MobilSpesifikasi MobilTips Mobil

Biar Tidak Cepat Usang, Simak Tips Merawat Cat Mobil Tetap Mengkilap

Merawat cat mobil dengan baik dan benar perlu diketahui oleh setiap pemilik mobil. Usia cat mobil pada umumnya dapat bertahan sekitar 5-10 tahun. Namun seiring dengan berjalannya waktu dan pemakaian serta faktor lainnya, kilau dan warna cat mobil secara perlahan akan memudar dan terlihat kusam. Tidak hanya faktor usia, pudarnya warna bodi mobil juga akan lebih cepat terjadi apabila pemilik tidak tahu cara merawat cat mobilnya agar tetap kinclong. Apalagi pada warna-warna tertentu yang akan lebih rentan pudar dan kusam dibandingkan dengan warna lain, misal mobil dengan warna putih.

Selain itu, penampilan merupakan hal yang penting. Karena dengan tampilan yang bagus, akan semakin menambah nilai estetika untuk mobil yang dikendarai. Oleh karena itu, diperlukan perawatan agar cat tetap mengkilap dan tahan lama. Berikut adalah tips merawat cat mobil agar tetap mengkilap dan tidak cepat usang.

Daftar Isi :

Tips Merawat Cat Mobil Yang Baik dan Benar

Cuci Mobil Secara Teratur Dengan Sabun Khusus Mencuci Mobil

Merawat cat mobil
Instagram.com/central.carwashsukabhmi

Membersihkan mobil secara teratur sangatlah penting guna menjaga cat mobil tetap bersih dan terawat. Usahakan tidak mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung atau pada saat cat mobil masih panas. Hal ini dapat membuat sabun dan air cepat kering sehingga meninggalkan noda pada permukaan mobil.

Baca Juga :  Ini Pajak Honda Brio Terbaru 2023, Wajib Catat!

Jangan lupa juga gunakan sabun mobil khusus dan spons mobil yang lembut. Sebab sabun khusus untuk cuci mobil mengandung bahan-bahan yang secara khusus dibuat untuk merawat cat mobil.

Proteksi Cat Mobil Dengan Wax Mobil Berkala

Merawat cat mobil
Instagram.com/bjrxpart

Wax atau sealant merupakan bahan yang paling umum digunakan untuk melindungi tidak hanya mobil, tapi juga ke ban dan kaca mobil, dengan begitu debu tidak mudah menempel.

Mengoleskan wax pada mobil secara berkala dapat membantu melindungi cat mobil. Baik dari paparan sinar matahari maupun zat kimia yang dapat merusak. Selain itu Wax juga dapat membantu membuat cat mobil terlihat lebih terawat dan tentunya berkilau. Disarankan melakukan pengolesan wax minimal dua kali dalam setahun.

Jangan Abaikan Goresan pada Bodi Mobil

Merawat Cat Mobil
Instagram.com/halo_oto

Goresan pada mobil jika di biarkan terlalu lama  dapat merusak cat mobil hingga menyebabkan kerusakan yang lebih serius, seperti munculnya karat. Maka bila cat mobil mendapat goresan, usahakan segera perbaiki sebelum kerusakan makin parah.

Jangan biarkan Lindungi Mobil dari Paparan Sinar Matahari Langsung

Terkena sinar matahari secara langsung terus menerus dapat menyebabkan cat mobil cepat memudar. Selain sinar matahari, terdapat juga sinar ultraviolet yang dapat mengubah komposisi warna di cat mobil. Dengan kata lain mobil yang sering dijemur atau terkena panas matahari langsung akan lebih cepat berubah warna dan mengurangi kecerahannya.

Untuk itu, usahakan selalu parkir di tempat yang teduh dan terhindar dari paparan matahari secara langsung. Misal sedang berada di luar ruangan, usahakam memilih untuk parkir di tempat yang teduh semisal di bawah pohon.

Gunakan Kain yang Halus Saat Bersihkan Mobil

Merawat Cat Mobil
Instagram.com/id_datsun

Tips selanjutnya yaitu ketika membersihkan bagian luar mobil usahakan menggunakan kain yang halus atau tidak kasar. Minimal menggunakan kain yang banyak beredar di pasaran, seperti kanebo. Hindari pemakaian kain yang asal-asalan seperti mengunakan potongan bekas baju atau bekas handuk karena sekali lagi, perlu diketahui bahwa benda-benda tersebut tidak didesain untuk membersihkan bagian luar mobil Anda.

Baca Juga :  Mudik Menggunakan Mobil Listrik! Simak Lokasi SPKLU Tol Trans Jawa Dan Sumatra

Lekas bilas Setelah Kehujanan

Merawat Cat Mobil
Instagram.com/wizalmaulana_1

Terkena air hujan terus menerus dan tidak segera dicuci juga berpontesi menurunkan kualitas cat dan tampilan mobil. Untuk itu, usahakan untuk melakukan pembilasan setelah berkendara saat hujan. Kandungan asam yang terkandung pada hujan berisiko menurunkan kualitas cat dalam jangka waktu panjang. Selain itu, bekas air hujan jika di biarkan dalam waktu yang lama juga dapat menimbulkan lapisan jamur pada permukaan cat.

Mazida

Baca juga konten kami di:
Tentangkita.co
Komentar:

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles

Dapatkan Promo Paket Wisata Jogja dan juga Sewa Bus Jogja di HeppiTrip.com