PantaiTempat Wisata

Curug Cijalu : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Curug Cijalu sebagai rekreasi air terjun yang ada dalam teritori cagar alam Gunung Burangrang. Ketinggian curah air terjun ini capai 70 mtr.. Lokasinya ada di tapal batasan barat-selatan Kabupaten Subang dan Purwakarta.

Teritori rekreasi air terjun ini ada di ketinggian 1.300 mdpl. Hingga bila hari ceria, pelancong bisa menyaksikan Kota Subang, Purwakarta dan Waduk Jatiluhur. Tempat wisata ini sudah disahkan dan di ramaikan pelancong semenjak 1 September 1984.

HARGA TIKET MASUK CURUG CIJALU

Pengunjung yang tiba ke teritori rekreasi air terjun ini akan dikenai ongkos ticket. Harga ticket masuk yang dijajakan masih termasuk dapat dijangkau. Harga Ticket Masuk Curug Cijalu, Senin – Minggu Rp17.500

JAM BUKA

Pelancong dapat bertandang ke air terjun tiap hari. Membuka dari pagi sampai sore hari baik hari biasa atau akhir minggu.

Waktu Operasional
Senin – Minggu 07.30 – 17.00

RAGAM AKTIVITAS WISATA

Tempat wisata air terjun ini selalu ramai didatangi pelancong, khususnya akhir minggu dan berlibur panjang. Curug Cijalu seakan ada memotong Gunung Sunda dengan tinggi air terjunnya yang capai 70 mtr..

TREKING

Sesudah melalui pintu masuk, situasi sejuk karena pelancong dinaungi pohon-pohonan di kanan kiri jalan. Dari terlalu jauh kelihatan bukit-bukit menyembul di bawah awan yang asri dan sejuk dilihat. Pelancong disuguhi pemandangan perkebunan teh dengan udara yang mulai berasa dingin.

Baca Juga :  Pantai Sulamadaha : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Track mulai naik di undakkan anak tangga yang tersusun rapi dari batu iris. Beberapa seniman kelihatan mainkan gitar dan menabuh perkusi sekalian menyanyikan beberapa lagu classic ciri khas Sunda.

Perjalanan ke arah curug dengan jalan kaki sekitaran 300 mtr. dari tempat parkir. Medan trackingnya termasuk cukuplah gampang dengan jalur berundak yang terang.

MELEWATI PESONA DUA AIR TERJUN

Sekitaran 100 mtr. saat sebelum capai Curug Cijalu ada curug yang lain yang lebih kecil. Air terjun ini disebutkan Curug Putri (Wanita), beberapa masyarakat di tempat mengatakan Curug Cibuntu. Ketinggian Curug Putri sekitaran 30 mtr. dengan saluran airnya mengucur perlahan-lahan ikuti tebing batu.

Pelancong mengibaratkan ke-2 curug yang bersisihan ini ibarat sepasang pacar. Curug Cijalu di pandang seperti curug ‘laki-laki’, karena dengan bahasa Sunda ‘jalu’ maknanya lelaki. Dan curug Cibuntu atau Curug Putri sebagai wanita-nya.

MENIKMATI KEINDAHAN AIR TERJUN

Air terjun ini menyuguhkan situasi yang sejuk, tenang dengan pemandangan alam yang cantik. Nama air terjun ini di percaya datang dari kehadiran pendekar yang selanjutnya tinggal di situ. Ci atau ‘cai’ memiliki arti air, dan ‘jalu’ memiliki arti lelaki.

Curug yang berada di ketinggian 1300 M DPL ini mempunyai temperatur udara di antara 18-26º C. Situasi teritori tempat wisata air terjun ini memberi kesejukan dan kesegaran untuk pelancong. Kicauan burung-burung menyanyi tidak ada henti membuat keadaan pemandangan alaminya terasa sangat.

Baca Juga :  Pantai Karang Malang : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Menurut masyarakat, dulu banyak juga turunan Tionghoa yang bertandang kesini untuk berdoa. Mereka memandang air terjun ini sebagai tempat mandinya beberapa bidadari. Keyakinan ini muncul karena saat matahari pagi memancar, pelangi-pelangi kecil membal dari curug.

