, mereka lebih menyebutkan Pantai Kastela bernama Pantai Gam Lamo.

Gam lamo sebagai kata yang diambil dari bahasa Ternate yang mempunyai makna yakni daerah besar. Kata Gam Lamo sendiri diambil dari kata yang ada di sebuah benteng hasil kreasi Antonio de Brito yang dibuat di tahun 1522.

Daftar Isi :

Harga Ticket Masuk Pantai Kastela

Bila Anda akan masuk teritori Pantai Kastela, karena itu Anda harus melalui sebuah jalan dan sebuah gerbang yang dipakai oleh masyarakat untuk mengambil retribusi pertanda masuk tempat rekreasi Pantai Kastela.

Untuk pelancong yang hendak masuk tempat wisata karena itu dikenai ongkos Rp 2000 per-orang, sementara untuk kendaraan beroda 2 akan dikenai biaya Rp 5000 dan Rp 10.000 untuk kendaraan beroda 4.

Jalur Ke arah Pantai Kastela

Pantai Kastela berada di Dusun Kastela, Kecamtan Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara. Untuk berkunjung tempat wisata ini memanglah tidak susah. Pantai ini berada disekitaran benteng Gamlamo dan Monumen Sultan Khairun.

Anda dapat memakai kendaraan atau angkutan umum yang ke arah kecamatan pulau Ternate. Disamping itu, Anda bisa juga memakai kendaraan beroda 2, dengan tempuh jarak sekitaran 11 km dari pusat perkotaan Ternate.

Anda dapat memakai peta digital yang ada di handphone yang Anda punyai, dengan manfaatkan program berbentuk google maps untuk pilih akses jalan dan jalur paling cepat. Saat yang diperlukan di antara 25 menit sampai 30 menit perjalanan.

Baca Juga :  Bukit Mojo Gumelem : Lokasi dan Harga Toket Masuk

Objek Rekreasi Pantai Kastela

Walau pantai ini tidak demikian ramai didatangi di hari biasa, tetapi pantai ini masih tetap mempunyai daya magnet tertentu untuk beberapa pengunjung yang tiba. Maka dari itu, sebagai daya magnet Pantai Kastela, yakni:

1. Rekreasi Riwayat

Pantai Kastela ini sebuah tempat wisata yang mempunyai keelokan alam dan riwayat yang menjadi narasi masyarakat Ternate.

Walau pantai ini tidak seramai seperti Pantai Jikomalamo atau Pantai Sulamadaha yang ada di Ternate, tetapi nama Pantai Kastela tidak bisa di pisah karena ada bangunan warisan periode lalu.

Bangunan ini yaitu benteng Nostra Senhora de Rosario atau benteng Gamlamo. Ini jadikan nilai lebih panorama Pantai Kastela.

2. Bermain Air dan Berenang

Pantai Kastela mempunyai karakter ombak yang tenang. Karena itu, pantai ini dapat di pakai sebagai tempat untuk bermain air dan berenang untuk beberapa pelancong.

Meski begitu, seharusnya Anda pun waspada ya saat bermain air di teritori pantai ini. Seharusnya bermain air di lokasi yang cukuplah aman, hingga berlibur Anda akan berkesan asyik dan lancar tanpa satu kendala.

Baca Juga :  Hijaunya Taman Kota Tabanan di Pusat Kota

3. Jalan Telusuri Pantai

Untuk Anda yang lupa bawa pakaian tukar atau memanglah tidak ingin berenang di pantai ini, Anda dapat beraktivitas dengan jalan-jalan telusuri teritori pantai.

Selainnya bisa mengexplore lebih jauh keelokan pantai ini, dengan jalan-jalan telusuri pantai juga Anda bisa sesaat merefresh pemikiran. Tentu saja dengan panorama dan embusan angin yang terhembus semilir.

4. Nikmati Sunset

Teritori tempat wisata Pantai Kastela sebagai salah satunya teritori rekreasi di Kota Ternate, Propinsi Maluku Utara. Pantai Kastela juga di sebutkan mempunyai keelokan berbentuk pemandangan alam yang dapat di saksikan saat sore atau senja datang.

Pemandangan ini ialah sunset dengan menyaksikan mentari yang mulai terbenam dan hari ganti malam. Ini terjadi karena pantai ini berada di bagian sisi barat Pulau Ternate.

Untuk memberikan dukungan dan menambahkan kegiatan yang cukup asyik saat liburan di pantai ini, janganlah lupa ya bawa camera. Dengan demikian, Anda dapat mendokumentasikan beragam aktivitas liburan saat di Pantai Kastela yang terekam dalam bidikan lensa camera, hingga jadikan satu masa lalu yang tidak terlewatkan.

Sarana di Pantai Kastela

Pantai ini mempunyai sarana simpatisan yang ada untuk beberapa pengunjung. Walau tidak komplet, tetapi di harap bila sarana ini dapat di gunakan dan di pakai secara baik oleh beberapa pelancong yang tiba.

1. Tempat Parkir

Untuk Anda yang memakai kendaraan individu, karena itu Anda bisa memarkirkan kendaraan Anda di tempat parkir yang telah ada di teritori pantai ini.

Baca Juga :  Kawah Putih Ciwidey : Lokasi dan Harha Tiket Masuk

2. Gazebo dan Tempat Duduk

Gazebo juga ada oleh pengurus yang ada di teritori pantai. Tetapi sayang, sarana simpatisan berbentuk gazebo ini banyaknya sedikit, cuman ada banyak unit saja.

Selainnya gazebo tempat duduk di dekat pantai juga telah ada, tetapi sama dengan gazebo yakni banyaknya terbatas. Ini jadi persoalan saat pantai ini sedang ramai pelancong.

Saat situasi ramai, pelancong kadang tidak memperoleh gazebo atau tempat duduk yang ada. Maka dari itu, seharusnya pengurus untuk menambahkan unit gazebo dan tempat duduk supaya beberapa pengunjung lebih berasa nyaman untuk nikmati berliburnya.

3. Warung Makan

Di pantai Kastela juga ada warung makan. Dengan demikian, Anda dapat pilih warung makan untuk nikmati beragam jenis menu makanan, seperti pisang mulu bebe yang di konsumsi dengan sambal, kelapa bundar, atau minuman berbentuk kopi dengan wewangian cinnamon, ciri khas Ternate.

4. Kamar Mandi dan Toilet

Selainnya beberapa sarana yang telah di sebut sebelumnya, sarana yang paling di cari oleh pelancong ialah toilet. Nach, ada di teritori pantai ini juga Anda tidak perlu ketidaktahuan cari toilet.

Karena toilet telah di siapkan oleh pengurus dan dapat di pakai. Tetapi, keadaannya seperti kurang terurus. Karena itu, seharusnya memerlukan perawatan oleh pengurus dan untuk beberapa pelancong semestinya masih tetap jaga kebersihan.

Cholida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Jasa Pariwisata heppitrip.com sewa bus pariwisata jogja terbaik.