Tempat Wisata

Goa Sriti : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Goa Sriti ini adalah tempat persembunyian Pangeran Diponegoro saat penjajahan Belanda. Pangeran Diponegoro ialah pahlawan Indonesia yang pimpin perang perlawanan Belanda di tahun 1825-1930 yang umum di sebutkan dengan Perang Diponegoro.

Goa Sriti ini sebagai tempat Pangeran Diponegoro di kukuhkan jadi Sultan Abdullah Herucokro Amirul Mukminin Sayidin panatagama Khalifatullah Tanah Jawi biasa di persingkat jadi Abdul Hamid. Argumen di lantiknya Pangeran Diponegoro yakni menjadi pimpinan sebuah negeri yang merdeka segaligus sebagai pimpinan agama.

Awalannya Belanda memasangkan pacak di tanah punya Dipanegara di Tegalrejo. Karena hal tersebut Pangeran Diponegoro berasa geram dengan tingkah laku Belanda yang tidak menghargakan tradisi istiadat dan benar-benar manfaatkan rakyat Indonesia dengan pembebanan pajak.

Pangeran Diponegoro pada akhirnya ajukan perlawanan pada Belanda yang di sokong oleh beberapa rakyat Kraton Yogyakarta.

Karena perlawanan Pangeran Diponegoro pada akhirnya Belanda berasa kerepotan hadapi pasukan dari Pangeran Diponegoro.

Cara-cara yang sudah di lakukan Belanda untuk gagalkan gerakan Pangeran Diponegoro, salah satunya triknya yakni dengan tehnik benteng stensel.

Baca Juga :  Jogja Bay Waterpark : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Walau demikian itu tidak bisa menghalangi gerakan Pangeran Diponegoro karena Pangeran Diponegoro sangat geram dengan tingkah laku Belanda.

Oleh karenanya belanda kerepotan menantang pasukan Pangeran Diponegoro dengn taktik perang gerilya. Karena memakai langkah menantang sembunyi-sembunyi ini sangan memerlukan tempat untuk sembunyi.

Tempat persembunyian yang berada di Yogyakarta yakni Goa Selarong yang di pakai sebagai basis instruksi di saat awalnya peperangan dan Goa Sriti Kulon Progo sebagai tempat persembunyian ke-2 dan di akhir perlawanan saat sebelum Pangeran Diponegoro di amankan secara curang oleh Belanda di Magelang.

Lokasi Goa Sriti

Lokasi Goa ini lumayan gampang di capai dan di raih. Goa Sriti Kulon Progo ini tidak begitu jauh dari pusat perkotaan Yogyakarta. Lebih persisnya ada di Dusun, Purwoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Wilayah Spesial Yogyakarta.

Jalur Ke arah Goa Sriti Kulon Progo

Jalur yang perlu anda lewati saat ke arah rekreasi alam Goa Sriti Kulon Progo ini benar-benar gampang di capai dan di raih. Jalan ke arah Goa Sriti Kulon Progo ini juga pantas untuk di lalui.

Baca Juga :  Tebing Watu Mabur : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Bila anda dari pusat perkotaan Yogyakarta ke arah barat melalui jl kh ahmad dahlan lempeng lagi hingga melalui jl wates. Lalu sampai perempatan belok ke arah utara melalui jl siliwangi sampai perempatan belok ke arah barat melalui jl godean.

Kemudian lempeng lagi hingga perempatan belok ke arah utara melalui gedongan-tempel sampai pertigaan belok ke arah barat melalui jl dataran 3 lempeng terus.

Lalu belok ke kanan selanjutnya sampai pertigaan belok kiri lempeng lagi hingga melalui jl dekso samigaluh, turuti jalan itu karena itu anda akan sampai ke Goa Sriti Kulon Progo.

Jarak dari pusat perkotaan Yogyakarta ke Goa cukup jauh yakni sekitaran 25,4 km dan waktu pintas normal kendaraan motor dari Kota Jogja ke arah Goa sekitaran 47 menit.

Harga Ticket Masuk

Harga ticket masuk ke Goa ini cukup standard. Untuk Anda yang ingin bertandang ke Goa akan di kenai ongkos Rp. 30.000 per-orang.

Pada harga itu Anda bisa dengan senang telusuri Goa Sriti yang di sebut sisa tempat persembunyian Pangeran Diponegooro.

Baca Juga :  Pantai Blendung : Loksi dan Harga Tiket Masuk

Dan untuk harga ticket parkir untuk Anda yang bertandang dan bawa kendaraan individu akan di kenai ongkos yakni Rp. 2000 untuk kendaraan beroda 2 dan Rp. 5000 untuk kendaraan mobil.

Sarana Goa Sriti Kulon Progo

Sarana yang berada di Goa ini telah lumayan memadai dan bisa membuat beberapa pelancong yang bertandang berasa nyaman dengan sarana ini Anda bisa nikmati keelokan Goa Sriti yang di sebut tempat monumental, sarana salah satunya:

  • Ada beragam alat untuk caving goa
  • Air mineral
  • Alat pelampung
  • Pemandu rekreasi lokal
Tetap terhubung dengan kami:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Genjos Holiday

Genjos Holiday adalah perusahaan yang bergerak dibidang Tour & Travel di Yogyakarta. Kami melayani sewa mobil, bus dan paket wisata dengan harga yang terjangkau.

Related Articles