BERMAIN AIR

Recikan air yang terikut angin dapat di rasa walau dari jarak jauh. Curahan air Curug Cijalu mengucur cepat memotong bukit di teritori Gunung Burangrang. Curahan air dari Gunung Sunda itu jatuh ke kolam yang ada di sisi dasar air terjun.

Pelancong umumnya bermain air di kolam yang beri kesegaran dan memberikan dampak rileksasi itu. Mereka menceburkan diri ke kolam untuk rasakan kesan siraman air terjun. Tetapi, temperatur airnya benar-benar dingin hingga pelancong umumnya tidak lama-lama bermain air.

DAYA TARIK MITOS CURUG CIJALU

Semenjak di sahkan pada 1982, pengunjung pertama air terjun ini banyak orang Indramayu. Tiba untuk bersemedi dan mandi untuk menyembuhkan gempuran kelumpuhan yang di alaminya dan sukses pulih. Mulai sejak itu, pelancong khususnya asal Indramayu banyak yang datang dan mempopulerkan Air terjun ini.

Beberapa dogma berkembang di Curug Cijalu, satu di antaranya mandi di curug agar cepat memperoleh jodoh. Walau dogma itu tidak bisa di pertanggungjawabkan, ini jadi daya magnet untuk pelancong.

BERFOTO

Tiap pelancong tentu berminat untuk mendokumentasikan panorama alam Curug Cijalu. Beragam angle photo akan memberi hasil gambar yang cantik. Berdasarkan keelokan air terjun di tambahkan pemandangan alamnya yang hebat.

Baca Juga :  Pantai Penganak : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

BERKEMAH

Pelancong bisa nikmati situasi malam Curug Cijalu dengan kemping di teritori rekreasi itu. Dengan bermalam, pelancong mempunyai lebih beberapa waktu rasakan kesan alam air terjun. Di dampingi deru suara saluran air terjun yang menghajar batu-batuan.

Siswa, mahasiswa, dan beberapa komune juga jadikan teritori rekreasi ini untuk kemping bersama. Teritori tempat wisata air terjun ini jadi opsi karena mempunyai tempat rimba, air terjun, pendakian dan camping ground. Situasi alamnya juga masih bersih, dengan rimbunnya pohon-pohonan di beberapa wilayah curug.

FASILITAS di Curug Cijalu

Teritori Curug Cijalu di perlengkapi pada jalan setapak, instalasi air, dan beragam sarana pendukung. Toilet, musola, loket karcis, tempat parkir telah teratur secara mencukupi. Jalan setapak di buat di perlengkapi shelter, beberapa tempat untuk duduk, tempat sampah, dan pos jaga.

Beragam minuman dan makanan bisa di peroleh pelancong dari beberapa warung yang banyak di jumpai di sini. Toko souvenir jual kaos, dan daster untuk pelancong yang memerlukan baju tukar.

RUTE KE CURUG CIJALU

Teritori Curug Cijalu secara administratif masuk ke daerah Dusun Cipancar, Subang, Jawa Barat. Curug ini memiliki jarak 37 km dari Kota Subang atau 63 km dari Bandung. Dan dari Purwakarta, curug ini memiliki jarak sekitaran 40 km ke selatan.

Pelancong bisa tempuh jalan raya Wanayasa – Cagak, lalu masuk gerbang Teritori Rekreasi Cijalu. Selanjutnya pelancong harus telusuri jalan dusun sekitaran 3 km. Dekati Wana Rekreasi Curug Cijalu, perdesaan dan bentangan perkebunan teh akan menyongsong pelancong.

Tetap terhubung dengan kami:
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Genjos Holiday

Genjos Holiday adalah perusahaan yang bergerak dibidang Tour & Travel di Yogyakarta. Kami melayani sewa mobil, bus dan paket wisata dengan harga yang terjangkau.

Related Articles