PantaiTempat Wisata

Pantai Sukamade : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Pantai Sukamade Banyuwangi ialah sebuah pantai cantik yang ada dalam teritori Taman Nasional Meru Betiri atau dikenali dengan Meru Betiri National Park.

Teritori ini sebagai rimba lindung dengan panorama hijau di mana di dalamnya ada perkebunan karet, kopi dan coklat.

Persisnya pantai ini ada di desa Sukamande, Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Pantai diketemukan oleh penjajahan Belanda pada 1927 di mana dahulu penyu di daerah pesisir pantai ini jadi pemburuan warga. Dan untuk tangani permasalahan itu karena itu di bentuklah teritori lindung semenjak tahun 1972.

Tetapi sampai tahun 1979 masih berjalan pemburuan telur penyu. Karena itu penangkapan penyu, penghimpunan telur dan perpindahan anakan benar-benar di larang keras membuat perlindungan komunitas penyu yang hidup di pantai ini.

Dan di tahun 2010 di bentuklah UPKP (Unit Pengendalian Pelestarian Penyu) yang di sebut unit khusus buat lakukan pengendalian penyu di Resor Sukamade. Aktivitas dari unit ini terkait dengan penyu di mulai dari peneluran sampai pelepasan tukik.

Pantai ini sebagai satu dari 2 tempat penyu bertelur di Banyuwangi selainnya di Pantai Ngagelan. Bahkan juga ada yang mengatakan jika di Pantai Sukamade ini sebagai komunitas penyu paling besar yang berada di Indonesia.

Harga Ticket Masuk Pantai Sukamade

Pengurus memutuskan harga ticket untuk masuk teritori ini ialah sejumlah Rp 10.000 sampai Rp 25.000 untuk setiap orangnya.

Dan untuk jam operasionalisasi, pantai ini di buka sepanjang 24 jam yang maknanya Anda bisa bertandang ke Pantai Sukamade kapan pun.

Jalur Ke Pantai Sukamade

Dengan menimbang medan yang cukup susah, Anda di anjurkan untuk sewa mobil ganda Gardan di Banyuwangi ke arah pantai.

Baca Juga :  Pesona Keindahan Wisata Pantai Bocor di Bocor Kebumen

Jadi Anda tinggal nikmati perjalanan yang paling terkesan khususnya saat Anda masuk teritori Taman Nasional Meru Betiri.

Cholida

1 2Laman berikutnya
Baca juga konten kami di:
Komentar:
Array

Komentar menjadi tanggung jawab Anda sesuai UU ITE

Related Articles