PantaiTempat Wisata

Pantai Gambesi : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Dulu Pantai Gambesi ini mempunyai rimba mangrove yang berperan sebagai perlindungan kota. Tetapi sekarang rimba itu makin lenyap. Reklamasi pantai yang sudah dilakukan dikatakan sebagai salah satunya factor pemicunya.

Disamping itu, ditambah lagi minimnya kesadaran masyarakat ini ibarat buang sampah disekitaran rimba mangrove, dan pencemaran air laut dari curahan bahan bakar minyak dan penambangan pasir.

Makin lenyapnya rimba mangrove ini perlahan-lahan berpengaruh memberikan ancaman beberapa rumah dan kebun masyarakat pesisir.

Bahkan juga di Pantai ini, saat laut pasang, hampir semua kebun punya masyarakat di tempat akan bersatu sama air laut. Maka dari itu, masyarakat di tempat mengharap ada program tanam mangrove yang sudah dilakukan bersama pemerintahan di tempat Ternate bisa hasilkan faedah yang optimal.

Disamping itu, untuk memperhitungkan teror abrasi, masyarakat Gambesi minta pemerintahan supaya membikinkan tanggul pemecah ombak. Sebetulnya, di tahun 2001 program menanam mangrove di pesisir pantai pernah dilaksanakan, Tetapi, beberapa ribu pohon mangrove yang ditanamkan tidak satu juga tumbuh besar.

Banyak wilayah yang ada di Kota Ternate sekarang mayoritas sudah alami peralihan fisik. Yakni perubahan garis pantainya. Disamping itu, Minimnya perawatan dan pemantauan mangrove sebagai pemicu gagal-nya penanaman pohon mangrove di teritori ini.

Karena itu, di tahun 2016, Dinas Pertanian Perkebunan ajak masyarakat di tempat untuk bersama-sama menanam mangrove di teritori Pantai Gambesi. Dengan keinginan, tanaman ini bisa tumbuh dengan kesadaran beberapa masyarakat sekitaran.

Daftar Isi :

Baca Juga :  Taman Suropati : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Harga Ticket Masuk Pantai Gambesi

Untuk bertandang ke Pantai ini, sampai sekarang ini tidak ada ticket masuk yang di tanggung oleh pengunjung. Hingga Anda dapat secara mudah dan bebas akses bertandang ke pantai ini.

Jalur Ke arah Pantai Gambesi

Pantai ini berada di jalan Raya Gambesi, Ternate Selatan, Maluku Utara. Untuk jalur yang dapat di lakukan yakni dari Jalan Universitas Unkhair, kemudian lempeng saja sampai ke Dusun Gambesi.

Anda dapat memakai program Google Maps atau juga bisa bertanya jalur paling cepat ke masyarakat sekitaran, untuk dapat sampai ke Pantai Gambesi.

Objek Rekreasi Pantai Gambesi

Ada abrasi laut yang mendekati bibir Pantai Gambesi, mengakibatkan sedikit kegiatan yang dapat di laksanakan di Pantai ini.

Meski begitu, bila Anda memang ingin berkunjung pantai ini, Anda masih tetap bisa lakukan banyak kegiatan untuk isi berlibur Anda.

1. Nikmati Panorama Pantai dan Gunung

Ingat Pantai Gambesi ini berada tidak jauh dari Pantai Fitu, karena itu di pantai ini Anda bisa juga menyaksikan panorama berbentuk gunung yang di uang pecahan seribu. Tetapi, sedikit berlainan karena gunung itu terlihat setengah karena view ini di saksikan dari samping.

Baca Juga :  Sindu Kusuma Edupark : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Meski begitu, ini masih tetap jadi daya magnet tertentu untuk Pantai Gambesi. Di samping itu, Anda akan menyaksikan lautan dengan perahu-perahu punya nelayan yang parkir berjajar.

2. Nikmati Sunset

Selainnya panorama gunung dan perairan yang cukup mempersejuk, Saat sore hari juga Anda dapat nikmati pemandangan alam yang demikian cantik yakni sunset. Ya, Anda dapat menyaksikan panorama matahari yang mulai terbenam di sebelah barat pantai.

Kombinasi warna dan situasi yang hangat demikian berasa cantik. Hingga, Anda dapat mendokumentasikan pemandangan alam dengan lensa camera Anda.

2. Bermain Bola

Anak-anak warga sekitaran Pantai Gambesi suka bermain bola di teritori pantai. Hingga, Anda juga dapat cobanya dengan beraktivitas bermain bola pantai, tapi harus bawa bola sendiri ya.

Dengan demikian, Anda dapat bermain bola bersama rekan, keluarga atau anak-anak asli masyarakat di tempat. Yang harus di ingat ialah saat bermain bola karena itu masih tetap waspada ya! supaya tidak bermain bola sampai ke ujung pantai.

Sarana di Pantai Gambesi

Sayang, sampai sekarang ini tidak ada sarana yang memberikan dukungan di Pantai ini. Maka dari itu, bila Anda akan berkunjung Pantai Gambesi seharusnya menyiapkan lebih dulu perlengkapan dan keperluan individu Anda.

Anjuran Saat Liburan di Pantai Gambesi

Apa sich yang penting jadi perhatian saat liburan di pantai ini?

Baca Juga :  Air Panas Cimanggu : Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

1. Bawa Beberapa obat Individu

Ingat Pantai Gambesi belum di atur secara baik, sert belum ada pos pengamanan atau penyelamatan untuk pelancong. Karena itu, seharusnya Anda bawa beberapa obat individu supaya tidak kerepotan cari toko atau penjual obat yang Anda perlukan.

2. Bawa Perbekalan Makan dan Minum

Pantai ini tidak mempunyai warung atau rumah makan yang berdiri di teritori Pantai, jadi seharusnya Anda bawa perbekalan sendiri ya, supaya saat Anda ada di Pantai ini tidak rasakan lapar dan terbebas dari dahaga.

3. Bawa Camera

Iya, janganlah lupa ya untuk bawa camera. Supaya Anda dapat mendokumentasikan peristiwa dengan beragam panorama di Pantai Gambesi. Selainnya camera, Anda bisa juga bawa perlengkapan pendukung berpose seperti kacamata atau topi supaya hasil photo Anda makin memikat.

4. Jaga Kebersihan

Untuk memberikan dukungan penanaman pohon mangrove yang sudah di tanamkan, karena itu seharusnya bila tiba ke Pantai ini di harap jaga kebersihan dan keelokan pantai ya. Di samping itu jangan sampai menghancurkan namun tetap jaga tanaman mangrove yang ada di teritori ini ya, ingat tanaman ini benar-benar susah perawatan-nya.

Demikianlah informasi rekreasi Pantai Gambesi di Ternate. Mudah-mudahan bisa menambahkan info rekreasi di Ternate walau pantai ini belum demikian terkenal dan kurang teratur.

Ke depan mudah-mudahan pemerintahan lebih memerhatikan pantai ini dan warga makin sadar untuk mengurus pantai ini. Janganlah lupa untuk berkunjung Pantai Fitu di Kota Ternate ini.

Tetap terhubung dengan kami:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Genjos Holiday

Genjos Holiday adalah perusahaan yang bergerak dibidang Tour & Travel di Yogyakarta. Kami melayani sewa mobil, bus dan paket wisata dengan harga yang terjangkau.

Related Articles