MobilTips Mobil

Hati-Hati, 5 Benda Ini Ternyata Berbahaya Di Mobil

Apakah Anda pernah menebak benda berbahaya apa saja yang bisa menimbulkan malapetaka jika berada dalam mobil?

Terkadang kita tanpa sadar meninggalkan benda-benda yang sebenarnya berbahaya jika terlalu lama kita taruh di dalam mobil.

Daftar Isi :

Larangan Menaruh Beberapa Barang

Beberapa tempat ada yang melarang jika meninggalkan barang bawaan di kendaraan, khususnya saat parkir di area terbuka dan panas dengan waktu yang lama.

Larangan ini tentu saja punya maksud dan tujuan. Tidak hanya mencegah dari kriminalitas, namun untuk menyelamatkan mobil itu sendiri.

Ada beberapa barang yang tidak boleh jika ditaruh dalam mobil dengan kurun waktu yang lama saat mobil terparkir di bawah terik matahari. Ini karena barang tersebut dapat menjadi pemicu ledakan dan kebakaran.

Suhu panas yang ada di dalam mobil memungkinkan barang yang tertinggal menjadi rusak, sehingga saat suhu dalam kabin amat panas bisa meledak.

Untuk karena itu, pentingnya agar tidak meninggalkan barang, sebab bisa menjadi penyebab bahaya jika kita taruh di dalam mobil. Kira-kira barang apa saja ya yang tidak boleh?

5 Benda Berbahaya Ketika Ditaruh Di Dalam Mobil

Korek Api     

Mungkin untuk sebagian orang korek api adalah barang biasa. Namun jika benda satu ini ada dan tersimpan di dalam mobil, bahan bakar gas bermaterial plastik ini sangat bisa berpotensi menjadi sumber ledakan.

instagram.com/dozensofgoods

Ini kemungkinan terjadi saat mobil terparkir di bawah sinar matahari, lalu suhu kabin yang panas akan memicu korek api untuk meledak. Jika korek itu meledak, pecahannya bisa mengakibatkan kaca mobil ikut pecah dan tentu saja bisa membakar jok seketika.

Oleh karena itu, sebisa mungkin bagi pengemudi yang merokok agar tidak meninggalkan korek api jenis apapun di dalam mobil.

Baca Juga :  Kapan Waktu Terbaik untuk Ganti Ban Mobil?

Perangkat Elektronik

Kalau Anda pernah meninggalkan barang elektronik di dalam mobil, duh lebih baik jangan diulangi lagi ya.

Komponen elektronik seperti smartphone, kamera digital, laptop, powerbank, dan GPS jangan sampai berada dalam kabin dalam waktu lama.

Ada dua kemungkinan yang bisa terjadi, yaitu kejahatan criminal dan bahaya potensi ledakan.

Ini karena biasanya barang elektronik itu menggunakan baterai sebagai sumber energi. Maka dari itu, pada suhu kabin ekstrem, baterai ini bisa saja meledak dalam waktu singkat dan sangat berpotensi membakar mobil ketila sedang parkir di bawah terik matahari.

Komponen tersebut juga tidak didesain untuk tahan terhadap suhu tinggi yang berlebihan. Biar lebih aman, langsung bawa benda elektronik ini turun dari mobil saat mobil mau parkir.

Minuman Soda

Mengonsumsi minuman di kala perjalanan memang menyegarkan untuk melepas dahaga, lebih lagi minuman bersoda.

Namun perlu Anda tahu kalau minuman bersoda yang lama ditinggalkan di mobil ternyata bisa menyebabkan malapetaka.

Ini karena, jika minuman bersoda berada di tempat yang terlalu panas seperti di kabin mobil, bisa menumpuk tekanan di dalam kemasan minuman. Tentu saja akan berakibat pada meledaknya minuman ini mirip dengan korek api.

Baca Juga :  Harga Toyota Hiace Luxury

Secara otomatis minuman yang mengandung soda bukanlah barang yang pas untuk ditaruh di dalam mobil.

Aerosol Spray

Benda berbahaya selanjutnya yaitu aerosol spray yang biasanya terdapat pada kaleng aerosol.

Tekanan dalam kaleng aerosol cukup sensitif dengan udara panas, sehingga disarankan tak menaruhnya dalam kabin.

instagram.com/pyramidscreen

Berbagai kemasan aerosol seperti hairspray, deodoran, parfum, air sanitizer, dan lain sebagainya. Tabung yang berisi dan mempunyai tekanan tinggi ini dapat mengembang sehingga mudah meledak.

Beragam Obat

Benda berbahaya yang terakhir yaitu obat, seringkali beberapa orang menaruh obat di mobil sebagai antisipasi saat berkendara.

Namun harus Anda ingat, obat yang tersimpan dalam kabin mobil bisa sangat berbahaya ketika suatu saat akan meminumnya kembali.

Beberapa alasan mengapa tidak boleh sembarangan menaruh obat di dalam mobil. Yang pertama, obat sangat peka terhadap perubahan suhu, karena idealnya menaruh obat di suhu ruangan saja.

Kabin mobil temperaturnya pasti berubah-ubah, mulai dari panas lalu bisa ke dingin. Ini bisa mengakibatkan kadar obat menjadi berubah.

Baca Juga :  Tips Aman Berkendara Pada Saat Hujan (1)

Selain obat, lotion kulit juga tidak boleh disimpan di dalam mobil. Berdasarkan penuturan Dr. Frederic S Brandt seorang pakar ahli kosmetik asal Inggris menyimpan lotion kulit merupakan kesalahan fatal.

Masih banyak yang mengira jika menaruh lotion dan obat di dalam mobil adalah hal yang tepat, padahal sebenarnya tidak demikian.

Itu lah 5 benda yang sebaiknya jangan Anda taruh di dalam mobil untuk waktu yang lama. Lebih baik mencegah dari pada menimbulakan bahaya di kemudian hari, bukan?

Cholida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Jasa Pariwisata heppitrip.com menyediakan sewa bus jogja murah.